BAHAN KULIAH HUKUM JINAYAH Oleh : Airi Safrijal BENTUK2&UNSUR2 JARIMAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lanjutan faktor penyebab dari s/ akibat : Contoh utk pendapat Profesor Van Bemmelen : “X melukai tangan Y dengan menggunakan sebilah pisau. Beberapa orang.
Advertisements

Sabtu, 14 Mei Kebutuhan fisiologis: kebutuhan paling dasar dr hdp manusia Ex: makan, air, kebutuhan seksual, termasuk perlindungan kesehatan. Kebutuhan.
KREDIT DALAM ISLAM Islam menyeru kepada seluruh kaum muslimin untuk membantu orang yang lemah, memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan dan lain sebagainya.
OLEH MUNAWAR KHOLIL, SH MH
DEWI NURUL MUSJTARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
1. SDM (supportif): untuk membantu peg agar berprestasi lebih baik, menjadi org yg lbh bertanggung jawab dan berusaha menciptakan suasana dimana mrk dpt.
Hukum Pidana Islam Rabu, 19 Desember Masih Relevankan Hukum Pidana Islam diterapkan?  Jawabannya: Tentu masih. Sebagai sistem hukum yang telah.
METODE MEMAHAMI ISLAM AGAMA ISLAM DIYAKINI MEMILIKI SEGALA KESEMPURNAAN DAN AJARAN YANG LENGKAP, TETAPI TERKESAN KAKU DAN MENJADI BEBAN KARENA DISAMPAIKAN.
Teori HUKUM PIDANA oleh : YANA INDAWATI,SH.,M.KN
PROSEDUR DARURAT BAHAN KIMIA
4/8/2017 Manusia dan Harapan Setiap manusia memiliki harapan yg berbeda-beda. Harapan sso tergantung pd pengalaman, pengetahuan, lingkungan hidup, serta.
HUKUM PERDATA (Pengertian, Asas, Hak-hak Keperdataan Warga Negara, dan Hak-hak Masyarakat Hukum Adat) Oleh Sudi Prayitno Disampaikan dihadapan.
FAKULTAS HUKUM UPN "VETERAN" JATIM SURABAYA
Manusia dan Kegelisahan
TOERI-TEORI ORIENTASI THE FIELD
KEKUASAAN, PENGARUH DAN LEGITIMASI
JINAYAH By Abdul Muthalib. JINAYAH Secara terminologi → perbuatan yang dilarang oleh syarak karena dapat menimbulkan kerusakan agama, jiwa, akal, dan.
Karisma Sukmayanti, M.A PS.Psikologi-Unud
Manusia dan Tanggung jawab
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
Manusia dan pandangan hidup
Tindak Pidana Pembagian Tindak Pidana (Jenis Delik)
Kuliah ke 3 dan 4 PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT.
Kuliah Hk Perikatan Islam FHUI Oleh : Dr. Gemala Dewi, SH., LL.M
PERSEKUTUAN PERDATA (burgerlijke maatschap)
HUKUM PERORANGAN & KEKELUARGAAN ISLAM
HUKUM LINGKUNGAN DAN PELAKSANAANNYA
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
Kuliah Hk Perikatan Islam FHUI Oleh : Dr. Gemala Dewi, SH., LL.M
11. INDIKATOR & PEMANTAUAN MUTU LAYANAN KESEHATAN
FIQIH JINAYAAT Oleh: Muhaimin, S.H.,M.Kn.
HUKUM SYARA’ (1).
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
PERTANGGUNGJAWABAN NEGARA
Pertemuan ke 10 muammalah
ZAKAT DAN PAJAK oleh Farida P
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)
Macam-macam Delik.
PERTEMUAN KE 5 PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK.
Perbuatan Melawan Hukum
Faiq Tobroni, SHI., MH. Pertemuan Kesembilan
PEMBAGIAN TINDAK PIDANA
TEORI MURRAY PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.
Pengertian & Relevansi HHI dalam Studi Hubungan Internasional
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan.
PRINSIP HUKUM MUAMALAT
Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi
Pertanggungjawaban pidana dalam islam
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
DISUSUN OLEH : ABDUL KARIM ARMI MASMUN ROGAYAH
HUKUM PEMBUKTIAN PIDANA
H.ACARA PID Oleh: Airi Safrijal Pengertian dan Bentuk2 Surat Dakwaan
Asas-Asas Hukum Pid Islam
فقه الجنايات (FIQH AL-JINAYAT)
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan Materi Kuliah PS.
BAHAN KULIAH HUKUM LALIN
PENYIDIKAN DAN PEMBUKTIAN DLM UU NO 32 THN 2009 TTG PPLH
ETIKA DAN TATA CARA BER-LALIN
MEMBANTU KLIEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengantar Ushul Fiqh (Pertemuan 1)
Pengertian Hukum Islam
Materi 1 Penemuan Hukum Oleh : Lita Tyesta ALW
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
EROPA I.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
PENGANTAR HUKUM EKONOMI
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

BAHAN KULIAH HUKUM JINAYAH Oleh : Airi Safrijal BENTUK2&UNSUR2 JARIMAH FAKULTAS HUKUM UNMUHA

BENTUK2 JARIMAH Hkm islm mngtur stiap aspek khdpan mnsia, baik yg brhub dg khdpan di dnia/akhirat. Hukm pid islm jg mngtur brbgai mcm bntuk2/jnis jarimah. Macam-macam jarimah sesuai aspek yang dilihat terbagi atas : Dilihat dari Pelaksanaannya; Aspek yg ditonjolkan dr prbtan jarimah ini adl bgmna si pelaku mlksnakan jarimah tsb. Apakah jarimah  itu dilksnakan dg mlkkan prbtan yg trlrang ataukah si pelaku tdk mlksnkan prbtan yg diperintahkan. Msalnya :

lnjtan..., Klu si pelaku mgrjakan prbtan yg trlrang, ia tlh mlkkan jarimah scra ijabiyyah, artinya aktif dlm mlkkan jarimah tdi, atau dlm bhs hkm positif dinamai delict commisionis. mk Si pelaku jarimah jns ini tlh mlkkan prbtan maksiat, spti mcri, berzina, dll. kebalikannya adl si pelaku jarimah salabiyah, artinya pelaku pasif, tdk brbuat sstu atau dlm hkm positif dinamai delict ommisionis, spti tdk mlkkan sholat, tdk mmbyar zakat, tdk mnlong org lain yg sngt mmbthkan pdhl dia snggp mlksnakannya.

B.  Dilihat dari Niatnya Pmbgian jarimah dr sdut pndang ini, trbgi ke dlm dua bagian : Prtma adl jarimah2 yg disngja/jaraim al-makshudah, yg diniati bahkan direncanakan. Kebalikan dr jarimah ini adl jarimah tdk disngja/jaraim ghoir makshudah. Bentuk jarimah ini dpt tjd krn kekeliruan. Prbtan krn kekliruan ini, sngja dilkkannya, nmn hsil yg didpt tdk dikhndaki oleh pelakunya : Spti sorg mlmpar batu utk mngsir bintang, tiba2 batu tsb mengenai org lain. 

C. Dilihat dari Objeknya Aspek ini jg dpt mmbdakan bntuk jarimah adl aspek korban, yaitu jarimah tsb mengenai prseorangan/kelompok masy. Jika yg mjd korban itu prseorangan disbt jarimah prseorangan&jk yg mjd korban itu masy disbt jarimah masy. Sebagian ulama mngtakan, bl korban tsb perseorangan,  jarimah tsb mjd hak adami (hak perseorangan), nmn bl korbannya masy, jarimah tsb mjd hak jama;ah (hak Allah).

D.  Dilihat dari Motifnya Dlm keseharian, kt sring mndngar kata2 tndk pid yg dikaitkan dg mslah kenegaraan, pemerintahan, atau sstu yg sifatnya politis. Jarimah politik adl jarimah yg dilkkan dg maksud2 politis&biasanya dilkkan olh org2 yg mmlki tujuan politik yg mmlki tujuan politik utk mlwan pemerintahan yg sah pd wkt situasi yg tdk normal, spti pemberontakan bersenjata, dll. Sdngkan jarimah2 yg tdk bermuatan politik dinamai jarimah biasa, spti mencuri, membunuh, berzina, dll, disbt jarimah (orang biasa).

E. Dilihat dari Bobot Hukuman Para ulama mmbgi mslh jinayah mjd tiga bagian : Pmbgian ini didsrkan thdp bobot hkman yg dikenakan thdp pelaku jarimah, sdngkan hkman itu sndri didsrkan atas ada tdknya dlm nas Al-Qur’an atau As-Sunnah.

Lnjtan..., Sebagian ulama dlm kaitannya dg aspek ini, memunculkan bentuk campuran ijabiyyah (aktif) dg salabiyyah (pasif), spti dicontohkan dlm kasus mslnya : sorg brmksud mmbunuh tawanan, nmun tdk dilkkan dg cra mmbnuhnya, mlainkan dg menahan yg brsngktan di satu tmp tnpa mmbrinya mkn/mnum sampai si tertawan itu mati. Maka si penawan td didakwa tlh mmbnuh dg tdk berbuat sstu, yaitu tdk mmbri mkn/mnum.

Pengertian jinayah/jarimah Mnglang sklas mtri mingg llu : “Jinayah menurut bahasa merupakan nama bagi suatu perbuatan jelek seseorang. Adapun menurut istilah adalah nama bagi suatu perbuatan yang diharamkan Syara’, baik perbuatan terebut mengenai jiwa, harta benda, maupun selain jiwa dan harta benda.” Jadi, pengertian jinayah adalah semua perbuatan yang diharamkan. Perbuatan yang diharamkan adalah tindakan yang dilarang atau dicegah oleh Syara’ (Hukum Islam). Apabila dilakukan perbuatan tersebut mempunyai konsekuensi membahayakan agama, jiwa, akal, kehormatan dan harta benda.

Unsur Jarimah Dalam Islam Adapun dlm hkm Islam, suatu prbtan bru dianggap sbg tndak pid apbla trpnuhi syarat dan rukun. Adapun rukun jarimah dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) yaitu: Rukun yg umum, artinya unsur2 yg hrs trpnuhi pd setiap jarimah. Rukun yg khusus, artinya unsur2 yg hrs trpnuhi pd setiap jnis jarimah atau unsur yg hny trdpat pd pristiwa pid (jarimah) ttntu&brbda antara jnis jarimah yg stu dg jnis jarimah lainnya.

Abdul Qadir ‘Audah mngmkkan, bhw unsur2 umum jarimah ada tiga, yaitu: Unsur formil (rukun syar’i) yaitu adanya nash (ketentuan) yg mlrang   prbtan itu&mngncamnya dg hkman. Unsur materiil (rukun maddi) yaitu: adanya tingkah laku yg mmbntuk jarimah, baik brpa prbtan2 nyata (positif) maupun sikap tdk brbuat (negatif). Unsur moril (rukun adabi) yaitu: unsur yg mnytakan bhw plku adl mukallaf, yakni org yg dpt dimintai prtnggungjwban thdp jarimah yg diperbuat.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH