3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALAT OUTPUT.
Advertisements

ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat Keras 1. Keyboard 2.Scanner 3.CPU 4. Monitor 5. Printer
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
SOFTWARE AND HARDWARE KELOMPOK : JOEL LUIZ
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Unit kendali (control unit) dan Unit aritmatika dan logika (ALU).
Hardware Komputer.
Hardware Software Brainware
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Teknologi Informasi.
Bab 3 HARDWARE KOMPUTER.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
TEKNOLOGI INFORMASI & SFTWARE KOMPUTER (Materi 5 & 6)
Bab I Pendahuluan (Sekilas Mengenai Sistem Komputer)
SISTEM (HARDWARE) KOMPUTER
Desain Memori Utama Dan Semikonduktor Oleh : Dr. Ir. H. Sumijan, M.Sc.
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI
Aplikasi Teknologi Informasi I
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Pertemuan 08 Materi: Perangkat keras komputer Sumber materi:
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Perangkat Keras Komputer
Desain Sistem Informasi (Kebutuhan Hardware Dan Software
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
(Electronic Data Processing System)
computare to compute menghitung
Dasar Pemrosesan Komputer
BAHASA TENTANG Assasmbly
Pengantar Teknologi Informasi
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Diagram Komponen Umum Hardware
PERANGKAT MULTIMEDIA.
Sejarah komputer dan perkembangannya
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kumpulan Materi Kuliah
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Materi2.
Pengantar Teknologi Informasi
Hardware Komputer.
Modul II Bab 3: Hardware Komputer
Standar kompetensi: Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar Mendiskripsikan fungsi, proses.
HARDWARE (Sejarah Komputer)
Aplikom HARDWARE Pertemuan 2.
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Sejarah komputer dan perkembangannya
Khoiriyatul Mukhfiyah
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Informatika SEJARAH KOMPUTER BOOTING DAN SHUTDOWN PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KERAS DAN SISTEM OPERASI KUIS.
Transcript presentasi:

3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER Reference : O’Brien, James. Introduction to Information System. Chapter 1

Sejarah Komputer Generasi Pertama : Instruksi Spesifik (untuk satu tugas tertentu) Komputer memiliki kode biner berbeda-beda (Bahasa Mesin) Menggunakan Tube Vacum Menggunakan Silinder Magnetik Generasi Kedua Menggunakan transistor Tersedia komponen-komponen pendukung seperti printer, memory, dll Muncul Bahasa Pemrograman - Common Business-Oriented Language (COBOL) - Formula Translator (FORTRAN) Generasi Ketiga Menggunakan IC (Integrated Circuit) Menggunakan Operating System

Sejarah Komputer Generasi Keempat Memperkecil ukuran sirkuit Mikroprocessor Perkembangan Software (Word Processing, Speadsheet) CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, Core i3, i5, dll Penggunaan Jaringan Generasi Kelima Pengembangan artificial intelligence Menerima Instruksi secara lisan, visual Mengembangkan dirinya sendiri Superkonduktor Dll

Jenis-jenis Sistem Komputer Sistem Mikrokomputer Komputer Pribadi, Komputer Jaringan, PDA, Peralatan Informasi, Dll Sistem Skala Menengah Server Jaringan, web server, sistem multi-user, dll Server Perusahaan Sitem Mainframe Sistem Perusahaan, Super Server, Super Komputer, dll Ribuan Juta Instruksi per detik Pemrosesan Tingkat Tinggi Masalah komputasi yang Rumit

Konsep Sistem Komputer CPU Alat Output Mengkomunikasikan dan Mencatat Informasi Alat Input Memasukkan Data dan Instruksi ke CPU Unit Pengendalian Menginterpretasikan instruksi dan mengarahkan pemrosesan Unit Logis Aritmatika Melakukan Operasi Aritmatika dan Membuat Perbandingan Sistem Bus Keyboard Mouse Layar Sentuh Pemindai Optik Dll Unit tampilan visual Printer Respons Audio Dll Processor Bertujuan Khusus Cache Memory Penyimpanan Primer (Memori) Menyimpan Data dan Instruksi Program selama Pemrosesan Alat Penyimpanan Skunder Menyimpan Data dan Program untuk Pemrosesan/ Disket Magnetis dan Unit Pita Disket Optik, Flashdisk Dll

Kecepatan Pemrosesan Komputer (micropocessor) MHz, GHz Ukuran Sirkuit Lebar Bus Kapasitas Register Cache Memory dll

Teknologi Alat Input, Teknologi Alat Ouput Monitor (LCD, CRT, dll) Printer (Dot Matriks, InkJet, laser, dll) Scanner Hardisk Driver CD/DVD Driver Perangkat Penyimpanan (Flash Disk, CD/DVD, dll) Periferal, Teknologi Alat Input, Teknologi Alat Ouput Keyboard Mouse Layar Sentuh Pen-based Computing Sistem Pengenal Suara (Speech Recognition) Printer Fax dll

Kecepatan Akses Meningkat Kapasita Penyimpanan Menurun SISTEM PENYIMPANAN Pita Magnetis Disk Optikal Disk Magnetis Memori Semikonduktor Kecepatan Akses Meningkat Kapasita Penyimpanan Menurun Memori Semikonduktor Penyimpanan Primer Penyimpanan Sekunder

SISTEM PENYIMPANAN Data disimpan dalam bentuk biner (1 dan 0). Elemen paling kecil dari data disebut bit. Kapasitas Memory biasa diukutr dengan byte (1 byte = 8 bit) Kombinasi bit membentuk suatu karakter tertentu. Contoh code ASCII (American Standard Code for Information Interchange) Karakter Code ASCII 00110000 A 01000001 1 00110001 B 01000010 2 00110010 C 01000011 3 00110011 D 01000100 4 00110100 E 01000101 5 00110101 F 01000110

Direct Access & Random Access Elemen Data atau Perintah dapat secara langsung disimpan dan ditarik kembali Memiliki alamat yang unik Dapat diakses dalam waktu yang bersamaan Akses Berurutan Tidak memiliki alat penyimpanan sendiri Tidak dapat secara langsung diakses Random Access Memory (RAM) Setiap posisi memory dapat dibaca dan ditulis Volatil Read Only Memory (ROM) Memory hanya bisa dibaca, tidak dapt ditulis, ditumpuk, atau dihapus Non-volatil Disk Magnetis Disket (Floppy Disk) Hard Disk  menggabungkan disk magnetis, tangan pengakses, dan kepala pembaca/penulis RAID (Redundant Arrays of Independent Disk) Disk Optical