HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
Advertisements

Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendidikan Agama Islam
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Materi IV Akhlak Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam
ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM
OLEH : 1.JENAL ABIDIN NURFALAH 2.HASBI A.A 3.TRI SUTARNO 4.CIPTA MAULANA SOLEH 5.WIDIYANTO 6.HENDI ARIF. K FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FPAI) UNIVERSITAS.
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
Filsafat Pendidikan Islam
Miftachul Choiriyah. Motivasi sebagai Substansi Kehidupan Motivasi adalah Kristalisasi formula-formula visi, misi serta orientasi yang terpadu dan terintegrasi.
Kelompok 7 : Anis Suryani Dadang Ashari Noviyaningsih
AKHLAK Secara etimologis, kata akhlak berasal dari bahasa arab ( أخلاق ) dalam bentuk jama’, sedang mufradnya adalah khuluq ( خلق ), yang dalam Kamus Munjid.
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
Pertemuan Ke-9.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Bab 4 Iman, Ilmu dan Teknologi
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Pendidikan Agama Islam I
SISTEM POLITIK ISLAM.
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
ETIKA, MORAL DAN AKHLAK DALAM ISLAM
PENDIDIKAN ISLAM ATAU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM?
DEFINISI MAHA LUAS Pendidikan adalah Hidup.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
Oleh: Edi Suwanto dan Muhammad Suderajat
BISMILLAHIR-RAHMANIR-RAHIIM
PENDIDIKAN MERUPAKAN KEBUTUHAN VITAL MANUSIA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FILSAFAT PENDIDIKAN MK 115
HADITS IJTIMA’I.
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
السلام عليكم ورحمت الله وبركاته
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN DAN MENDIDIK
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
BAB III ISLAM DAN PERADABAN
DASAR-DASAR PELAKSANAAN PENDIDIKAN
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Oleh: KARYOTO WIRO SANTOSO
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
TAHAPAN PENDIDIKAN DALAM ISLAM
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
IDA Islam dan Peradaban
Islam Juga untuk Anak-anak
MODUL IHES 1 Natijah Kemenjadian IHES
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
FALSAFAH DAN AMALAN PENDIDIKAN ISLAM
MODUL IHES 1 Natijah Kemenjadian IHES
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
MODEL PENGURUSAN ISLAM.
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Transcript presentasi:

HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Oleh : Khomisah, M.A.

Pengertian Pendidikan Agama Islam merupakan pewarisan dan perkembangan budaya manusia yang bersumber dan berpedoman pada ajaran Islam Al-Qur’an & As-Sunnah humanisasi upaya memanusiakan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiannya Terminologi Pendidikan Agama Islam berorientasi tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan agama yang sifatnya Islamologi, melainkan lebih menekankan aspek mendidik dengan arah pembentukan pribadi muslim yang ta’at, berilmu dan beramal shalih

Rumusan Pendidikan Agama Islam 1. Zuhairini (1986) usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya hidup sesuai dengan ajaran Islam 2. Tayar Yusuf (1986) usaha sadar generasi tua untuk mengalihkan pengalaman pengetahuan, kecakapan dan keterampilan kepada generasi muda agar kelak menjadi manusia Muslim, bertaqwa kepada  Allah swt., berbudi luhur, dan berkepribadian luhur, yang memahami, mengahayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya 3. Departemen Agama RI Berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah diyakininya secara menyeluruh serta menjadikan agama Islam sebagai suatu pandangan hidup di dunia dan akhirat kelak

Tujuan & Fungsi Tujuan: beberapa pendapat 1. Ahmad Supardi (1979) membenamkan taqwa dan akhlak serta menegakkan kebenaran untuk membentuk manusia yang berkepribadian luhur menurut ajaran Islam 2. Ahmad D. Marimba (1984) terbentuknya orang yang berkepribadian Muslim atau Islami 3. Syed Naquib Al-Attas (1994) menanamkan kebajikan dalam “diri manusia” sebagai manusia dan sebagai diri individu al-insan al-kamil Abdullah (hamba Allah) dan Khalifah fi al-Ardl (wakil Allah di muka bumi)

sistem pendidikan Islam harus merefleksikan ilmu sistem pendidikan Islam harus merefleksikan ilmu pengetahuan dan perilaku Rasulullah, serta berkewajiban mewujudkan umat Muslim yang menampilkan kualitas keteladanan Nabi Saw Fungsi Membimbing, mengarahkan, dan menuntun pendidik dan peserta didik agar selalu berpedoman kepada dasar pendidikan Islam, yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Konsep Dasar Konsep Dasar Pendidikan Agama Islam 1. Ta’dib kata benda dan mempunyai kata kerja addaba yang berarti mendidik 2. Tarbiyyah Rabba, yang dalam Al-Qur’an diartikan sebagai mencipta, memelihara, memenuhi kebutuhan dan menyempurnakan cakupan atau objeknya luas, yaitu manusia dan alam semesta. 3. Ta’lim ‘allama artinya proses pengajaran dengan menggunakan seluruh indra yang dimiliki manusia selanjutnya direkam oleh akal (nalar)

Syed Naquib al-Attas Memilih istilah (lafad) ta’dib, daripada Tarbiyah atau Ta’lim 1. hasil analisa dari sisi semantik dan kandungan yang disesuaikan dengan pesan-pesan moralnya mendidik atau memberi adab 2. Pendidikan Islam proses internalisasi dan penanaman adab pada diri manusia 3. Adab merupakan salah satu misi utama yang dibawa Rasulullah yang bersinggungan dengan umatnya sabdanya: “Tuhanku telah mendidikku (addaba), dengan demikian membuat pendidikanku (ta’dib) yang paling baik (HR. Ibn Hibban) 4. Pendidikan tidak hanya berbicara yang teoritis, melainkan memiliki relevansi secara langsung dengan aktivitas di mana manusia hidup ilmu dan amal harus berjalan seiring dan seirama.

5. Perbedaan antara ta’dib dan tarbiyah adalah terletak 5. Perbedaan antara ta’dib dan tarbiyah adalah terletak pada makna substansinya Tarbiyah menonjolkan pada aspek kasih sayang (rahmah) Ta’dib selain dimensi rahmah juga bertitik tolak pada aspek ilmu pengetahuan Agama Islam berarti mencakup seluruh unsur- unsur pengetahuan, pengajaran, dan pengasuhan yang baik 6. Penekanan pada segi adab dimaksudkan agar ilmu yang diperoleh dapat diamalkan secara baik dan tidak disalahgunakan menurut kehendak bebas pemilik ilmu ilmu tidak bebas nilai (value free) tetapi sarat nilai (value laden) nilai-nilai Islam yang mengharuskan pelakunya untuk mengamalkan demi kepentingan dan kemaslahatan umat manusia

Referansi Al-Attas, Syed Naquib, 1994. Konsep Pendidikan Dalam Islam, Suatu Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Haidar Baqir. cet.IV. Bandung: Mizan. Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ismail SM. dkk. [ed.]. 2001. Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kholiq, Abdul dkk., 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Marimba, Ahmad D., 1984. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al- Ma’arif. Muhaimin, dkk. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigenda Karya. Zuhairini. 1984. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Proyek Pembinaan Perasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN, Jakarta.