LANDASAN TEORI DALAM KOMUNIKASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FUNDASI PENELITIAN KUALITATIF
Advertisements

SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
TEORI ANTROPOLOGI NON POSITIVISTIK
MEMILIH METODE PENELITIAN
Metodologi Penelitian
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
PENGKAJIAN ILMIAH PERSPEKTIF TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Aksiologi Dalam Ilmu Pendidikan
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
MPS PENDEKATAN DAN KARAKTERISTIK PENELITIAN KUALITATIF.
PENDEKATAN & KARAKTERISTIK PENELITIAN KUALITATIF
Pendidikan sebagai Ilmu
Penelitian Kualitatif
METODE ILMIAH DEWI HASTUTI, S.Pt., M.P.
ILMU DAN PENELITIAN Sub Pembahasan : 1) Ilmu dan Penalaran 2) Penelitian ilmiah 3) Proposisi dan Teori Dalam Penelitian 4) Metode Penelitian …next.
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
Metodologi Penelitian
Paradigma Ilmu Sosial dan Implikasi Metodologi
Metodologi Penelitian Kualitatif
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Ditinjau dari Berbagai Aspek
PSIKOLOGI – UNTAR metodologi penelitian kualitatif ninawati
Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Kuantitatif VS Kualitatif
Kuliah II & III: Metodologi Penelitian Dalam Psikologi Sosial
Metode Penelitian Sri Hermawati.
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
PARADIGMA PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PENELITIAN SELALU MELIBATKAN ASUMSI FILOSOFIS (PARADIGMA) DAN METODE YANG BERBEDA-BEDA.
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
METODE GROUNDED THEORY
Pendekatan ilmiah vs non ilmiah
GAGASAN DALAM BERTEORI
METODOLOGI PENELITIAN
MEMILIH METODE PENELITIAN
TRADISI - TRADISI DALAM TEORI KOMUNIKASI
KONTRAK PEMBELAJARAN.
BAB I : Pondasi Penelitian Kualitatif
Pertemuan 4 : Metoda Penelitian
STUDI KUALITATIF.
METODOLOGI PENELITIAN
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
Dr. Susilo, M.Pd. Universitas Mulawarman 2007
PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
KELOMPOK 1 FARICHATUN NI’MAH (080) WINDA PUTRI (066)
PENELITIAN KUALITATIF
KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Macam Penelitian Metode Sejarah Metode Deskriptif:
PENGETAHUAN FILOSOFI PENGERTIAN PENGETAHUAN KEGUNAAN PENGETAHUAN
PARADIGMA DAN RAGAM PENELITIAN
TUGAS FILSAFAT ILMU.
KONSTRUCTED REALITIES
PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
PARADIGMA PENELITIAN Apakah Paradigma Penelitian itu……?
PERSPEKTIF SOSIOLOGI DALAM PENELITIAN KUALITATIF
JENIS-JENIS PENELITIAN KUANTITATIF & KUALITATIF
PENELITIAN KUALITATIF
Metode dan Strategi Penelitian Kualitatif
Metode Penelitian Komunikasi – 2
PENELITIAN PENDIDIKAN
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Ditinjau dari Berbagai Aspek
PENELITIAN KUALITATIF
Karakteristik Penelitian Kualitatif
GAGASAN DALAM BERTEORI
Oleh : Moh. Syamsudin Baharsyah Muhammad Zainal Abidin Al Gafur Program Pascasarjana DIKDAS UNNES Hakikat Hubungan PerkembanganLandasanTahapanSikap Ilmiah.
PENELITIAN KUALITATIF
Metode Penelitian Sastra
DUA ALIRAN POSITIVISTIK POSTPOSITIVISTIK JENIS KUANTITATIF KUALITATIF Bebas nilai.
Transcript presentasi:

LANDASAN TEORI DALAM KOMUNIKASI RAHMI SURYA DEWI, M.Si

PASCA POSITIVISTIK/ FENOMENOLOGIK DIKOTOMI POSITIVISTIK PASCA POSITIVISTIK/ FENOMENOLOGIK

POSITIVISTIK BERAKAR DARI ILMU EKSAKTA DISEBUT JUGA STUDI STATISTIK Disyaratkan adanya variabel yang dikontrol. Pengacakkan sampel Pengujian validitas dan realibilitas instrumen Ditujukan untuk menggenarilasasi sampel dalam populasi Penelitian yang masuk kategori ini adalah:eksperimen, korelasi,survey, dll

PASCA POSITIVISTIK/FENOMENOLOGIS BERAKAR pada tradisi dalam sosiologi dan antropologi bertujuan untuk memahami suatu gejala seperti apa adanya tanpa harus mengontrol variabel dan tidak berusaha menggeneralisasi gejala tersebut dalam gejala-gejala yang lain CONTOH penelitian ini adalah etnografi, studi kasus, studi naturalistic, sejarah, biografi, teori membumI (grounded theory), dan studi deskriptif (Creswell, 1998; Denzin dan Lincoln,2003; Merriam, 1998).

Eichelberger selanjutnya membedakan tiga paradigma filsafat melandasi metodologi pengetahuan positivistik keberadaan sesuatu merupakan besaran yang dapat diukur Peneliti adalah pengamat yang objectif atas peristiwa yang terjadi di dunia dapat diuji secara empirik Fenomenologik Filsafat fenomenologik pertama kali dikembangkan oleh seorang matematikawan Jerman Edmund Husserl (1850-1938) filsafat fenomenologik berupaya untuk memahami makna yang sesungguhnya atas suatu pengalaman dan menekankan pada kesadaran yang disengaja (intentionallity of consciousness) atas pengalaman, karena pengalaman mengandung penampilan ke luar dan kesadaran di dalam, yang berbasis pada ingatan, gambaran dan makna

Hermeneutik Filsafat hermeneutik dikembangkan oleh filosof Jerman Wilhelm Dilthey (Bleicher, 2003: 17) usaha mencari kebenaran dengan menafsirkan makna atas gejala yang ada. Interprestasi atau penafsiran tersebut berlangsung dalam suatu konteks tradisi. Implikasinya adalah bahwa ilmuwan sosial atau interpretator harus telah memiliki pra-pemahaman atas objek ketika ia mengkaji objek tersebut, sehingga tidak mungkin untuk memulai dengan sebuah pemikiran netral

POSITIVISTIK HERMENEUTIK FENOMENOLOGIK Analitik Holistik Sintetik Nomotetik Ideografik Interpretatik Dedukatif Induktif Sinkretik Laboratorik Empirik Empatik Pembuktian dengan logika Pengukuhan pengalaman Penafsiran tak memihak Kebenaran universal Kebenaran bersifat unik Kebenaran yang diterima Bebas nilai Tidak bebas nilai

FENOMENOLOGIK SUMBER: Jurnal Pendidikan Penabur - No. 05/ Th FENOMENOLOGIK SUMBER: Jurnal Pendidikan Penabur - No.05/ Th.IV / Desember 2005 menganggap bahwa pengalaman bukanlah merupakan suatu dunia eksternal yang bersifat objektif. Pengalaman bukan sekedar lama waktu seseorang berinteraksi dengan lingkungannya, melainkan pelajaran yang diperoleh dalam rentangan waktu tertentu. Untuk memahami pengalaman itu digunakan pemikiran, perasaan, tanggapan, dan berbagai ungkapan psikologis atau mental lain.

Gejala yang diamati dari suatu pengalaman perlu dibandingkan dengan pengalaman lain agar hal-hal yang esensial dari berbagai pengalaman itu dapat dipahami. Hal-hal yang esensial tersebut selanjutnya perlu digabungkan dengan hasil pengalaman lain, sehingga dapat diidentifikasi kesamaan yang bersifat hakiki.

Jadi tidak semata-mata Paradigma fenomenologik ini justru menggunakan akal sehat (common sense) yang oleh penganut positivistik dianggap tidak/kurang ilmiah. Akal sehat ini mengandung makna yang diberikan seseorang dalam menghadapi pengalaman dan kehidupannnya sehari-hari. Jadi tidak semata-mata didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penginderaan.

Dalam paradigma ini suatu kebenaran ilmiah tidak dimulai dengan adanya sejumlah teori yang mendasari, namun secara induktif mengakumulasikan pengalaman khusus menjadi umum, atau yang konkrit menjadi abstrak, dan bahkan kemudian bahkan mengukuhkan pengalaman itu menjadi teori (teori membumi = grounded theory) yang bersifat holistik (meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman yang bersangkutan)

Kebenaran ilmiah menurut paradigma ini tidak bersifat nomotetik melainkan bersifat ideografik, yaitu mengungkap secara naratif dengan memberikan uraian rinci mengenai hakekat suatu objek atau konsep. Kebenaran itu juga bersifat unik dan hanya dapat ditransfer bila kondisi dan situasinya sama atau tidak berbeda. Kebenaran ini sarat dengan nilai (value loaded).

FILSAFAT HERMENEUTIK Filsafat hermeneutik dikembangkan oleh filosof Jerman Wilhelm Dilthey (Bleicher, 2003: 17; Eichelberger, 1998: 7), dalam usaha mencari kebenaran dengan menafsirkan makna atas gejala yang ada. Sejarawan akan menafsirkan legenda, artefak atau berbagai naskah kuno berdasarkan perspektif terkini. Seorang ahli tafsir agama akan berusaha menelaah ayat-ayat dari kitab suci dan memberikan makna berdasarkan kondisi yang berkembang sekarang.

Sedangkan seorang ahli hukum akan menafsirkan pasal dan ayat dalam kitab hukum dan jurisprudensi dengan mempertimbangkan azas keadilan dan/atau manfaat. Interprestasi atau penafsiran tersebut berlangsung dalam suatu konteks tradisi. Implikasinya adalah bahwa ilmuwan sosial atau interpretator harus telah memiliki pra-pemahaman atas objek ketika ia mengkaji objek tersebut, sehingga tidak mungkin untuk memulai dengan sebuah pemikiran netral (Bleicher, 2003: ix).

Pengkajian atas objek itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, mendalam, teliti dan tepat agar dapat diterima oleh orang lain yang melakukan pengkajian yang sama, dan kemudian dapat digabungkan menjadi bangunan pengetahuan. Pendekatan hermeneutik ini pada awalnya banyak digunakan oleh para agamawan, sejarawan dan ahli hukum. Mereka ini menafsikan apa yang ada dalam naskah (kitab suci, artefak atau kitab undang-undang) sesuai masalah yang dihadapinya dengan membangun argumentasi sendiri.

Paradigma hermeneutik, meskipun dapat dikatakan satu kategori dengan paradigma fenomenologik, mempunyai sejumlah ketentuan yang berbeda. Kebenaran ilmiah dalam paradigma ini tidak analitik maupun holistik, melainkan sintetik yaitu memadukan pendapat yang berlawanan (tesis dan antitesis). Kebenaran dinyatakan dalam bentuk interpretatik, yaitu penafsiran yang didasarkan pada keyakinan tertentu.

Pendekatan yang dilakukan tidak berupa deduktif atau induktif, melainkan sinkretik, yaitu menggunakan berbagai pandangan dan praktek. Seorang pengacara dalam membela kliennya, tidak hanya menafsirkan hukum dari aspek legal saja (secara deduktif membangun kesimpulan dari kasus), melainkan berusaha memasukkan aspek moral, sosial dan politik, sehingga diharapkan dapat menjadi suatu keputusan jurisprudensi tersendiri.

Setiap pengacara akan bertolak Data dan informasi yang dikumpulkan tidak dari latar laboratorik maupun empirik, melainkan dengan cara empatik yaitu data yang diperoleh dengan membangun kepedulian dengan adanya getaran yang bermakna. Kebenaran diperoleh melalui penafsiran yang tidak memihak, meskipun dilandasi oleh prasangka dan adanya pengetahuan awal. Setiap pengacara akan bertolak dari azas praduga tidak bersalah sebagai suatu kebenaran. Dia berlindung dibalik azas ini tanpa “kelihatan” memihak kepada klien yang dibelanya.

Kebenaran yang diusahakan adalah kebenaran yang dapat diterima oleh mereka yang berkepentingan. Kebenaran ini tidak bersifat bebas nilai.

PENGELOMPOKKAN TEORI DAN PARADIGMA PENELITIAN ILMU KOMUNIKASI TEORI / PENDEKATAN PARADIGMA   KLASIK KONSTRUKTIVIS KRITIS Theories of Message Theories of Disclosure √ Theories Sign and Language Interpersonal Communications Symbolic interactionism √ (Iowa School) √ (Chicago School) Social Judgement theory Cognitive Dissonance theory Theories of experience and interpretation Theories of Receptions and Processing Group/Public/Organisational Communication Information system approach in Organisation Social Exchange theories Theories of Communication Network Mass Communication and Society Structural-Functionalism theories of mass media Agenda Setting theory Uses and Gratifications Political-economy theories of mass media √ (liberal poitical economy √ (culturalsm/constructivism (Golding &Murdoch) √ instrumentalism & structuralism (Chomasky, Schudson) Mass media and social construction of reality Media and cultural studies Theories of message production Theories of Mass Media and Persuasion, effectiveness of ads and communication program

Teori merupakan susunan Apa itu teori?? Dibuat oleh manusia Ketika para akademisi menguji sesuatu yg ada di dunia, mereka membuat pilihan, Teori merupakan susunan bagaimana mengelompokkan yg mereka amati. Bagaimana menyebut konsep yg mereka fokuskan Seberapa luas dan sempitkan fokus mereka.

teori Mnrt Abraham Kaplan Stanley Deetz Merepresentasikan beragam cara para pengamat melihat lingkungan sekitar mereka lebih dari kenyataan g dapat mereka tangkap. teori Teori : cara utuk melihat fakta, menyusu dan menunjukkannya Mnrt Abraham Kaplan Teori: sebuah cara untuk melihat dan memikirkan dunia Stanley Deetz

Teori menyusun dan menyatukan pengetahuan yang sudah ada, sehingga kita tidak perlu memulai semua penelitian dari awal. Teori merupakan tafsiran, sehingga mempertanyakan kegunaan teori lebih bijaksana dari pada mempertanyakan kebenarannya.

Teori menawarkan satu cara untuk menangkap “kebenaran” dari sebuah fenomena, tetapi bukanlah satu-satunya cara untuk memandang fenoomena tersebut. Teori berisi seperangkat pelajaran utnuk membaca dunia dan bertindak di dalamnya. Sebuah teori mengatur bagaimana cara kita melakukan pendekatan terhadap dunia kita (JAMES ANDERSON)

DIMENSI-DIMENSI TEORI ASUMSI FILOSOFIS KONSEP PENJELASAN PRINSIP

Asumsi filosofis ASUMSI FILOSOFIS ONTOLOGI (TENTANG KEBERADAAN) EPISTEMOLOGI (TENTANG PENGETAHUAN) ONTOLOGI (TENTANG KEBERADAAN) AKSIOLOGI (TENTANG NILAI)

TEORI NOMOTETIK TEORI NOMOTETIK TUJUAN SESUATU YG MELIHAT HUKUM UNIVERSAL ATAU UMUM PENDEKATAN INI BERPENGARUH DLM IPA PERCOBAAN DAN CONTOH BAGI BANYAK PENELITIAN SOSIAL TEORI NOMOTETIK UNTUK MENGGAMBARKAN DENGAN TEPAT CARA KEHIDUPAN SOSIAL BERJALAN TEORI NOMOTETIK TDK MEBUAT PENILAIAN ATAU SOLUSI MENGENAI MASALAH, PARA ILMUAN HANYA MENGGAMBARKAN TENTANG SESUATU. TUJUAN

GAGASAN KLASIK SEBUAH ILMU PENGETAHUAN TEORI HIPOTESIS OBSERVASI PENYIMPULAN Induksi Teori Tindakan Metode & pengukuran

TEORI PRAKTIS DIRANCANG UNTUK MENGUMPULKAN BANYAK PERPEDAAN ANTAR SITUASI DAN UNTUK MEMBERIKAN SEBUAH SUSUNAN PEMAHAMAN YANG MEMUNGKINKAN PENELITI MEMPERTIMBANGKAN RANGKAIAN ALTERNATIF TINDAKAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN. DIRANCANG UNTUK