Representasi Pengetahuan II

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REPRESENTASI PENGETAHUAN - 2
Advertisements

REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Referensi : Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya, Yogayakarta, Graha Ilmu, 2003 Pandjaitan, Lanny. Dasar – Dasar Komputasi Cerdas,
Mulai Baca x x>x; if(x
FUNGSI Deklarasi dan Definisi fungsi Void dan Non-void Fungsi main.
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Pengantar Skema sosial Heuristik dan Informasi Bias Kognisi sosial
VISKA ARMALINA S.T.,M.ENG REPRESENTASI PENGETAHUAN-3.
Soal Flowchart.
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN.
Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
JARINGAN SEMANTIK PERTEMUAN MINGGU KE-7.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Respresentasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
MENGHITUNG STATISTIKA DESKRIPTIF
CONNECTING COMPONENT Pertemuan 21-22
Representasi Pengetahuan II.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
BINGKAI (FRAME).
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Pertemuan 4 Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan lanjut
Soal Flowchart.
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Pertemuan 11 Structure Class
Script 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Pemodelan Sistem Bisnis
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
STATISTIKA OLEH : DHANU NUGROHO SUSANTO.
Pertemuan 9 Structure Class
Pertemuan 20 Use Case Diagram
Sistem Berbasis Pengetahuan
LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
Tugas Kelompok Kasus Rumah Makan
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Algo & Struktur Data Lanjutan
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Pohon Keputusan Kecerdasan Buatan Oct 2017
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Teknik Representasi Pengetahuan pada Game “Block Breaker” Arly Puja Nugraha Deriza Muhammad Alfarizi Hagi Hadiansyah Muhammad Luthfi Naufal Rivan Mulyana.
Representasi Pengetahuan
Kecerdasan Buatan Pertemuan 02 Reperentasi Pengetahuan.
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM)
TEMPAT PARKIR BERAPA BANYAK MOBIL YANG BISA PARKIR ?
Klasifikasi metode pelayanan makanan Melayani sendiri (self service)
Transcript presentasi:

Representasi Pengetahuan II Dian Rachmawati

Frame Minsky 1975 Dipandang sebagai struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan objek – objek yang telah dipahami. Frame berupa ruang – ruang (slots) yang berisi atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan

Bentuk Umum Frame SLOT  merupakan atribut/properti yang menjelaskan representasi dari frame SUBSLOT  menjelaskan pengetahuan dari atribut pada slot

Isi Subslot Value :Menjelaskan tentang nilai dari suatu atribut Default : Nilai yang digunakan jika subslot kosong Range : Menandakan jenis informasi yang muncul dari slot tersebut adalah interval If needed : Prosedur yang dijalankan jika sebuah nilai diperlukan namun tidak tersedia atau default tidak sesuai

Isi Subslot If added : Prosedur yang dijalankan jika terdapat nilai yang ditambahkan pada subslot If Removal : Prosedur yang dieksekusi jika sebuah nilai dihapus atau tidak dipakai lagi

Hirarki Frame Kebanyakan sistem AI menggunakan kumpulan frame yang terkait satu dengan yang lainnya secara bersama – sama

Script Dikembangkan oleh Schank dan Abelson dari Univ Yale Frame  Objek Script  Peristiwa Informasinya orang, objek dan tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa

Komponen Script Masukan  Situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku peristiwa yang ada dalam script Prop  Mengacu pada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi Role  Mengacu pada orang – orang yang terlibat dalam script

Komponen Script Hasil/Output  adalah kondisi yang ada sesudah peristiwa dalam script berlangsung Track  variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu. Track mengacu pada variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu Scene  Menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi

Contoh Frame script  restoran track  restoran swalayan role  tamu, pelayan prop  counter, baki, makanan, tisu, dll kondisi masukan  tamu lapar, tamu punya uang adegan (scene 1)  masuk tamu parkir mobil tamu masuk restoran tamu duduk tamu baca menu adegan (scene 2)  memesan tamu memesan pelayan membawa makanan pelayan meletakkan makanan di meja tamu membayar adegan (scene 3)  makan hasilnya  tamu kenyang, uang tamu berkurang, tamu senang