Materi 2 - Komputer Multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Advertisements

Materi 5 - Komputer Multimedia
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
TRAINING and EVALUATION PHASE
Interaksi Manusia dan Komputer
Membangun sistem informasi berbasis
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Aplikasi Instruksional
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
komponen antarmuka pengguna
COMPUTER BASED INSTRUCTION
KEAHLIAN MENGAJAR SEHARI-HARI
Pengantar Media Pendidikan
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
PENGOLAHAN INFORMASI SEBAGAI KONSEP BELAJAR
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
STRATEGI MENGAJAR HANSISWANY KAMARGA.
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Keterampilan Guru dalam Proses Belajar Mengajar
PROFIL GAYA BELAJAR.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Materi 3 - Komputer Multimedia
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si.
Oleh : Mailani Safitri, S.Pd.
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
SUMBER BELAJAR.
Penggunaan Dimensi Belajar
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Pengenalan Media Pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mengasyikkan ini saat kita kekurangan isyarat verbal dan visual ?  Salmon (2002) menunjukkan bahwa kekurangan.
Transcript presentasi:

Materi 2 - Komputer Multimedia Konsep CAI Materi 2 - Komputer Multimedia

CAI Deskripsi singkat  asistensi dilakukan oleh komputer dengan menyediakan program instruksional Aktivitas: Drill & practice Tutorial & instruksional Permainan Simulasi/permodelan

Aktivitas (1) Drill & Practice: Latihan dengan materi spesifik Latihan  penting untuk mempelajari suatu keahlian Tutorial: Penyampaian materi/informasi Meniru/menyerupai interaksi murid & pengajar dalam sesi 1 on 1 Dalam tutorial, instruksi didasarkan atas respon pengguna/siswa

Aktivitas (2) Permainan: menggunakan kemampuan komputer dalam memanipulasi informasi dengan kecepatan tinggi untuk menyajikan tampilan yang menarik dan dapat menyampaikan informasi instruksional kepada pengguna Dapat menyampaikan konsep/materi tanpa disadari pengguna

Aktivitas (3) Mengasah kemampuan pemecahan masalah seorang pengguna melalui tantangan dalam permainan Sangat dipengaruhi kreativitas dari perancang permainan tersebut Simulasi/permodelan menggunakan komputer untuk mensimulasikan/memodel-kan konsep/informasi yang kompleks

Aktivitas (4) Menghindarkan pengguna dari bahaya, biaya besar, atau konsekuensi lain yang terjadi bila dilakukan di dunia nyata Memungkinkan pengguna mencoba-coba atau mendapat informasi rumit tanpa harus melaku- kan sendiri secara langsung Sering terjadi salah pengertian oleh pembuat  mengira simulasi adalah tingkatan tertinggi dalam CAI sehingga aktivitas lain dianggap tidak perlu

Pemilihan jenis CAI Pengajar atau pembuat CAI adalah yang paling bertanggungjawab memilih aktivitas yang sesuai untuk suatu materi, berdasarkan: Cara/tugas untuk belajar Profil siswa/pengguna Batasan-batasan eksternal Obyektif spesifik

CAI - Definitif Aktivitas penyampaian materi instruksional menggunakan komputer Media edukasi yang memiliki kekuatan dan keterbatasan yang unik Dapat menjadi efektif/tidak, menarik/membosankan, baik/buruk

Pertimbangan efektivitas (1) CAI dapat menjadi cara yang efektif untuk mencapai tujuan edukasional, baik sebagai alat utama maupun alat bantu dari bentuk instruksi yang lain CAI bila dibandingkan dengan media yang tidak memperhitungkan perbedaan individual akan:

Pertimbangan efektivitas (2) Menghasilkan lebih banyak pemahaman dalam suatu waktu tertentu Menghasilkan sejumlah pemahaman dalam waktu yang lebih pendek Ingatan yang didapat setelah selesai menjalani sesi CAI setidaknya akan sama baiknya dibandingkan setelah menjalani metode instruksional biasa

Pertimbangan efektivitas (3) Pengguna/siswa lebih menyukai program CAI yang dirancang dengan baik dan akan menolak program CAI yang buruk

Perhatian Beberapa medium edukasi ada yang cocok untuk menjalankan suatu tugas edukasional tertentu, tetapi tidak akan dapat menjalankan tugas lain

Kapan CAI ?? (1) biaya dengan metode lain sangat mahal, (2) keamanan kurang terjamin, (3) materi sangat sulit diajarkan dengan metode yang lain, (4) praktik siswa secara individual sangat diperlukan, (5) motivasi siswa kurang, dan (6) terdapat kesulitan yang logis dalam pembelajaran konvensional.

Pentingnya perancangan CAI  pembawa pesan instruksional CAI dapat menjadi baik/buruk  tergantung pada pengalaman pembuat & perhatian pada tujuan pembuatannya Peran perancang menjadi penting  rancangan CAI yang bagus akan memunculkan kekuatan dari medium yang dipilih dan meminimalkan kelemahannya

Kekuatan CAI (1) Bila dibandingkan media edukasi konvensional Peningkatan interaksi Yang paling berkontribusi pada efektivitas sesi CAI Komputer menyajikan, pengguna merespon, komputer lalu menentukan kelanjutannya berdasar respon tersebut, kemudian proses berulang

Kekuatan CAI (2) Individualisasi Yang berkontribusi pada efisiensi Sifat CAI  1 on 1, memungkinkan untuk memonitor pemahaman siswa/pengguna secara terus menerus dan memberi respon berdasar kebutuhan setiap pengguna individual Individualisasi dapat dimulai dengan pre-test  dapat melihat tingkatan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalani sesi CAI

Kekuatan CAI (3) Efektivitas biaya dan administratif Pre-test juga dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan yang telah dimiliki siswa/pengguna  individualisasi dapat juga menggunakan informasi pribadi siswa dalam sesi CAI Efektivitas biaya dan administratif Menjadi alasan utama pada beberapa lingkungan tertentu Karena CAI tidak memerlukan partisipasi pengajar, sehingga dapat digunakan kapan saja & dimanapun

Kekuatan CAI (4) Motivasi Memungkinkan beragam siswa belajar berbagai topik berbeda secara simultan tanpa ada supervisi Mengurangi biaya pengadaan pengajar, terutama saat siswa sangat sedikit CAI mudah didistribusikan, sangat mengurangi biaya Motivasi CAI bagi sebagian pengguna (nampak) menarik

Kekuatan CAI (5) Terkadang merasa lebih “aman” belajar lewat komputer daripada bersama pengajar Dapat memberikan visualisasi yang lebih baik Memunculkan ketertarikan pada teknologi komputer Rasa senang yang diberikan sistem berbasis komputer membuatnya menjadi lebih tertarik

Kekuatan CAI (6) Umpan balik yang cepat Didasarkan oleh kemampuan komputer dalam mengevaluasi & merespon suatu keadaan yang dapat lebih cepat daripada manusia Faktor kunci dalam efektivitas dan efisiensi CAI

Kekuatan CAI (7) Kemudahan dalam menyimpan data “Pelajaran” dalam CAI dapat diprogramkan agar melakukan otomatisasi sebagian atau semua aspek penyimpanan data Dapat berupa perintah mencetak, menyimpan ke media optik/magnetik, dll.

Kekuatan CAI (8) Integritas materi Memastikan bahwa topik yang diinginkan benar-benar tercakup, dan informasi yang tidak relevan tidak akan mengganggu sesi CAI Berbeda dengan pengajar (yang paling berpengalaman sekalipun), tidak akan pernah bisa benar-benar mengajarkan materi yang sama persis lebih dari 1 kali  juga dapat untuk memverifikasi apakah instruksi benar-benar telah diberikan

Kekuatan CAI (9) Kendali sepenuhnya pada pengguna Memberi hak kepada siswa/pengguna untuk menentukan sendiri apa yang diinginkannya dalam proses instruksional tersebut Menghasilkan materi instruksional yang lebih spesifik sesuai kebutuhan pribadi seseorang Sebaiknya kemampuan kendali ini ditentukan melalui tujuan dari materi dalam CAI tersebut

Kelemahan CAI (1) Setiap sistem insruksional memiliki kelemahan, tetapi pemahaman perancang CAI dapat meminimalkan dampak kelemahan tersebut Perlunya perangkat keras yang spesifik dan mahal Merupakan kelemahan yang paling sering disebut dalam implementasi CAI

Kelemahan CAI (2) Hanya merupakan kelemahan masa lalu, saat sistem komputer belum cukup umum dan semurah saat ini Tetapi tetap membutuhkan biaya tambahan untuk pengadaan komputer

Kelemahan CAI (3) Sangat mengandalkan pada kemampuan “membaca” dari siswa pengguna CAI Masalah lama ketika perangkat tampilan keluaran komputer (CRT) masih menggunakan teknologi lama, dan masih belum ada perangkat tampilan lain (proyektor multimedia, dll.)

Kelemahan CAI (4) Grafika yang sangat tidak realistik Kebanyakan CAI generasi awal murni berbasis teks, dan variasi tampilan sangat sedikit, hal yang jarang dijumpai saat ini Grafika yang sangat tidak realistik Juga masalah yang muncul saat teknoogi tampilan kmputer belum semaju sekarang Resolusi rendah, kedalaman warna terbatas, kontras yang buruk, dan waktu yang lama untuk membuatnya

Kelemahan CAI (5) Kebutuhan akan kemampuan/keahlian tambahan Perancang CAI harus memiliki pengetahuan & keahlian untuk membuat materi instruksional selain dalam bentuk konvensional Harus paham keuntungan dan kerugian penggunaan CAI serta tahu bagaimana melibatkan pengguna/siswa dalam proses instruksional

Kelemahan CAI (6) Waktu pengembangan lebih lama Memaksa perancang CAI untuk “berpikir secara interaktif” Harus tahu teknologi HW & SW komputer, pemrograman, dll. Masih ditambah dengan penguasaan atas cara menguji CAI, mengelola dan mengevaluasi respon siswa, dll. Waktu pengembangan lebih lama Sekalipun menggunakan alat pengembangan media instruksional khusus

Kelemahan CAI (7) Ragam cara pengembangan untuk menghasilkan CAI yang baik & sesuai juga memunculkan kesulitan baru Hal ini masih ditambah dengan uji CAI yang spesifik pada setiap cabang yang disiapkan dalam aplikasi

Kelemahan CAI (8) Adanya kemungkinan untuk membatasi cakupan materi Tidak dapat melenceng keluar dari materi yang telah ditetapkan, tidak seperti pengajar yang fleksibel Apa yang tidak tersedia dalam CAI tidak akan dapat disampaikan kepada pengguna Tidak memungkinkan memunculkan materi selain yang telah ditetapkan, sehingga pengguna tidak mendapat lebih banyak informasi

Kelemahan CAI (9) Persepsi CAI hanya dari masukan yang telah diprogramkan kepadanya CAI hanya merespon terhadap masukan spesifik yang telah didefinisikan dalam program oleh pembuatnya Tidak mampu meniru kemampuan adaptasi seorang pengajar Tidak dapat merespon kondisi pengguna, hanya merespon apa yang dimasukkan oleh pengguna