Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)
Interaksi Manusia dan Komputer
Teknik Sistem Informasi Industri
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
 Model-model yang akan dibahas berikut ini merepresentasikan user pada saat mereka berinteraksi dengan interface sistem.  Model ini menyertakan aspek.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Teori, prinsip dan pedoman IMK
Dialogue Notations and design
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
Presentasi dan properti leksikal MODEL PENGGUNA KOGNITIF
HUMAN COMPUTER INTERACTION
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi ( )
Model pengguna (Kognitif)
TEKNIK EVALUASI.
Interaksi Manusia dan Komputer
Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
PENDAHULUAN MATA KULIAH SISTEM OPERASI TIF51 Pertemuan ke-2
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip dan Pedoman
Pertemuan 11 Model Kognitif.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
10 Perancangan Arsitektural
Pertemuan Kedua Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Pengantarmukaan Periferal Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan Kesepuluh Model kognitif
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan Sistem Pakar
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Model pengguna (Kognitif)
PENGENALAN KONSEP IMK.
AKUISISI DATA.
Robotika Dasar AKUISISI DATA.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Model pengguna (Kognitif)
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer 8 Interaksi Manusia dan Komputer By : Andi Latifa Nabone

Pendahuluan Pada pertemuan kali ini akan membahas model pengguna pada interaksi manusia dan komputer. Berikut beberapa model pengguna seperti : User Requirement model, yang berhubungan dengan kebutuhan user. Cognitive model, yang berhubungan dengan user sistem interaktif.

Model Kognitif Model Kognitif adalah suatu model yang berhubungan dengan sistem interaktif yang memodelkan aspek pengguna, pemahaman, pengetahuan, tujuan dan pemrosesan. Kategorisasi umum dari model ini adalah kompetensi, kinerja, selera komputasi, tanpa disertai pembagian yang jelas.

GOMS Goal adalah suatu tujuan yang ingin dicapai oleh user. Operator merupakan level terendah analisis, yang terdiri atas tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan sistem. Methods, dengan adanya beberapa cara untuk membagi tujuan ke dalam beberapa sub-tujuan. Selection merupakan pilihan terhadap metode yang ada.

CCT CCT (Cognitive Complexity Theory) yang diperkenalkan oleh Kieras dan Polson. CCT adalah perluasan dari GOMS itu sendiri. CCT mengandung banyak prediksi (kemungkinan). Pada CCT terdapat 2 deskripsi paralel : User Goal System atau device

Model Linguistik Model linguistik adalah suatu pemahaman dari perilaku pengguna dan kesulitan kognitif yang didasarkan pada analisis bahasa di antara pengguna dan sistem yang dalam hal ini penekanannya ada pada model-model dialog yang dibagi menjadi : Backus-Naur Form (BNF) Task-Action Grammar (TAG)

Model Fisik dan Peralatan Model fisik dan peralatan yang berdasarkan pada pengetahuan empiris dari sistem motorik manusia. Tugas pengguna adalah akuisi dan kemudian dieksekusi. Model fisik dan peralatan hanya berhubungan dengan eksekusi yang saling melengkapi dengan hierarki tujuan.

Model Arsitektur Kognitif Pada model ini dengan bentuk formal yang telah kita bahas sebelumnya yang memperlihatkan model implisit dan eksplisit bagaimana user melakukan proses kognitif dalam melaksanakan tugasnya. Seperti : GOMS dan CCT. Pada model ini membahas mengenai prediksi dan pemahaman terhadap kesalahan yang merupakan fokus dari analisis yang dilakukan.

Model Ruang Permasalahan Secara umum ruang permasalahan merupakan suatu masalah yang terjadi pada waktu terjadinya interaksi manusia dan komputer. Untuk memperkecil ruang masalaha ada beberapa hal-hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya : Mendefinisikan masalah dengan tepat. Menganalisis masalah tersebut serta mencari berbagai teknik penyelesaian masalah yang sesuai. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.

Interaksi Berbasis Tampilan Pada masa sekarang ini interaksi berbasis tampilan telah banyak di pasaran, seperti telepon seluler yang sudah memiliki pengindra bau untuk mendeteksi bau di lingkungannya. Menjalankan komputer, membuka pintu, dan yang lain sebagainya pun dapat dilakukan dengan menggunakan pengenalan suara.

SEKIAN