Graphical User Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Komponen Antarmuka Grafis
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pengenalan Visual Basic
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Louis Bertrand Secondra
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI Event Handling.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI Pertemuan 10.
GUI AWT & SWING Alpro-2.
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Pengenalan Pemrograman 2
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual Java
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
GUI Event Handling Sussi.
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Transcript presentasi:

Graphical User Interface Sussi

SAP Membangun GUI menggunakan JAVA

GUI Metode pendesainan program kedunia nyata atau visual AWT dan Swing Abstract Windows Toolkits, sekumpulan lybrary yang tidak tergantung pada platform (independent) dan digunakan untuk menyederhanakan implemetasi interface Swing = bentuk implementasi yang menambahkan komponen-komponen dalam sistem GUI tetapi masih didasarkan pada arsitekstur AWT

Komponen GUI pada AWT: 1. Window Classes Fundamental

Komponen GUI pada AWT: 1. Window Classes Fundamental Mengatur ukuran windowmethod setSize void setSize(int width, int height) Mengubah ukuran d/ width height sbg parameter: void setSize(Dimension d) mengatur visibility=T void setVisible(boolean b) Dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan Next AplikasiSampleFrame .java x tidak jalan karena belum ada event handling

FRAME

LATIHAN A BUAT PROGRAM DENGAN KELUARAN

PANEL

Komponen GUI pada AWT: 2.Grafik Method: GraphicPanel.java

Komponen GUI pada AWT: 3.Kontrol User

Containers Adalah descendent kelas java.awt.Container Adalah komponen yang dapat mengandung komponen lain Komponen ditambahkan ke container menggunakan berbagai bentuk method add panel.add(component);

Komponen GUI pada AWT: 4. Layout Manager Fungsi mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer Diantaranya: FlowLayout BorderLayout GridLayout Methodvoid setLayout(LayoutManager mgr) u/ mengatur manual public void setBounds(int x, int y, int width, int height)

FlowLayout Manager d/ posisi argumen mengacu: FlowLayoutDemo.java FlowLayout.LEFT FlowLayout.CENTER FlowLayout.RIGHT FlowLayoutDemo.java

BorderLayout Manager d/ mengacu pada region: BorderLayoutDemo.java BorderLayout.NORTH (utara) BorderLayout.SOUTH (selatan) BorderLayout.EAST (timur) BorderLayout.WEST (barat) BorderLayout.CENTER (tengah) BorderLayoutDemo.java

GridLayout Manager komponen diposisikan dari: kiri ke kanan atas ke bawah GridLayout manager membagi kontainer menjadi baris dan kolom GridLayoutDemo.java

 JLABEL JLabel merupakan komponen yang digunakan untuk menampilkan teks yang pendek atau gambar atau keduanya.

JBUTTON Jbutton Kelas JButton berguna untuk membuat objek tombol yang dapat dilengkapi dengan judul tombol dan gambar, selain itu JButton merupakan komponen yang dapat menghasilkan suatu event jika tombol diklik oleh user.

JTEXTFIELD JTextField JTextField merupakan objek yang berguna untuk memasukkan atau mengedit data satu baris.

Review AWT

LATIHAN 1 BUATLAH PAPAN TIC-TAC-TOE SEPERTI DI BAWAH INI