Oleh : Asep Suryanto, S. Ag., M. Ag

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGELOLAAN WAKAF SEJARAH WAKAF PENGERTIAN DAN KETENTUAN WAKAF
Advertisements

KELEBIHAN BULAN RAMADHAN
PERNIKAHAN.
Kelompok Agama Bagus,Arip,Rio,Hafiz
DEWI NURUL MUSJTARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Perkawinan antara orang berbeda agama.
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
ISTILAH KUNCI DALAM MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
RUKUN DAN SYARAT PERKAWINAN
ETIKA BISNIS ISLAM IKA RUHANA.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SIFAT-SIFAT TERPUJI ADIL Pengertian Adil
Munakahat / perkawinan
Materi Pertemuan 7 Al Ahkam Al Khamsah.
Ayat-ayat Al-Qur’an Mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
AGAMA MATERI BENTUK-BENTUK PERNIKAHAN YANG DIHARAMKAN DISUSUN OLEH : LUKMANUL HAKIM & RIKI RIANDA PUTRA DOSEN : Dr. ANWAR, ST,.MT,.M.Ag UNIVERSITAS MALUKUSSALEH FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
HUBUNGAN HUKUM ANTARA ORANG TUA DAN ANAK
MENGENAL IDDAH DAN IHDAD DALAM DUNIA PERKAWINAN ISLAM
Asas-asas Hukum Kewarisan Dalam Islam
MUNAKAHAT Disusun oleh: Handy Ryan N ( ) Supriatna ( )
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOYGYAKARTA
Mendidik Anak di Era Digital
PERCERAIAN (TALAK).
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Falsafah Dan Konsep Dasar Perbankan Islam Serta Sistem Ekonomi Islam
ETIKA BISNIS ISLAM.
PERJANJIAN PERKAWINAN
Pernikahan dalam islam
PERNIKAHAN Lanjutan.
BERBISNIS SECARA SYAR’I…
PEGADAIAN SYARI’AH PENGERTIAN
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
LAFADZ DARI SEGI TERANG DAN SAMAR
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
رهن Oleh : Asep Suryanto.
MATEMATIKA SEDEKAH Akhwat Cyber
Oleh: Anton Sudrajat, MA
Pertemuan V PAI Ekonomi dan Kebudayaan Islam
TARJIH al ADILLAH Oleh : Asep Suryanto.
Kaidah-kaidah dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an melalui lafadz-lafadz yang terdapat didalamnya ‘Am dan khash b. Muthlaq Muqayyad c. Manthuq mafhum.
TALAK Secara etimologi kata talak الطلاقbermakna yaitu melepas, mengurai, atau meninggalkan; melepas atau mengurai tali pengikat, baik tali pengikat itu.
Mudharabah dan Musyarakah
Hutang adalah memberikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dimana pengembalian di kemudian hari dengan jumlah yang sama sesuai.
Keindahan dunia.
Etika Individu Pebisnis (Akhlaq Pebisnis Muslim)
Assalamualaikum Wr.Wb.
AGAMA ISLAM DISUSUN OLEH : ANGGI LESTARI KELAS: X KEPERAWATAN 6
MAWARIS السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
AL-QUR’AN SEBAGAI SALAH SATU HUKUM ISLAM
TUGAS MATA KULIAH AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
Wahyu Rizki Nur Syamsi ( )
TALAK Disusun Oleh: Ahmad Fauzi Anindya Dwi Utami Ansori Nur Aziz
Kaidah Muttafaq ‘Alaih ke 35-40
MUNAKAT Standar Kompetensi:
Ict dan media dalam pendidikan islam
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
Talak Pengertian Talak: Dari segi bahasa:melepas dan terlepas.
Talak Pengertian Talak: Dari segi bahasa:melepas dan terlepas.
Rujuk Ertinya: Mengembalikan ikatan pernikahan selepas berlaku perceraian semasa dalam iddah talak satu atau dua Ianya hanya berlaku dalam perceraian selepas.
Sessi 2 Qawaid Fiqhiyyah
INSTITUT PENGAJIAN TINGGI AL-ZUHRI (Sesi Ke-4)
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
الله مها فمعاف دان مها فغمفون.
039. Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu.
BAB 5: MENJAGA AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA
JUAL BELI VS RIBA.
Rujuk Ertinya: Mengembalikan ikatan pernikahan selepas berlaku perceraian semasa dalam iddah talak satu atau dua Ianya hanya berlaku dalam perceraian selepas.
KEAJAIBAN SEDEKAH MENURUT ISLAM Agus Tursilo Wisanto, M.Pd Staf PD Pontren Kankemenag Kab. Sukoharjo.
Hukum Pernikahan Beda Agama (Dalam Perspektif Islam) KARYA TULIS & PEMIKIRAN Diselesaikan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Jurusan ekonomi.
Transcript presentasi:

Oleh : Asep Suryanto, S. Ag., M. Ag العام و الخاص Oleh : Asep Suryanto, S. Ag., M. Ag

تعريف العام “Suatu lafadz yang menurut arti bahasa menunjukkan pada suatu makna yang dapat mencakup seluruh satuan-satuan yg tidak terbatas dalam jumlah tertentu”

كُلُّ عَقْدٍ يُشْتَرَطُ لِانْعِقَادِهِ أَهْلِيَّةُ الْعَقِدَيْنِ Contoh : 1 كُلُّ عَقْدٍ يُشْتَرَطُ لِانْعِقَادِهِ أَهْلِيَّةُ الْعَقِدَيْنِ “Setiap perikatan untuk sahnya disyaratkan adanya kecakapan dua orang yang berakad”. كُلُّ عَقْدٍ menunjukkan “apa saja” yang disebut perikatan (akad) tanpa terbatas pada perikatan tertentu.

مَنْ أَلْقٰى سِلَاحَهُ فَهُوَ اٰمِنٌ (رواه مسلم) Contoh : 2 مَنْ أَلْقٰى سِلَاحَهُ فَهُوَ اٰمِنٌ (رواه مسلم) “Barangsiapa meletakkan senjatanya, maka ia adalah teman”. مَنْ أَلْقٰى menunjukkan seluruh perorangan yang meletakkan senjata, tanpa terbatas kepada perorangan tertentu”.

Perbedaan العم dan المطلق Menunjukkan pd seluruh satuan dari satuan-satuan yg ada. Mencakup seluruh satuan2 yg dapat dimasukan ke dalamnya. المطلق Menunjukkan pd satu satuan yg tergolong dalam satuan itu sj (tdk seluruh satuan). Tidak dapat mencakup seluruh satuan, selain hanya satuan yg dapat dimasukan ke dalamnya.

العم المطق المطلق

الإنسان إنسان Bangsa C Bangsa B Bangsa A

عُمُوْمُ الْعَامِ شُمُوْلِيٌّ وَعُمُوْمُ الْمُطْلَقِ بَدَلِيٌّ Kaidah Ushuliyah عُمُوْمُ الْعَامِ شُمُوْلِيٌّ وَعُمُوْمُ الْمُطْلَقِ بَدَلِيٌّ “keumuman lafaz ‘am itu adalah meratai seluruh satuannya, sedangkan keumuman lafaz khas muthlaq adalah terbatas pada sebagian satuannya”.

كُلُّ رَاعٍ مَسْؤُلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ Lafaz-lafaz ‘am Lafaz كُلٌّ dan جميع كُلُّ رَاعٍ مَسْؤُلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ “Setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya”. (HR. Bukhari Muslim)

هُوَ الَّذِى خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيْعًا “Dialah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kami”. (QS. Al Baqarah, 2 : 29) Lafaz كُلٌّ (setiap) dan جميع (seluruh) dalam kedua nash tsb adalah menunjukkan arti seluruh satuan yang tidak terbatas.

يُوْصِيْكُمُ اللهٌ فِى أَوْلَادِكُمْ Lafaz جمع yg dita’rifkan إضافة atau dengan ال jinsiyah. يُوْصِيْكُمُ اللهٌ فِى أَوْلَادِكُمْ “Allah mensyariatkan bagimu tentang (pusaka) anak-anakmu”. Lafal أَوْلَادْ adalah lafaz jama’ dan nakirah, karena diidhafatkan dengan lafaz kum, maka ia menjadi ma’rifat. Karena itu lafaz tsb menunjukkan seluruh satuan-satuan yg dapat dimasukkan ke dalamnya.

وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا Isim Mufrad yg dita’rifkan dengan ال Jinsiyah وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا “…padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”... (QS. Al Baqarah,2 : 275) الْبَيْعَ dan الرِّبَا : Isim Mufrad yang dita’rifkan dengan ال Jinsiyah memberikan faedah umum (‘am) yakni mencakup segala bentuk jual beli dan segala bentuk riba.

dsbالذى ، الذين ، التى ، اللاءى ، اِسْم مَوْصُوْل (Kata Sambung) dsbالذى ، الذين ، التى ، اللاءى ،

Contoh : وَالَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُوْنَ أَزْوَاجًا يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا “Orang-orang yg meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah istri-istri itu) menangguhkan diri (iddah) empat bulan sepuluh hari…”. (QS. al Baqarah, 2 : 234)

أَيّمَا (yang mana saja) Isim Isyarat Seperti : مَنْ (barangsiapa) مَا(apa saja) أَيّمَا (yang mana saja) Isim-isim Isyarat tsb menunjukkan kepada seluruh satuan yang dapat dimasukan ke dalamnya

مَنْ ذَاالذِيْ يُقرِضُ اللهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang lebih baik (menafkahkan hartanya ke jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan kepadanya..” (QS. al Baqarah, 2 : 245)

وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَ نْفُسِكُمْ “dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka (pahalanya) untuk dirimu sendiri…” (QS. al Baqarah, 2 : 272)

أَيُّمَا إِمْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا الطَّلَاقَ مِنْ غَيْرِ مَابَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ “yang mana saja perempuan yang minta talak kepada suaminya tanpa ada bahaya, maka haram baginya wewangian surga”. (HR. Ahmad dan Turmudzi)

Isim Istifham Isim Nakirah

Isim Nakirah

Macam-macam ‘am عَامٌ يُرَادُ بِهِ قَطْعًا العُمُوم “lafaz ‘am yang dimaksud benar-benar untuk umum” Contoh : وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ “… Dan kami jadikan dari air segala sesuatu yang hidup”. (QS. Al Anbiya : 30)

عَامٌ يُرَادُ بِهِ قَطْعًا الخصوص “lafaz ‘am tetapi yang dimaksud benar-benar untuk khusus” (‘am yang disertai qorinah yang menghilangkan arti umumnya dan menjelaskan bahwa yg dimaksud dengan ‘am itu adalah sebagian dari satuannya) Contoh : وَلله عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ “…Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia bagi Allah”. (QS. Ali Imran, 3 : 97)

عَامٌ مخصوص “lafaz ‘am yang khusus untuk ‘am” (‘am mutlak : ‘am yg tidak diserta qorinah yang menghilangkan kemungkinan dikhususkan dan tidak disertai pula qorinah yang menghilangkan keumumannya) Contoh : وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوْءٍ “Wanita-wanita yg ditalak, hendaklah menahan diri (iddah) sampai tiga kali suci”. (QS. Al Baqarah, 2 : 228)