Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan KOMPUTER & MASYARAKAT
Komputer di dunia Pendidikan Komputer untuk pendidikan Komputer Online: Training Online Ujian online Komputer stand alone Penggunaan CD interaktif ebook 2
Type-type penggunaan kompter utk pendidikan yg bisa dipakai non interaktif,murah ke mahal Tugas dikumpul via disket, CD Bahan hard copy, baca di internet Akses ke buku, arsip, atlas, galery online Software presentasi Kuliah dalam bentuk video Kelas non interaktif berbasis web
Interaktif murah ke mahal Milis, kontak tutor & mhs via email Tugas dikirim via email Ujian mandiri di internet Modul belajar berbasis web Kelas tradisional berbantukan komputer Kelas interaktif berbasis web
Beberapa Istilah yang sering digunakan Computer Assisted Instruction (CAI) Computer Base Training (CBT)
CBI: COMPUTER BASED INSTRUCTION: semua software pendidikan yg diakses melalui komputer di mana anak didik dapat berinteraksi dengannya
Keuntungan Penggunaan Komputer untuk Pendidikan Adalah dapat mengatasi beberapa keterbatasan: 1. Biaya 2. Waktu 3. SDM / instruktur 4. Aspek budaya
serangkaian program disajikan baik berupa informasi maupun latihan soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu, pembelajar melakukan aktifitas belajar dengan berinteraksi dengan sistem komputer
4 MODEL PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI CBI 1.Drill and practice (pengulangan dan praktek) contoh conversation, matematika, membaca Al-Quran 2. tutorial 3. simulasi 4. games instructional
Model Tutorial bertindak sebagai tutor atau guru menyajikan informasi sebagai konsep baru melalui monitor. siswa harus berpartisipasi aktif materi diberikan dulu dalam satu sub pokok bahasan baru soal latihan respon siswa dianalisis komputer baru kemudian siswa diberi umpan balik dalam CAI sebaiknya disajikan pula alternatif percabangan dari pokok bahasan sesuai dengan kebutuhan siswa
program CAI harus dapat menyesuaikan dengan kecepatan dan tingkat kemampuan siswa CAI tutorial tidak dapat meniru kecerdasan seorang guru dalam berinteraksi dengan siswa. keutungan CAI tutorial: interaksi belajar belajar secara individual (prestasi kecepatan belajar ditentukan oleh siswa) efisiensi
keuntungan games instructional: kemampuannya untuk mendorong motivasi tinggi siswa karena terdapat aspek kompetisi namun harus tetap menggunakan nilai-nilai pendidikan sebagai tujuan utama.
aspek penting dalam CAI 1. umpan balik: 2. percabangan 3.penilaian 4.monitoring kemajuan: 5.Petunjuk 6. Tampilan
1. umpan balik: komentar, pujian, peringatan, atau perintah tertentu bahwa respon siswa tersebut benar atau salah. juga berupa informasi kemajuan belajar misalnya jumlah skor yang benar dari sejumlah soal yg diberikan. akan lebih menarik bila disertai dengan animasi.
2. percabangan adalah alternatif jalan yang perlu ditempuh oleh siswa dalam kegiatan belajar melalui program CAI. misal bila siswa mendapat skor tertentu, siswa dapat langsung ke tingkat atas. bisa juga dengan cara, metode percabangan yang dapat dikontrol siswa. misalnya seorang siswa yang merasa sulit dapat mempelajari lebih lanjut, kemudian dapat kembali ke topik semula.
3.penilaian hasil penilaian perlu didokumentasi secara otomatis sehingga guru dan siswa dapat mengaksesnya sewaktu2. 4.monitoring kemajuan: sebelum ke materi, diberi ulasan materi sebelumnya, juga berupa informasi apa yang sedang dipelajari dan materi berikutnya.
5.Petunjuk variasi kata: jawaban anda hampir benar. juga program HELP yang dapat dipanggil 6. Tampilan jenis informasi: teks, gambar, suara, animasi, atau video klip. ilustrasi dan warna jangan sampai mengecohkan. komponen tampilan: judul materi yg sdg dipelajari, perintah maju, mundur atau berhenti.
merancang CAI/ software Pembelajaran 1. identifikasi kebutuhan a. kebutuhan siswa b. lingkungan belajar di mana program akan digunakan c. hambatan yg terdapat dlm program d. tujuan umum/ khusus:target pembelajaran e. penilaian 2. desain 3. implementasi
Buku Referensi Sri Kusumadewi, dkk, “Informatika Kesehatan”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009 Bab Computer Assisted Instruction untuk pembelajaran Medis