SEJARAH INTELEKTUAL Dosen : Agus Gunawan,Drs.,M.Pd.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pardjono, Ph.D Program Pascasarjana UNY
Advertisements

Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi
Ilmu Negara By: Yuyus Kardiman, M.Pd. Objek Ilmu Negara Erat kaitannya dengan Hukum Tatanegara dan Hukum Pemeritahan Persamaannya: sama-sama membahas.
Pendahuluan Wawasan Budi Luhur
Keindahan identik dengan kebenaran
S EJARAH P ERKEMBANGAN I LMU N EGARA Oleh : Drs. Mardius, S.H., M.H.
NEGARA KOTA DALAM PEMIKIRAN PLATO
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
Tinjauan Umum Etika Profesi
FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1
KELOMPOK I Deshinta Elsalina ( ) G.A Diasari ( )
PEMIKIRAN MASA YUNANI ROMAWI KUNA
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
Socrates, Plato, Aristoteles
Sejarah & Definisi Psikologi
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
Pengenalan Terhadap Dinamika Kelompok
KONSEP & PENGERTIAN FILSAFAT SECARA UMUM
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
Sejarah Perkembangan Etika
ILMU PENGETAHUAN & FILSAFAT.
Ilmu Sosial Dasar.
Jessi tri joeni Stimart amni semarang 2011
LINGKUNGAN DOMESTIK.
TEORI TEORI FILSAFAT Berfilsafat pada hakekatnya merupakan cara berpikir yang radikal, menyeluruh dan mendasar. Sedangkan pengertian teori berarti melihat.
E-Learning Mata Kuliah : Filsafat Ilmu dan Logika
PSIKOLOGI SOSIAL Oleh: Ronny Gunawan.
Sejarah & Definisi Psikologi
Sejarah & Definisi Psikologi
SEJARAH FILSAFAT HUKUM
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
CARA BERPIKIR BANGSA YUNANI KUNO
Kekuasaan Negara.
Sejarah & Definisi Psikologi
Sejarah dan Perkembangan Psikologi.
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM KOMISARIAT IM TELKOM
DINAMIKA KEBUDAYAAN Minggu 6.
MAKNA PENGETAHUAN, FILSAFAT DAN ILMU
CARA BERPIKIR BANGSA YUNANI KUNO
FILSAFAT PENDIDIKAN.
KELOMPOK I ALFINITA UTARI DESSY R.J LUMBANGAOL NORA FIKA SITUMORANG PENGERTIAN FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN.
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Fathia Rahma Santoso Angga Syahrul
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB ESSENSIALISME
MENGENAL FILSAFAT Pertanyaan Dasar Yang Sering Menggoda Manusia
SEJARAH PSIKOLOGI Dosen Pengampu :
KELOMPOK 3 ` AHMAD WAHYU AJI P RAMOS LENNY BINTI NURYIAH
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
KURIKULUM PERENIALISME
PENGENALAN FILSAFAT A. Arti Filsafat a. Dari segi etimologi FALSAFAH
PERKEMBANGAN FILSAFAT ILMU
Ilmu sosial dasar Individu, keluarga dan masyarakat
PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN BUDAYA PERTENGAHAN Nama kelompok: 1
Pertanyaan Dasar Yang Sering Menggoda Manusia
MEMPERSEMBAHKAN KELOMPOK 1 M. Reza Ansyari LubisMuammad Abduh Arya Syaputra Novika LubisWiwik HerawatiSiti Nuranis.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Sejarah & Aliran Psikologi
Assalamu’alaikum Wr.Wb
KLASIFIKASI FILSAFAT Filsafat BaratFilsafat Timur Filsafat Timur Tengah KLASIFIKASI FILSAFAT, SEJARAH LAHIRNYA FILSAFAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT.
PSIKOLOGI OLEH : AGUS KIRWANTO,S.Pd.M.A.
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
ANTROPOLOGI.
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
Chintya Apriliani Siti Nur Arisah SIFAT DAN HAKIKAT JIWA MANUSIA hakikat manusia adalah rohani atau jiwa. Jasmani dan nafsu merupakan alat atau bagian.
1 PSIKOLOGI UMUM Oleh : BUDI ASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta 2006.
Transcript presentasi:

SEJARAH INTELEKTUAL Dosen : Agus Gunawan,Drs.,M.Pd. Asisten : Yadi Kusmayadi,S.Pd. 2 SKS Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis

Pertemuan 1 Pandangan para ahli Pikir Yunani tentang alam dan manusia Hellenisme ( Kebudayaan Hellenistis) Ciri dari Hellenisme ialah sifatnya yang cosmopolitis.Hellenisme bukanlah kebudayaan milik satu bangsa melainkan kebudayaan dunia.Dampaknya pada abad ke-4 SM sikap individualisme semakin nampak.Peran kesatuan sosial yang dalam masyarakat Yunani dikenal dengan nama Polis (City State) semakin pudar.

Ketika ikatan dalam kesatuan polis menjadi longgar terjadilah penurunan ketaatan sampai tidak dihiraukan di masyarakat.Proses tersebut berlangsung hingga serbuan Alexander atas wilayah kerajaan Persia dan Mesir hingga memunculkan proses disintegrsi polis- polis.Dua gejala yang muncul apakah individualisme itu penyebab/akibat dari proses disintegrasi yang jelas hal tersebut muncul secara bersamaan.

B. Filsafat Sinisme (Cynicisme) Filsafat yang berpangkal pada kegiatan filsuf- filsuf Yunani ternama yaitu; Plato (427-348 SM) dan Aristoteles (384-322 SM).Salah satu aliran filsafat yang mengalami perubahan pada masa berkembangnya Hellenistis ialah sinisme (Cynicisisme) dengan pendirinya yaitu Anthisthenes (455-360 SM) Seorang murid Socrates.

Penganut aliran sinisme yang terkenal dengan sikapnya yang ekstrim ialah Dingenes (400-325 SM).Salah satu ciri sinisme ialah sikapnya yang selalu mengejek terhadap segala sesuatu yang terlihat dalam masyarakat,karena bagi penganut aliran tersebut dari segala kenyataan dalam masyarakat,yang dilihat hanyalah segi yang buruknya

Menurut pandangan mereka,yang harus dilakukan oleh seorang yang arif dan bijaksana adalah mengikuti kata hatinya tanpa tunduk/terikat pada adat istiadat yang dipatuhi kebanyakan diluar golongan mereka.Contoh nyata yaitu di wilayah Amerika terdapat Kampung Kudis,kebiasaan mereka demi untuk melepaskan kejenuhan dengan situasi yang ada,mereka tanpa berpakaian dan bebas beraktifitas/berekspresi.

Pemikiran-pemikiran Plato&Aristoteles Tentang Ilmu Jiwa Sosial Pemikiran Plato Tentang Ilmu Jiwa Sosial Plato seorang filsuf Yunani 400 SM berpendapat jiwa manusia terbagi atas dua bagian yaitu: Jiwa rohaniah; tidak pernah akan mati dan berasal dari dunia abadi yang berpokok pada ratio&logika manusia. Jiwa badaniah; itu akan gugur bersama-sama raga manusia.

Jiwa badaniah terbagi atas dua bagian: Bagian jiwa (kemauan) Nafsu dan Perasaan Manusia mempunyai tiga macam daya atau kemampuan yaitu: Kecerdasan Kemauan Nafsu daya perasaan Ketiga kemampuan ini disebut Trikotomi daripada jiwa manusia

Ketiga kemampuan jiwa itu masing mempunyai tempat dalam raga manusia: Kecerdasan di kepala Kemauan di dada nafsu perasaan di perut Tiap kemampuan melahirkan kebajikan: Kebajikan kecerdasan adalah budi (filsuf) Kebajikan kemauan adalah keberanian (militer) kebajikan nafsu perasaan adalah kesederhanaan (kaum tani,pedagang kecil)

Pemikiran Aristoteles Tentang Ilmu Jiwa Sosial Pendapat Aristoteles (384-323 SM) tentang ilmu jiwa adalah baginya ilmu jiwa adalah ilmu mengenai gejala-gejala hidup sehingga setiap mahluk yang hidup sebenarnya mempunyai jiwa (manusia,hewan,tumbuhan). Menurut Aristoteles terdapat tiga macam jiwa yang bertingkat tarafnya yaitu: Jiwa vegetatif Jiwa sensitif Jiwa Intelektif

Jiwa vegetatif terendah berkemampuan : Memperoleh dan mencernakan makanan Berkembangbiak Jiwa sensitif berkemampuan : Bernafsu/perasaan Dapat bergerak dari dari tempatnya Jiwa Manusia/Intelektif : Kecerdasan kemauan