APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Advertisements

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ANDROID PADA LABORATORIUM KOMPUTER
APLIKASI PERMAINAN EDUKATIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA Eka Rachmadini
PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME
Renanda Cahaya Saputra 1)
APLIKASI PENGENALAN HURUF,ANGKA,DAN GAMBAR MELALUI HANDPHONE Pajar Ahmad Kurniawan for further detail, please visit
MEMBANGUN APLIKASI GAME ARITMATIK Regina Martha Yudhi.T for further detail, please visit
Media Pembelajaran Matematika
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
JAVA J2ME APLIKASI PERMAINAN “ACAK KATA” DENGAN MENGGUNAKAN
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX 2004 APLIKASI PEMBIMBINGAN AGAMA KRISTEN UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
PENGENAL CIRI PENYAKIT HIV & AIDS MENGGUNAKAN WIRELESS Erwansyah for further detail, please visit
SISTEM INFORMASI RESERVASI DI HOTEL SCARLET
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
Latar Belakang Perkembangan telepon selular (handphone) pada jaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, menjadi suatu hal yang berguna.
Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Batak Berbasis Android
APLIKASI PENGHITUNG ZAKAT BERBASIS MOBILE ANDROID
MACROMEDIA FLASH 8.0 PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DAN IQRA’ MENGGUNAKAN
Menggunakan Adobe Flash CS 3 CD Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Tuntunan Shalat Fardhu for further detail, please visit
Menggunakan Macromedia Flash 8 dan Flash Lite 2
Paper perancangan dengan UML
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
Nama : Verani Rosita NPM : Fakultas : Ilmu Komputer
J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN
PRA-SEKOLAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK ANAK USIA for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA Catur Wibisono,
PEMBUATAN GAME SPACE METEOR MENGGUNAKAN J2ME
Sistem informasi penjualan buku di toko buku family
Aplikasi Mobile GIS ‘Easy Mobile Map’ Platform J2ME
ANALISA DAN PERANCANGAN
Tujuan dari system ini adalah :
Sidang Skripsi 8 Februari 2012 Carli Darmansah
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
APLIKASI CERITA ANAK PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID SKRIPSI
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN OBAT PADA APOTEK DZANI FARMA
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
RANCANG BANGUN APLIKASI RESEP MASAKAN KHAS INDONESIA BERBASIS MOBILE ANDROID PADA KELOMPOK PKK DI KELURAHAN LEBAK GEDE BANDUNG SKRIPSI Diajukan sebagai.
PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN IQRA BERBASIS ANDROID
Penguji 2 : Nelly Indriani W,S.Si. M.T.
Program studi sistem informasi Fakultas teknik dan ilmu komputer
APLIKASI CARA BERTAHAN HIDUP DI ALAM
SIDANG SKRIPSI Disusun Oleh : Irvan Effendi Sutopo Dosen Pembimbing:
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
ADAM MUKHARIL BACHTIAR S.Kom., M.T.
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
APLIKASI PANDUAN SHALAT SUNNAH DAN KUMPULAN DO’A BERBASIS ANDROID
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR DENGAN BERBASIS SMS PADA PT.PLN (PERSERO) APJ DAN UPJ CIMAHI KOTA Chandra Irawan
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN, PENJUALAN DAN MANUFAKTUR PADA HOME INDUSTRI CEMPAKA Tisna Aditya PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL CALUNG BERBASIS MOBILE ANDROID SKRIPSI   Diajukan sebagai salah satu syarat untuk Penyusunan skripsi pada Program Studi.
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tajwid Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis J2ME Disusun oleh : Yesi Intasari
Aplikasi Pemetaan Fasilitas Umum kota Cimahi Berbasis Android
SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DI SMA AL-FALAH DAGO BANDUNG
PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS MOBILE PHONE
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PT. TRI ARJUNA DINAMIKA
Aplikasi Informasi Perjalanan Kereta Api Daop 2 Bandung
Disusun Oleh Nama : Traya Hana Agustha NIM :
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
IMPLEMENTASI APLIKASI SMART RESTORAN BERBASIS ANDROID
APLIKASI PANDUAN PARIWISATA BERBASIS MOBILE ANDROID DI KOTA BANDUNG
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMAN 9 BANDUNG BERBASIS SMS GATEWAY Oleh : Rendra Indarmawan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Pembuatan Game Kill The Alien Menggunakan Java 2 Micro Edition. for further.
Memperkenalkan Gambar dan Alphabet Dengan Menggunakan Aplikasi PUPUT WIDYANINGSIH, for further detail, please visit
Transcript presentasi:

APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER. (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK – KANAK YAYASAN AL - BANA TASIKMALAYA)”. Hary Irawan_10508129

Identifikasi Masalah Terjadinya kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran terhadap murid – murid yayasan Al- bana Tasikmalaya sehingga murid kurang memahami. Media yang digunakan di yayasan Al-Bana Tasikmalaya dalam mempelajari huruf hijaiyah masih mengacu pada buku panduan guru. Metode pembelajaran dengan menggunakan buku masih kurang dipahami dan diminati murid – murid. Adanya kecendrungan murid- murid lebih menyukai metode pembelajaran dengan cara belajar sambil bermain.

Rumusan Masalah Bagaimana proses kegiatan belajar mengajar yang sedang berjalan di yayasan Al-bana Tasikmalaya. Bagaimana merancang dan membangun aplikasi pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di Yayasan Al- Bana Tasikmalaya. Bagaimana pengujian system informasi pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di Al-Bana Tasikmalaya. Bagaimana implementasi system informasi pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di Yayasan Al- Bana Tasikmalaya.

Batasan Masalah Aplikasi game edukasi ini mencakup pembelajaran mengenal huruf hijaiyah tidak ada unsur tajwid dan harakat yang berbeda. Game ini ditujukan bagi anak-anak TK usia 5-7 tahun. Aplikasi game edukasi ini hanya dapat digunakan oleh handphone yang berbasis java mobile dengan spesifikasi minimal CLDC 1.0 dan MIDP 2.0 dan mempunyai resolusi 240x320. Aplikasi ini ber-genre petualangan dimana user memainkannya hanya dapat mengambil huruf – huruf hijaiyah, sedangkan materi pembelajaran secara mendetail tidak di sajikan. Aplikasi game ini adalah single user.

Use Case Yang Berjalan

Diangram Aktivity Yang Sedang Berjalan

Diagram Use Case Yang di Ususlkan

Class Diagram Yang Di USuslkan

Diagrgam Aktivity Pengenalan Huruf Hijaiyah

Diagram Aktivity Permainan Huruf HIjaiyah

Diagram Aktivity Melihat Skor

Diagram Sequeen Pengenalan Huruf Hijaiyah

Diagram Sequeen Permainan Huruf Hijaiyah

Diagram Sequeen Melihat Skor

Kesimpulan Dan Saran Kesimpulan Sistem proses belajar mengajar di yayasan Al-Bana Tasikmalaya yang berjalan masih mengacu pada buku panduan guru sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal, murid – murid lebih menyukai belajar sambil bermain. Perancangan aplikasi belajar huruf hijaiyah di Yayasan Al-Bana Tasikmalaya dapat membantu dan mempermudah para guru untuk mengenalkan huruf – huruf hijaiyah dengan cepat dan bervariatif kepada murid -muridnya. Pengujian terhadap aplikasi belajar huruf hijaiyah di yayasan Al-bana Tasikmalaya dapat mempermudah dan cepat mengenalkan huruf – huruf hijaiyah pada aplikasi belajar huruf hijaiyah yang di usulkan atau di rancang. Implementasi aplikasi belajar huruf hijaiyah di Yayasan Al-Bana Tasikmalaya berjalan dengan baik sehingga aplikasi dapat di gunakan untuk sebagai alat pendukung pembelajaran huruf hijaiyah dan membantu para guru dalam proses pembelajaran huruf hijaiyah. Saran Game lebih di kembangkan pada tingkat kompabilitas, layout menu maupun keinteraktifan terhadap anak – anak / pengguna. Lebih di kembangkan bukan hanya untuk materi bidang studi, melainkan materi – materi lainya.