PERSPEKTIF TEOLOGIS KATOLIK DALAM PERAN SOSIAL KEMASYARAKATANNYA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN KE 14 Umat Katolik dan Hak Asasi Manusia.
Advertisements

SabdaKehidupan September 2009 “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Mt 6:33)
T E N T A N G ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA By GS.
“Membangun Gaya Hidup Iman Anak dan Remaja yang Missioner”
GAUDIUM ET SPES “KEGEMBIRAAN & HARAPAN”
CONVENIENTES EX UNIVERSO
Juni 2009 SabdaKehidupan “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,
Sabda Kehidupan Oktober 2010 "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Mt 22,39)
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
Pernyataan Bersama: World Council of Churches
TUGAS PERUTUSAN MURID YESUS
Spiritualitas Ekaristi
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
I Rerum Novarum Pendahuluan
+Menempatkan diri dalam kelompok para murid Tuhan + Menjadi seperti apakah aku? Petrus? Thomas? Matius? Yohanes dan Yakobus? Yudas? Atau siapakah aku?
7. JANGAN MENCURI Allah menuntut manusia menghormati hak milik orang lain. Hak milik pribadi bisa diakui jika yg dimiliki didapat atau diterima dgn cara.
RENCANA PROKER & RAB/RAI
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
Mempersiapkan Awam sebagai Saksi Kristsus
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
Apa itu Institusi sosial?
MANUSIA SEBAGAI CITRA ALLAH
TERHADAP YANG TERSISIH
SEMAKIN ADIL DAN BERADAB DI KOMUNITAS LINGKUNGAN
DIALOG IMAN (Masyarakat dan Budaya)
Hak Asasi Manusia.
AGAMA KATOLIK Drs. A.P. Oenarto M.
HUBUNGAN GEREJA DENGAN NKRI
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
MEMBANGUN UMAT BERIMAN MENURUT KONSILI VATIKAN II (K.V.II)
LOKAKARYA EKUMENIS PEMUDA GKI 2016
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
III BERKEMBANG BERSAMA ORANG LAIN
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
LITURGI IBADAH GKI.
POPULORUM PROGESSIO Perkembangan Bangsa-Bangsa
Ajaran sosial gereja ARTI DAN MAKNA AJARAN SOSIAL GEREJA
Religious Studies Pertemuan 2: AJARAN SOSIAL GEREJA
CIRI KEPEMIMPINAN KATOLIK
GEREJA DAN DUNIA MASALAH-MASALAH APA YANG DIHADAPI OLEH DUNIA ?
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
MEMPERJUANGKAN MASYARAKAT YANG ADIL, DAMAI DAN SEJAHTERA
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
DIALOG DENGAN AGAMA KONGHUCU DAN ALIRAN KEPERCAYAAN
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
Yang benar vs yang salah
Kelompok 5 Kerukunan Umat Beragama
BAB V GEREJA DAN DUNIA PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DUNIA
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
Membangun Komunitas Dialogal
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
BAB VI HAK ASASI MANUSIA
Macam-macam Dataran Dialog dan Tranformasi
BAB V GEREJA DAN DUNIA PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DUNIA
BAB III MEMPERJUANGKAN KELUHURAN MARTABAT MANUSIA
BAB VI HAK ASASI MANUSIA
MANUSIA SEBAGAI CITRA ALLAH
WELCOME “YESUS KRISTUS SEBAGAI TOKOH IDOLA DAN JURU SELAMAT MANUSIA” By Kelompok 4.
NextNext….. ARTI GEREJA Kata “Gereja” dalam kata bahasa Indonesia berasal dari kata Portugis ‘igreja” yang berasal dari kata Yunani ekklesia dan dalam.
ALLAH MENCIPTAKAN… Lesson 1 for July 6, 2019.
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

PERSPEKTIF TEOLOGIS KATOLIK DALAM PERAN SOSIAL KEMASYARAKATANNYA Disampaikan Pada Kegiatan Temu Orang Muda Lintas Agama Aula Atas Katedral, Minggu 20 Juni 2010

(Dokumen Gaudium et Spes Art. 1, Konsili Vatikan II) “Kegembiraan dan Harapan, Duka dan Kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga” (Dokumen Gaudium et Spes Art. 1, Konsili Vatikan II)

Ini mau mengatakan: Harapan dan Kegelisahan Perubahan Situasi yang mendalam Perubahan-perubahan dalam tata Masyarakat Perubahan psikologis, moral dan keagamaan Berbagai Ketidakseimbangan Aspirasi umat manusia yang makin universal Pertanyaan-pertanyaan Mendalam Umat Manusia

1. Jawaban real dari kesediaan Gereja ikut mengambil peran dalam mengatasi situasi dunia pada saat ini, di samping soal-soal sosial yang lain, saya mengajak kita semua, teman-teman muda lintas agama untuk menyoroti dua persoalan ini. Pertama, Kemiskinan, dan yang Kedua, Krisis Lingkungan Hidup. 2. Hal yang menjadi sorotan pertama-tama terkait kemiskinan adalah terancamanya keluhuran martabat manusia, sebagai gambar dan citra Allah. 3. Gereja dalam Ajaran Sosialnya menyebut kemiskinan sebagai salah satu situasi atau istilah kondisi yang tak layak manusiawi. Itu berarti kurangnya kebutuhan-kebutuhan dasar untuk menopang hidup; makanan, air bersih, kebutuhan akan rumah, tidak adanya akses terhadap kesehatan, pendidikkan, dsb.

3. Nah, bagaimana kondisi yang tidak layak manusiawi ini kemudian menjadi layak? Inilah yang menjadi tugas kita. 4. Gereja menekankan, suatu sikap hormat terhadap manusia, sehingga setiap orang wajib memandang sesamanya, tak seorang pun terkecualikan sebagai “dirinya yang lain”, terutama mengindahkan perihidup mereka beserta uapaya-upaya yang mereka butuhkan untuk hidup secara layak, supaya jangan meniru orang kaya, yang sama sekali tidak mempedulikan Lazarus si miskin itu (GS Art. 27, Konsili Vat. II) 5. Membangun Solidaritas Sesama Manusia. Bahwa Allah menciptakan manusia bukan untuk hidup sendiri-sendiri, melainkan untuk membentuk persatuan sosial. Begitu pula ia bermaksud mengudusakan dan menyelamatkan manusia, sebagai satu kesatuan umat manusia. (GS Art. 32) 3

5. Selain membangun Solidaritas Sosial (Karya Cinta Kasih), usaha melawan kemiskinan juga bisa melalui karya kemandirian sosial ekonomi (Wirausaha). 6. Biar menjadi nyata juga perintah Injil, yaitu apa pun yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraku yang paling hina ini, itu kamu lakukan untuk aku. 7. St. Ambrosius: apa yang kamu miliki, tidak kamu hadiahkan kepada orang miskin, tetapi kamu mengembalikan miliknya kepadanya.

Kesimpulan 1. Gereja Katolik adalah komunitas beriman yang percaya kepada Kristus yang berada di tengah-tengah Dunia. Karya Keselamatan yang ditawarkan dan di usahakan Allah itu adalah keselamatan yang sudah harus diusahakan sejak di dunia ini, dan karena itu diusahakan, dalam karya keadilan, melawan kemiskinan, penyelamatan lingkungan hidup, dsb. 2. Agama, sudah saatnya keluar dari ‘tidur dogmatis’, yang tidak lagi menyentuh persoalan ritual ibadat semata, tetapi mengambil peran bagi kehidupan sosial kemasyarakatannya. Agama bertranformasi, dari yang bersifat spiritual semata, menjadi sosial. Dari modal spiritual menjadi modal sosial. Selain itu, peran sosial kemasyarakatan agama-agama, kemudian mengantar pada suau dialog antar agama yang nyata. Bukan lagi pada tataran teoritis semata, tetapi dialog itu menjadi nyata dalam kerja bersama melawan masalah-masalah sosial, apa pun itu. Berharap dari pertemuan kita pada hari ini dapat memunculkan aksi nyata konkret bagi perubahan di tengah masyarkat.