PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008, The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 The McGraw-Hill Companies, Inc.
Advertisements

Marketing Management Direct Marketing and Online M-9 1 Tony Soebijono Copyright 2009 Pearson Education Inc.
Pengenalan Internet Surfing – Browsing – Searching - – Chatting – SMS – E-card – Download – Servise - Advertising Nanik Triana, M.Kom.
Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 7
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
Konvergensi Media dan Trend Media Massa Saat Ini Pertemuan 25 & 26
E-Commerce Oleh : Dian Meithasari ( )
Pengantar e - Commerce.
Mengenal E-Commerce Kelompok 5 Eli Ernawati.
Model Bisnis E-Commerce
E-COMMERCE Komunikasi Pasar dan Branding
The Future: Opportunities in The Internet, Media, and Digital World Juliana Maisyara, STP, CMM P
Online PR Judhie Setiawan
Marketing Management E - Commerce M-12 1 Tony Soebijono Copyright 2009 Pearson Education Inc.
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
E-Business Pertemuan 1 e-Business Tim Dosen. Mengapa perlu membuka bisnis Online?
ABOUT NEW YORK TIMES New York Times (NYT) merupakan sebuah koran harian di Amerika yang pertama kali diterbitkan sejak September 18, Diterbitkan.
Personel brand and corporate brand
Consumer Behavior Online
Media Baru: From Nothing to Something (Studi Kasus Pemanfaatan Media Oleh Trinity Via Blog Naked-traveler.com dan The S.I.G.I.T Via Situs Myspace.com Dalam.
SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS
Tipe-tipe transaksi melalui E-Commerce
New Media: New technology, New Ideas or New Headaches
Matakuliah - New Media Disusun oleh : Ilhamsyah Sonson Nurusholih
Corporate Blogging.
Pemanfaatan Sumber Belajar
Peranan CPR dan MPR Euis Nurul B, M.Si.
MEDIA SOSIAL di ERA KETERBUKAAN INFORMASI
Materi ke-1 Pengantar eBisnis Dosen: L. Erawan.
Teknologi Social Media
INFRASTRUKTUR E-BUSINESS
Materi Pertemuan ke-4 Sistem Informasi E-Business
MERANCANG & PROMOSI SISTEM E-BISNIS
Pengantar e - Commerce.
Sistem Informasi E-Business
Sangra Juliano Prakasa, S.I.Kom
Kelompok IV Pramitas Sariatin Eka Novia Saputri
Matakuliah - New Media Minggu 3 : Case Study 2 Disusun oleh :
KONSEP DASAR E-COMMERCE Pertemuan 4
(Electronic Public Relations)
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
Pengantar e - Commerce.
KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
Model Bisnis eCommerce
PENGGUNAAN MEDIA BARU DALAM KEHUMASAN
Pelaporan dan Pengungkapan Keuangan
Information System Today
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Personel brand and corporate brand
Copyrights teknik perkapalan ITS 2013
Pemasaran online SMK Profita Bandung.
Oleh : Nanik Triana, M.Kom
perencanaan online public relations
MERANCANG PEMBUATAN WEBSITE
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi Social Media
INTERNET Adhi Gurmilang.
Sistem Informasi Manajemen
Perencanaan Model Bisnis E-Commerce GENAP 2009/2010
PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE CLOTHING ONLINE SHOP (BRAND OF SOENDA INDONESIA) OLEH: ADI IKHSAN M/
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Pengantar Public Relations Kontemporer
Model Bisnis eCommerce
MANAGEMENT SYSTEM Web Application Desktop MiddleWare - Back End
PENGANTAR CORPORATE COMMUNICATIONS
Konsep Dasar Jaringan Komputer
Oleh : Juniar Atmakusuma, Ir, MS
RAGAM MEDIA HUMAS ONLINE
Online Media Relations
Transcript presentasi:

PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS ONLINE PUBLIC RELATIONS

pengantar Bisnis lama: kendali di perusahaan (ekskutif perusahaan) bisnis baru: individu (pegawai, konsumen, media, investor). penting: kebutuhan, keinginan, opini, ide perubahan meliputi komunikasi digital: blogs dan komunitas sosial reputasi perusahaan dibentuk oleh manajer senior melalui corporate ladder dan disebarkan kepada stakeholder tanpa diskusi.

A stakeholder is any individual or group that can affect and be affected by the actions of a corporation. Universally, the most common and influential stakeholders include employees, customers, media,

dahulu, stakeholder hanya memiliki interaksi terbatas dengan perusahaan. pesan dirancang oleh eksekutif untuk kelompok spesifik dan tidak ada kesempatan untuk komentar dan reaksi. Web 2.0 memberikan kesempatan untuk komunikasi, membangun komunitas, penyebaran pesan, antisipasi krisis. stakeholder dapat talk back, diskusi, perbandingan data, penafsiran informasi perusahaan menurut mereka sendiri. butuh redefinisi strategi dan brand dalam konteks komunikasi digital.

strategi belajar mengendalikan kekuatan komunikasi digital dengan melakukan integrasi digital pada strategi dan fungsi bisnis.

lingkungan bisnis 3.0: evolusi bisnis adalah sesuatu yang penuh dengan penipuan dan penyesatan; skandal. kepercayaan menjadi sesuatu yang mahal. kredibilitas dan reputasi.

munculnya online media fragmentasi media. kemunculan internet. world wide web. perubahan konsumsi media. strategi baru untuk menjangkau audiences. kebutuhan: komunikasi dinamis, interaktif dan original.

web 1.0 web 1.0: internet primitive. strategi komunikasi perusahaan adalah eksekutif mendorong pesan kepada stakeholder dan tidak kesempatan untuk respon balik. halaman statis dengan koneksi modem telepon. muncul corporate web pages. dot com everywhere. dot com bust.

web 2.0: lingkungan kolaborasi yang mendorong kreasi dan pertukaran untuk user generated content melalui saluran seperti blog, wiki dan jaringan sosial.

skandal menghancurkan kepercayaan pada perusahaan; stakeholder empowerment tools skandal menghancurkan kepercayaan pada perusahaan; fragmentasi media online melahirkan tempat bagi konsumen untuk mendapatkan informasi dan komunikasi satu sama lain. Blogs Social networks Video-sharing platforms Search engine marketing and optimization Corporate Web sites/online newsrooms Wikis Mash-ups Viral/word-of-mouth (WOM) marketing

perubahan pada media semua orang dapat menjadi jurnalis dengan adanya internet. berita internet lebih cepat dari berita media tradisional. media tradisional pun membuat versi dot.com-nya. konsumen: brand evangelist. menciptakan konten, brand referensi dan sumber informasi mengenai perusahaan. karyawan: memiliki saluran online; pengaruh kepada reputasi perusahaan. investor: mencari informasi dan komunikasi dengan stakeholder lainnya.

model bisnis 3.0: perubahan strategi perusahaan

model bisnis inovatif. entreprise model: revenue model: industry mode: spesialisasi dan konfigurasi ulang model bisnis. outcome: greater value apa yang dapat diproduksi dan kolaborasi. eg: cisco and outsorcing. entreprise model: merubah bagaimana sumber pendapatan melalui new value proposition dan new pricing model. eg: Gillette new model. revenue model: definisi ulang industry yang ada, pindah ke industry baru atau menciptakan industri yang baru sama sekali. eg: industry music, iPod dan iTunes. industry mode:

studi kasus: pemerintahan indonesia problem: politik dan ekonomi. politik: transfomasi birokrasi dan pelayanan, pemilihan kepala daerah, saluran media, ekonomi: infrastruktur, modal, investasi, SDM, cost, perijinan, pasar, perubahan model bisnis? penerapan komunikasi digital pada pemerintah?

terima kasih