INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Evaluasi.
Advertisements

PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
Interaksi Manusia dan komputer
Protyping IMK-M5.
Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Banking Berbasis Web Dengan Lalu Syukri Jaelani, for further detail, please visit
Interaksi Manusia dan Komputer
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
Interaksi Manusia dan Komputer
Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Macromedia Flash 8 Fina Rahmadianti, for further detail, please visit
APLIKASI SIMULASI PERHITUNGAN PREMI DAN MANFAAT ASURANSI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN A. Yuliana , for further detail, please visit
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
I S T N Rancang Bangun Sistem Pengendalian Alat Dehumidifier Berbasis Mikrokontroler pada Laboratorium PT. Dowell Anadrill Schlumberger.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Interaksi Manusia Dan Komputer
Konsep dan Prinsip Analisis
TEKNIK EVALUASI.
Teknik Evaluasi.
TEKNIK EVALUASI.
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Teknik evaluasi.
Evaluasi
MINGGU 13 Teknik Evaluasi Suzan Agustri.
Kelas : 3IA07 Nama : Agus Soetanto
11 Arsitektur Sistem Terdistribusi
STATISTIKA LINGKUNGAN
Persyaratan Rekayasa Proses
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK REAL-TIME
TM1 PENDAHULUAN ; KONSEP RISET OPERASI DALAM SIM
KOMUNIKASI DATA By : andi latifa nabone.
KOMUNIKASI DATA By : Andi Latifa Nabone.
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
Perancangan Sistem Informasi Manajemen
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM PERANCANGAN for further detail, please visit
Interaksi Manusia dan Komputer
10 Perancangan Arsitektural
APLIKASI Ria Waryati for further detail, please visit
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Teknik Evaluasi.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
for further detail, please visit
APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK - ANAK PLAYGROUP Sandy Marino ( )
KOMUNIKASI DATA By : Andi Latifa Nabone.
5 Kebutuhan Software By : Andi Latifa Nabone.
Interaksi Manusia dan Komputer
PEMBUATAN MULTIPLE INTELLIGENCES APLICATION DENGAN Mariana Setiawati
Interaksi Manusia dan Komputer
SIKLUS HIDUP DAN MANFAAT SISTEM INFORMASI
1 SUKARAJA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PI
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMUNIKASI DATA By : andi latifa nabone.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan Kedelapan Proses desain
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
pengantar TEKNOLOGI PENDIDIKAN
REVIEW JURNAL ILMIAH / PAPER. TUJUAN REVIEW PAPER Tujuan dari review paper adalah untuk mempermudah dalam membahas inti dari hasil penelitian.
PEMBUATAN WEBSITE GERAKAN PEMUDA PELITA KASIH DENGAN Efrata Natanael
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
for further detail, please visit
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER By : Andi Latifa Nabone

PENDAHULUAN Pada bagian ini akan membahas teknik evaluasi yang dapat digunakan untuk aplikasi yang didalamnya terjadi interaksi manusia dan komputer. Evaluasi adalah suatu tes atas tingkat penggunaan dan fungsionalitas sistem yang dilakukan di dalam laboratorium, di lapangan, atau di dalam kolaborasi dengan pengguna.

EVALUASI DESAIN Evaluasi ini dilakukan setelah proses perancangan. Evaluasi pertama terhadap sistem idealnya dilakukan sebelum implementasi dimulai. Jika perancangan dievaluasi, kesalahan dapat dihindari karena perancangan dapat diperbaiki sebelumnya. Sejumlah metode dibuat untuk mengevaluasi perancangan sebelum implementasi.

COGNITIVE WALKTHROUGH Suatu usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi ke dalam bentuk informal dan subjektif. Dengan kata lain, usaha ini bertujuan untuk mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan ke pengguna guna mempelajari berbagai tugas yang diberikan.

EVALUASI HEURISTIK Evaluasi ini diusulkan oleh Nielsen dan Molich, yang hampir sama dengan Cognitive Walkthrough tetapi sedikit terstruktur dan sedikit terarah. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu desain supaya kritik bisa memajukan potensi daya guna.

EVALUASI BERBASIS TINJAUAN Evaluasi antara psikologi eksperimen dengan interaksi manusia dan komputer yang membuahkan hasil eksperimen yang baik dan pengalaman yang nyata. Beberapa diantaranya dari domain khusus ke umum, tetapi kebanyakan yang berhubungan dengan isu generik dan teraplikasi pada berbagai situasi.

MODEL EVALUASI DASAR Suatu pendekatan terakhir untuk mengevaluasi perancangan adalah dengan mengkombinasikan spesifikasi perancangan dan evaluasi ke dalam kerangka kerja yang sama. Contohnya adalah GOMS model.

EVALUASI IMPLEMENTASI Evaluasi desain adalh suatu ide yang baik tetapi tidaklah cukup yang hanya sampai disitu saja. Evaluasi sistem akhir dengan pengguna nyata untuk mendapatkan suatu sistem yang betul-betul baik. Evaluasi implementasi membutuhkan sebuah artefak, simulasi, prototipe, dan implementasi penuh.

SEKIAN