MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

INTERAKSI Pertemuan ketiga – Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
RAGAM DIALOG.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Ir. Essy Malays Sari Sakti M.MSI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pemahaman bidang ilmu Teknik elektronika dan ilmu komputer untuk membuat antar muka/interface yang baik.
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
interaksi Interaksi Manusia - Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Interaksi manusia komputer
DIALOG.
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
RAGAM DIALOG.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI.
Dialogue Notation & Design Part-2
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI Asyafan Prismandara ( L200090048 ) Bayu Dwi Prasetya ( L200090062 ) Fadhlali Ghalib ( L200090065 ) Bayu Nurhuda ( L200090072 ) Wahyu Lulianto ( L200090081 )

Pendahuluan Fokus IMK adalah perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer dan menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.

Model atau jenis interaksi, antara lain : Command line interface (perintah baris tunggal) contoh : unix, linux, dos Menu (menu datar dan menu tarik) contoh : hampir semua software menggunakan menu Natural language (bahasa alami) contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

Question/answer and query dialogue contoh : mysql, dbase interaktif, dll Form-fills and spreadsheets contoh : excel, lotus, dll WIMP - Windows Icon Menu Pointer - Windows Icon Mouse Pulldown Menu yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.

Untuk membuat antarmuka dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu: Teknik elektronika & ilmu computer Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI. Psikologi Memahami sifat & kebiasaan, persepsi,pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna. Perancangan grafis dan tipografi Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer.

Ergonomik Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, Misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard,mouse, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja. Antropologi Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya. Linguistik Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah. Sosiologi Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

TERIMA KASIH