Greenfoot-Pengenalan OOP
Pengenaalan Greenfoot Greenfoot merupakan perangkat lunak untuk membuat game untuk pemula dengan konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) Sering digunakan untuk mengenalkan konsep OOP bagi pemula Dikembangkan oleh Programming Education Tools Group, School of Computing, Kent University, UK
Simple Programming IDE Interactive Visual World Pengenalan Greenfoot Real Java Code Simple Programming IDE Interactive Visual World
Greenfoot Interface
Greenfoot Interface The World : Tempat dimana objek-objek game akan diletakan dan tempat dimana skenario game akan berjalan The Classes : Di bagian ini akan terlihat daftar class yang terlibat dalam proyek game Execution Controls : Tempat kontrol eksekusi jalannya game
The Classes Terdapat 2 kategori: World Class : template/class yang merepresentasikan tempat dimana semua objek game berada (dunia) Actor Class : template/class yang merepresentasikan objek/pelaku/aktor yang terlibat di game Untuk membuat dunia baru membuat turunan dari class World Untuk membuat aktor baru membuat turunan dari class Actor
Execution Controls Act : menjalankan semua skenario sekali Run/Pause : menjalankan semua skenario berulang kali sampai tombol Pause ditekan Reset : Pause skenario atau Reset skenario ke posisi awal Speed : mengatur kecepatan jalannya skenario
Membuat Project di Greenfoot
1-Membuat Scenario Scenario > New Java Scenario
2-Membuat Template World Klik kanan pada class World > New Subclass Lengkapi pengaturannya
2-Membuat Template World Setelah selesai dibuat, maka template World yang baru akan muncul, dan SIAP DIGUNAKAN Akantetapi ia belum muncul di tampilan karena masih harus diinstansiasi dulu sebelum digunakan (pada tahap 3)
3-Menginstansiasi World Template world yag sudah terbuat sebelumnya, harus diinstansiasi lebih dulu untuk memulai menggunakannya Klik kanan pada class HamparanPasir > new HamparanPasir() Setelah itu, dunia HamparanPasir akan terbentuk dan tampil
4-Membuat Template/Class Aktor Ular Klik kanan pada class Actor > New Subclass Lengkapi propertinya
5-Menginstansiasi Lalat Seperti halnya world HamparanPasir yang harus diinstansiasi dulu agar bisa tampil/digunakan, demikian juga halnya dengan Lalat Klik kanan class Lalat > New Lalat() Lalu drag objek Lalat ke dalam world
6-Menyimpan World Klik kanan di area world > Save the world
7-Menyesuaikan Code Diinginkan agar Lalat bergerak lurus, dan jika ditekan tombol left maka akan belok kiri, dan jika tombol right maka akan belok kanan. Jika ditekan tombol up maka kecepatan bertambah dan tombol down maka kecepatan berurang Klik kanan class Lalat > Open Editor
7-Menyesuaikan Code