REKAYASA PERANGKAT LUNAK BAB I
3 KELOMPOK ERLANGGA DWI PRATAMA 1534010080 MADA LAZUARDI NAZILLY 1534010064 NADHIF REVISYACH F.S.W 1534010065 TATAQ DISTASIANTO 1534010081
Rekayasa Perangkat Lunak DEFINISI Perangkat Lunak Data yang diformat dan disimpan secara digital , yang dapat berbentuk program, prosedur, dan dokumen data lain yang saling berhubungan yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer Rekayasa Perangkat Lunak Disiplin ilmu yang membahas segala sesuatu tentang produksi perangkat lunak. Hal tersebut mencakup dari tahap awal spesifikasi system sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan
PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERANGKAT LUNAK SISTEM/SUPPORT Program yang digunakan untuk melakukan tugas spesifik PERANGKAT LUNAK SISTEM/SUPPORT Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer PERAN PERANGKAT LUNAK
KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK Pressman (2001) KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa, tidak dihasilkan dengan perangkat keras seperti mesin atau tangan Perangkat lunak tidak akan usang sejalan dengan waktu Perangkat lunak akan terus menerus diproduksi sesuai pesanan
Secara Umum Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan. Biaya digunakan untuk pengembangan perangkat lunak Perangkat lunak tidak pernah usang, tidak terpengaruh oleh lingkungan Perangkat lunak dibangun secara custom-built. Pembuatan menyesuaikan kebutuhan, bukan kebutuhan yang ada akan dibuat menjadi sesuatu
SYARAT PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK Tepat Waktu Tepat Anggaran Meningkatkan Kinerja Mengoperasikan Prosedur Sistem dengan Benar
KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK YANG BAIK Daya guna yang tinggi Kinerja sesuai fungsi yang dibutuhkan Dapat diandalkan Mudah dirawat Efisien Interface yang menarik Fungsi jangka panjang KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK YANG BAIK
APLIKASI PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak dapat diaplikasikan ke berbagai situasi di mana serangkaian langkah prosedural telah didefinisikan APLIKASI PERANGKAT LUNAK
JENIS-JENIS PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Sistem Perangkat lunak yang merupakan sekumpulan program yang melayani program-program yang lain CONTOH : kompiler, editor, dan utilitas pengatur file
Perangkat Lunak Real-Time Program yang memonitor dan menganalisis kejadian dunia nyata pada saat berlangsung KOMPONEN : Pengumpul data Analisis data Kontrol/output Monitor
Perangkat Lunak Bisnis Program yang ditujukan untuk kepentingan bisnis seperti perhitungan klien dan transaksi bisnis CONTOH : Payroll, Payable, Inventory
Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan Perangkat lunak ini ditandai dengan menggunakan algoritma number crunching. CONTOH : Aplikasi dari astronomi sampai vulkanologi, dari analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa.
Embedded Software Perangkat lunak ini terdapat dalam ROM yang digunakan untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri. CONTOH : Key Pad control untuk microwave
Perangkat Lunak Komputer Personal Program ini seperti pengolahan kata, grafik, multimedia, hiburan hingga manajemen bisnis ataupun personal.
Perangkat Kecerdasan Buatan Perangkat lunak ini menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks. Perangkat lunak ini menggunakan pendekatan pengenalan pola, pembuktian teorema, dan permainan game.
KRISIS PERANGKAT LUNAK
PERMASALAHAN Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat Produktivitas programer yang tiak dapat mengimbangi permintaan software Kualitas software kurang baik PERMASALAHAN
PERMASALAHAN DALAM SDM Kurangnya pengetahuan mengembangkan software Kurangnya pengetahuan memelihara software yang ada Kurangnya pengetahuan mengimbangi permintaan software yang semakin besar PERMASALAHAN DALAM SDM
MITOS PERANGKAT LUNAK
Mitos Manajemen, yaitu manager yang bertanggung jawab terhadap masalah perangkat lunak Mitos Pelanggan, yaitu pelanggan percaya bahwa manajer dan para pelaksana hanya sedikit bertanggung jawab pada masalah perangkat lunak Mitos Para Praktisi, yaitu pemrogram dilihat sebagai sebuah karya seni, cara dan kebiasaan lama tetap sukar lenyap.