PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK #PERTEMUAN 1
APA ITU PROGRAM DAN PEMROGRAMAN?? PROGRAM : Suatu bentuk aplikasi atau bisa juga disebut software yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman dan dapat menyelesaikan suatu Tugas, Fungsi, Perhitungan dengan menggunakan komputer PEMROGRAMAN : teknik untuk membuat suatu Program dengan menggunakan Bahasa Pemrograman
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek
PERBEDAAN PROSEDURAL DAN OOP BAHASA PROSEDURAL Tugas diselesaikan ddalam bentuk fungsi atau prosedur Program merupakan suatu urutan instruksi Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama Data bersifat pasif OOP Program merupakan serangkaian objek yang saling bekerjasama untuk menyelesaikan masalah Fungsi dan data bukan menjadi dua hal yang terpisah Fungsi dan data disebut sebagai objek aktif
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN OOP Reusable Program lebih terstruktur Lebih mudah dikembangkan Bersifat natural dan alami User friendly
CLASS DAN KARAKTERISTIKNYA Merupakan prototipe atau template untuk membuat suatu objek KARAKTERISTIK : Didalam class dapat mendeklarasikan variabel Dapat menciptkan objek Class memiliki anggota yang terdiri dari atribut dan method
OBJEK DAN KARAKTERISTIKNYA Merupakan entitas dari suatu class atau benda benda yang terdapat di dunia nyata KARAKTERISTIK : Setiap objek memiliki atribut sebagai status (state) Setiap objek memiliki tingkah laku (behavior) Penggambaran pada OOP = penggambaran pada dunia nyata
ATRIBUT DAN KARAKTERISTIKNYA Data yang membedakan antara objek satu dengan objek lainnya KARAKERISTIK : Dalam class, atribut disebut sebagai variabel Jumlah atribut pada setiap objek berbeda-beda
BEHAVIOR DAN KARAKTERISTIKNYA Merupakan tingkah laku atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh suatu objek dari suatu class KARAKTERISTIK : Dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut dari suatu objek Dalam class, behavior disebut sebagai method Dapat mengembalikan suatu nilai Dapat menggunakan suatu parameter
KONSEP DASAR OOP Fokus terhadap tugas yang dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah yang ada Setiap objek menyediakan service yang dapat digunakan oleh pihak lain Setiap objek memiliki peran yang harus dimainkan
KONSEP DASAR OOP Encapsulation : menyembunyikan cara kerja dan sistem Data abstraction : menyamarkan data-data yang ada Inheritance : pewarisan atribut dan method pada suatu class, dan pewarisan objek untuk mewarisi ciri-ciri objek lainnya Polymorphism : satu nama dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda namun berhubungan satu sama lain
COMPILE DAN RUNNING PADA JAVA Javac namafile.java RUNNING Java namaclass
FINISH #PERTEMUAN 1