Mobile Teknologi Pertemuan 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman JAVA (TIB09)
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Class dan Objek Lebih Lanjut dalam Pemrograman Berorientasi Objek Pada VB.Net Oleh : Indra, S.Kom.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
BAB V – KONSTRUKTOR DAN DESTRUKTOR
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Pertemuan : Object Oriented Programming
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
J2ME, Configuration & Profile
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME. J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat.
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
Applet Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat applet sederhana.
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Inheritance dan Kata Kunci static
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
METHOD DAN CONSTRUCTOR OVERLOADING
Pemrograman Berorientasi Object
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
MODIFIER JAVA.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Constructor overloading
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Membuat Kelas.
Dasar Pemrograman MIDlet
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
Inheritance (Turunan)
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
Agung Brastama Putra Pertemuan 11
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Pilar Object Oriented Programming
Instalasi JME & Uji Coba
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pemrograman Berbasis Objek
Algoritma dan Struktur Data
Pilar Object Oriented Programming
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Inisiasi Class dan Object
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Mobile Teknologi Pertemuan 2 Agung Brastama Putra Pertemuan 2

Pembahasan Fitur-fitur MIDP 2.0 Konstruktor kelas Method default Contoh coding sederhana j2me Pembuatan class lebih dari satu Pemrograman Berorientasi Object

Package Default Import javax.microedition.lcdui.*; Import javax.microedition.midlet.*;

Fitur-fitur MIDP 2.0 Multimedia Game API Secure Networking

Multimedia Dengan package ini diharapkan memunculkan lebih banyak lagi aplikasi multimedia yang berbasis java Misalnya : MMS

Game API Package java dahulu sangat kurang untuk mendukung API dari game, contohnya seperti animasi, sprite dan dsb. Sekarang game API suadah tersedia sehingga dapat menarik pasar mobile application diseluruh dunia untuk beralih ke java.

Secure Networking Pada saat ini java sudah mendukung secure networking sehingga diharapkan akan mendorong bisnis mCommerce.

Package Multimedia Import javax.microedition.media Import javax.microedition.media.control

Konstruktor kelas Sebuah aplikasi J2ME harus memiliki konstruktor, karena di sinilah objek2 yang akan digunakan pada tahap awal harus diinisialisasi. Konstruktor akan di-load secara otomatis oleh device saat kita menjalankan aplikasi.

Contohnya Class contoh1 extends MIDlet{ Public contoh1(){ ……………………………(instruksi) }

Penjelasan extends MIDlet Sebuah aplikasi MIDlet harus didefinisikan sebagai turunan dari class MIDlet bawaan J2ME, sehingga setiap class yang dirancang sebagai sebuah MIDlet harus memasang “extends MIDlet” di akhir definisinya.

Method Default Struktur J2ME memiliki 3 method default : startApp() dieksekusi saat aplikasi baru berjalan, method ini dipanggil setelah pemanggilan konstruktor class pauseApp() dipanggil saat aplikasi ingin dihentikan secara sementara

Lanjutan… destroyApp() dieksekusi saat aplikasi akan ditutup

contoh Class program1 extends MIDlet{ …….(inisialisasi variabel) public program1(){} public void startApp(){ System.out.println(“Saat StartAPP”); } public void pauseApp(){ System.out.println(“Saat pauseApp”); public void destroyApp(boolean unconditional){ System.out.println(“Saat destroyAPP”);

Pembuatan class lebih dari satu private class1 cl; public program1(){ cl = new class1(); }

Contoh Coding