ADA SEPULUH AWATARA UTAMA YANG MENYELAMATKAN DUNIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DIA ALLAH YANG MENGINGAT
Advertisements

Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
HUKUM WARIS HUKUM WARIS DI INDONESIA MASIH BELUM DIKODIFIKASI.
TIPS – TIPS UNTUK MAJU DALAM KEROHANIAN
PERNIKAHAN.
Karya Mira.W angkatan tahun ’66’
HUKUM PERSEORANGAN ADAT
Pramoedya Ananta Toer Angkatan ‘45
PERTEMUAN XII MARRIAGE. Perkawinan merupakan Salah satu alternatif gaya hidup Ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita.
Wahyu 16 – bagian 2 MALAPETAKA 6 DAN 7.
HUKUM WARIS ADAT Perkawinan, selain bertujuan memperoleh keturunan juga untuk dapat bersama-sama hidup pada suatu masyarakat dalam suatu perikatan (keluarga).
Jawablah pertanyaan dibawah ini! Anggota keluargaku di rumah: - Perannya: - Orang-orang di luar anggota keluargaku: - Perannya: -
Perempuan Berikat Pinggang Kekuatan
NABI MUHAMMAD SAW. DAN PERUBAHAN MASYARAKAT ARAB
Kasih Sejati Seorang Ibu
Mata Kuliah. : Pancasila Dosen
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tahukah Siapa Mercy? By: Mercy Junfandi.
Hal yang tidak mungkin menjadi mungkin
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
Apakah Allah sungguh-sungguh bisa dikenal?
Presentasi pembelajaran
DIFERENSIASI SOSIAL.
KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA BAGI ANAK PRITA KARTIKA, M.PD.
ALLAH KASIH KARUNIA DAN PENGHAKIMAN
Estetika INdia Hindu dan Buddha Agus Setiawan, M.Sn.
BUDAYA TIMUR Kelompok: 1. Dian Anggraeni
1. Hitung jumlah neptu pasangan suami istri Misal:
Sri Juwita Hanum Cukup lama kami menikah, namun belum dikaruniai anak. Dalam soal anak, orang Minangkabau tidak kalah usil mulut seperti orang Jawa. Mereka.
HUKUM DAN INJIL Lesson 10 for December 8, 2012.
Teori Penyebaran Hindu-Budha
Legenda Gunung Semeru Menurut kepercayaan masyarakat Jawa yang ditulis pada kitab kuno abad 15, Pulau Jawa pada suatu saat mengambang di lautan luas, dipermainkan.
Kebudayaan Minggu 5.
TESALONIKA PADA ZAMAN PAULUS
ESTER DAN MORDEKHAI Lesson 6 for August 8, 2015.
Maria Walanda Maramis Maria Yosephine Catharina Maramis atau yang lebih dikenal sebagai Maria Walanda Maramis adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
Peninggalan Sejarah Hindu dan Buddha di Indonesia
Hukum Perkawinan.
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Pertemuan 12 Psikologi Pendidikan Keluarga
ASSALAMU’ALAIKUm WR WB
TAO (TAOISME).
Bersabar Tanpa Terbebani
Presentasi pembelajaran
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
HUKUM WARIS HUKUM WARIS DI INDONESIA MASIH BELUM DIKODIFIKASI.
Oleh : Joni Ahmad Mughni, S.EI., M.E.Sy
Kerajaan Mataram Kuno Oleh : Dhamar Rivai (07) Naurah Nadhifa (21)
Yang benar vs yang salah
SISTEM KEKERABATAN Dasar kekerabatan masyarakat Asmat adalah keluarga inti monogami, atau kadang-kadang poligini, yang tinggal bersama- sama dalam rumah.
QUOTATION of DALAI LAMA
NAMA KELOMPOK DIMAS DWI SAPUTRO HASMI SYABILLA ACHMAD MUCHLIS DIPOALAM
Keturunan Abraham dibenci dan dijual sebagai budak oleh saudara-saudaranya, tetapi Allah mengangkat Yusuf ke posisi otoritas yang tinggi dan menjadikannya.
Berbakti Kepada Orangtua
KERAJAAN MEDANG KAMULAN Sumber Sejarah Tertulis Kerajaan Medang Kamulan Prasasti Tengaran (933 M) menyebutkan bahwa Mpu Sindok memerintah bersama istrinya,
PERJALANAN KE ROMA Lesson 13 for September 29, 2018.
EROPA I.
PROSA TRADISIONAL HIKAYAT INDERA NATA.
BAB VII YESUS SEBAGAI SAHABAT, TOKOH IDOLA, DAN JURUSELAMAT
BAB VII YESUS, SAHABAT, TOKOH IDOLA, PUTRA ALLAH DAN JURUSELAMAT
PANTANG LARANG KAUM INDIA
Ayat Responsoria : Mzm 106:1-5
PERNIKAHAN & KELUARGA.
KESEPAKATAN KELAS 8.1 ( PAK ) KBM PENDIDIKAN AGAMA = 80
BHAJAN ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts BHAJAN Tanggal 13 Desember 2018.
KELUARGA SUKINAH OLEH : WANITA HINDU DHARMA INDONESIA.
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
Sejarah Kerajaan Mataram Kuno.
Transcript presentasi:

ADA SEPULUH AWATARA UTAMA YANG MENYELAMATKAN DUNIA KRISHNA AWATARA ADA SEPULUH AWATARA UTAMA YANG MENYELAMATKAN DUNIA VAPRAKESWARA’S BLOG

KRISHNA AWATARA Dewanagari: कृष्ण Ejaan Sanskerta: kṛṣṇa Nama lain: Narayana; Madhawa; Wasudewa; Gopala; dan lain-lain Golongan: Wangsa Yadawa, Awatara Wisnu Kediaman: Wrindawan dan Kerajaan Dwaraka Senjata: Chakram Pasangan: Radha, Rukmini, Satyabama, Jambawati, VAPRAKESWARA’S BLOG

KRISHNA AWATARA Kresna atau Krishna (Dewanagari: कृष्ण; dilafalkan kṛṣṇa menurut IAST; dilafalkan 'kɹ̩ʂ.nə dalam bahasa Sanskerta) adalah salah satu Dewa yang banyak dipuja oleh umat Hindu karena dianggap merupakan aspek dari Brahman.[1] Ia disebut pula Nārāyana, yaitu sebutan yang merujuk kepada perwujudan Dewa Wisnu yang berlengan empat di Waikuntha. Ia biasanya digambarkan sebagai sosok pengembala muda yang memainkan seruling (seperti misalnya dalam Bhagawatapurana) atau pangeran muda yang memberikan tuntunan filosofis (seperti dalam Bhagawadgita). Dalam Agama Hindu pada umumnya, Kresna dipuja sebagai awatara Wisnu yang kedelapan, dan dianggap sebagai Dewa yang paling hebat dalam perguruan Waisnawa. Dalam tradisi Gaudiya Waisnawa, Kresna dipuja sebagai sumber dari segala awatara (termasuk Wisnu).[2] VAPRAKESWARA’S BLOG

KRISHNA AWATARA Menurut kitab Mahabharata, Kresna berasal dari Kerajaan Surasena, namun kemudian ia mendirikan kerajaan sendiri yang diberi nama Dwaraka. Dalam wiracarita Mahabharata, ia dikenal sebagai tokoh raja yang bijaksana, sakti, dan berwibawa. Dalam kitab Bhagawadgita, ia adalah perantara kepribadian Brahman yang menjabarkan ajaran kebenaran mutlak (dharma) kepada Arjuna. Ia mampu menampakkan secercah kemahakuasaan Tuhan yang hanya disaksikan oleh tiga orang pada waktu perang keluarga Bharata akan berlangsung. Ketiga orang tersebut adalah Arjuna, Sanjaya, dan Byasa. Namun Sanjaya dan Byasa tidak melihat secara langsung, melainkan melalui mata batin mereka yang menyaksikan perang Bharatayuddha. VAPRAKESWARA’S BLOG

KRISHNA AWATARA Dalam bahasa Sanskerta, kata Krishna berarti "hitam" atau "gelap", dan kata ini umum digunakan untuk menunjukkan pada orang yang berkulit gelap. Dalam Brahma Samhita dijabarkan bahwa Krishna memiliki warna kulit gelap bersemu biru langit.[3] Dan umumnya divisualkan berkulit gelap atau biru pekat. Sebagai Contoh, di Kuil Jaganatha, di Puri, Orissa, India (nama Jaganatha, adalah nama yang ditujukan bagi Kresna sebagai penguasa jagat raya) di gambarkan memiliki kulit gelap berdampingan dengan saudaranya Baladewa dan Subadra yang berkulit cerah. VAPRAKESWARA’S BLOG

KRISHNA AWATARA Kresna sebagai awatara sekaligus orang bijaksana memiliki banyak sekali nama panggilan sesuai dengan kepribadian atau keahliannya. Nama panggilan tersebut digunakan untuk memuji, mengungkapkan rasa hormat, dan menunjukkan rasa persahabatan atau kekeluargaan. Nama panggilan Kresna di bawah ini merupakan nama-nama dari kitab Mahabarata dan Bhagawadgita versi aslinya (versi India). Nama panggilan Kresna adalah: VAPRAKESWARA’S BLOG

NAMA LAIN KRISHNA AWATARA Achyuta (Acyuta, yang tak pernah gagal) Arisudana (penghancur musuh) Bhagavān (Bhagawan, kepribadian Tuhan Yang Maha Esa) Gopāla (Gopaala, Pengembala sapi) Govinda (Gowinda, yang memberi kebahagiaan pada indria-indria) Hrishikesa (Hri-sikesa, penguasa indria) Janardana (juru selamat umat manusia) Kesava (Kesawa, yang berambut indah) Kesinishūdana (Kesini-sudana, pembunuh raksasa Kesin) Mādhava (Madawa, suami Dewi Laksmi) Madhusūdana (Madu-sudana, penakluk raksasa Madhu) Mahābāhu (Maha-bahu, yang berlengan perkasa) Mahāyogi (Maha-yogi, rohaniawan besar) Purushottama (Purusa-utama, manusia utama, yang berkepribadian paling baik) Varshneya (Warsneya, keturunan wangsa Wresni) Vāsudeva (Waasudewa, putera Basudewa) Vishnu (Wisnu, penitisan Batara Wisnu) Yādava (Yaadawa, keturunan dinasti Yadu) Yogesvara (Yoga-iswara, penguasa segala kekuatan batin) VAPRAKESWARA’S BLOG

PENJELMAAN WISNU DALAM BHAGAWATA PURANA Kutipan di bawah ini menjelaskan alasan mengapa Wisnu menjelma. Dalam sebuah kalimat dalam Bhagawatapurana: “ Dewa Brahma memberitahu para Dewa: Sebelum kami menyampaikan permohonan kepada Beliau, Beliau sudah sadar terhadap kesengsaraan di muka bumi. Maka dari itu, selama Beliau turun ke bumi demi menuntaskan kewajiban dengan memakai kekuatan- Nya sendiri sebagai sang waktu, wahai kalian para Dewa semuanya akan mendapat bagian untuk menjelma sebagai para putera dan cucu dari keluarga Wangsa Yadu.[4] ” VAPRAKESWARA’S BLOG

TANGGAL KELAHIRAN KRISHNA Kepercayaan tradisional yang berdasarkan data- data dalam sastra dan perhitungan astronomi mengatakan bahwa Sri Kresna lahir pada tanggal 19 Juli tahun 3228 SM Kresna berasal dari keluarga bangsawan di Mathura, dan merupakan putera kedelapan yang lahir dari puteri Dewaki, dan suaminya Basudewa. Mathura adalah ibukota dari wangsa yang memiliki hubungan dekat seperti Wresni, Andhaka, dan Bhoja. Mereka biasanya dikenali sebagai Yadawa karena nenek moyang mereka adalah Yadu, dan kadang-kadang dikenal sebagai Surasena setelah adanya leluhur terkemuka yang lain. VAPRAKESWARA’S BLOG

TANGGAL KELAHIRAN KRISHNA Basudewa dan Dewaki termasuk ke dalam wangsa tersebut. Raja Kamsa, kakak Dewaki, mewarisi tahta setelah menjebloskan ayahnya ke penjara, yaitu Raja Ugrasena. Karena takut terhadap ramalan yang mengatakan bahwa ia akan mati di tangan salah satu putera Dewaki, maka ia menjebloskan pasangan tersebut ke penjara dan berencana akan membunuh semua putera Dewaki yang baru lahir. VAPRAKESWARA’S BLOG

TANGGAL KELAHIRAN KRISHNA Setelah enam putera pertamanya terbunuh, dan Dewaki kehilangan putera ketujuhnya, lahirlah Kresna. Karena hidupnya terancam bahaya maka ia diselundupkan keluar dan dirawat oleh orangtua tiri bernama Yasoda dan Nanda di Gokula, Mahavana. Dua anaknya yang lain juga selamat yaitu, Baladewa alias Balarama (putera ketujuh Dewaki, dipindahkan ke janin Rohini, istri pertama Basudewa) dan Subadra (putera dari Basudewa dan Rohini yang lahir setelah Baladewa dan Kresna). VAPRAKESWARA’S BLOG

TANGGAL KELAHIRAN KRISHNA Tempat yang dipercaya oleh para pemujanya untuk memperingati hari kelahiran Kresna kini dikenal sebagai Krishnajanmabhumi, dimana sebuah kuil didirikan untuk memberi penghormatan kepadanya. VAPRAKESWARA’S BLOG

MASA KECIL KRISHNA Nanda merupakan pemimpin di komunitas para pengembala sapi, dan ia tinggal di Vrindavana. Kisah tentang Kresna saat masa kanak-kanak dan remaja ada di sana termasuk dengan siapa dia tinggal, dan perlindungannya kepada orang-orang sekitar. Kamsa yang mengetahui bahwa Kresna telah kabur terus mengirimkan raksasa (seperti misalnya Agasura) untuk membinasakannya. Sang raksasa akhirnya terkalahkan di tangan Kresna dan kakaknya, Baladewa. Beberapa di antara kisah terkenal tentang keberanian Kresna terdapat dalam petualangan ini serta permainannya bersama para gopi (pengembala perempuan) di desa, termasuk Radha. Kisah yang menceritakan permainannya bersama para gopi kemudian dikenal sebagai Rasa lila. VAPRAKESWARA’S BLOG

MASA KECIL KRISHNA Kresna yang masih muda kembali ke Mathura, dan menggulingkan kekuasaan pamannya – Kamsa – sekaligus membunuhnya. Kresna menyerahkan tahta kembali kepada ayah Kamsa, Ugrasena, sebagai Raja para Yadawa. Ia sendiri menjadi pangeran di kerajaan tersebut. Dalam masa ini ia menjadi teman Arjuna serta para pangeran Pandawa lainnya dari Kerajaan Kuru, yang merupakan saudara sepupunya, yang tinggal di sisi lain Yamuna. Kemudian, ia memindahkan kediaman para Yadawa ke kota Dwaraka (di masa sekarang disebut Gujarat). Ia menikahi Rukmini, puteri dari Bismaka dari Kerajaan Widarbha. VAPRAKESWARA’S BLOG

ISTRI KRISHNA Menurut beberapa sastra, Kresna memiliki 16.108 istri, delapan orang di antaranya merupakan istri terkemuka, termasuk di antaranya Radha, Rukmini, Satyabama, dan Jambawati. Sebelumnya 16.000 istri Kresna yang lain ditawan oleh Narakasura, sampai akhirnya Kresna membunuh Narakasura dan membebaskan mereka semua. Menurut adat yang keras pada waktu itu, seluruh wanita tawanan tidak layak untuk menikah sebagaimana mereka masih di bawah kekuasaan Narakasura, namun Kresna dengan gembira menyambut mereka sebagai puteri bangsawan di kerajaannya. Dalam tradisi Waisnawa, para istri Kresna di Dwarka dipercaya sebagai penitisan dari berbagai wujud Dewi Laksmi. VAPRAKESWARA’S BLOG