X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
M ETODE I LMIAH Merupakan cara untuk mendapatkan Pengetahuan yang ilmiah.
Advertisements

Disadur dari berbagai sumber
METODE ILMIAH MKF 304 SKS:2-0
Rasionalisme dalam Kebijakan Publik
Hakikat Sains atau Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu pengetahuan atau kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui proses kreatif yang.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA Outline
MANUSIA YANG BERSIFAT UNIK
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
PENGETAHUAN, ILMU DAN FILSAFAT
HAKIKAT PENGETAHUAN Pranarka: pengetahuan adalah persatuan intrinsik antara subjek yang mengetahui dan objek yang diketahui. Pengetahuan selalu berada.
Kebenaran.
Menalar Tuhan Kelompok 1.
Pengantar Metode Penelitian
UNIVERSITAS ESA UNGGGUL
AGAMA BUDDHA DAN IPTEK UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
METODOLOGI PENELITIAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SEBELAS MARET PROGRAM DOKTOR ILMU PENDIDIKAN S U R A K A R T A 2011 Oleh : LUGTYASTYONO BN Tugas Mata Kuliah.
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Ditinjau Dari Agama Buddha
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni
MASYARAKAT UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Hubungan Sains dan Agama
Pertemuan ke-2: Kebenaran Ilmiah
KERUKUNAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
FILSAFAT MANUSIA ESENSI MANUSIA.
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Aplikasi Scientific Approach
Metode Ilmiah Lenny Widjayanthi.
Logika Deduksi-Induksi dalam Pola Berpikir Ilmiah
KE ARAH PEMIKIRAN FILSAFAT
SAINS DAN PENELITIAN PEMERINTAHAN METODOLOGI ILMU PEMERINTAHAN
MORALITAS Pengertian:
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
KEYAKINAN TERHADAP TRIRATNA & MAKNA PERLINDUNGAN
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
STRUKTUR FUNDAMENTAL ILMU PENGETAHUAN
Metodologi Penelitian Dosen Pengasuh Drs. H. Hamid Halin, M. Si
FALSAFAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
Disampaikan Oleh ERWIN SETYO KRISWANTO
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
FILSAFAT ILMU.
MUHAMMAD FAHMI AL HABIB ( )
TUHAN YANG MAHAESA DAN KETUHANAN
KONSEP PEMIKIRAN INDUKTIF DAN DEDUKTIF
KERUKUNAN NURWITO, S.Ag., M.Pd. UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
Sifat dan Kriteria Metode Ilmiah
PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN IPA
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
FILSAFAT MANUSIA ESENSI MANUSIA.
FILSAFAT ILMU SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN KEBENARAN
UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
2.3.Metode Ilmiah.
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
HAKEKAT SAINS.
Pertemuan III Filsafat Ilmu Dan Logika
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DASAR-DASAR FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM: HAKIKAT KEBENARAN DAN PENGETAHUAN NILAI KEBAIKAN DAN KEINDAHAN Oleh: IDRUS : SYAPUANSYAH.
ILMU TANPA AGAMA BUTA, AGAMA TANPA ILMU LUMPUH
Filsafat Sains Pertemuan ke-2.
FENOMENA KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF EPISTEMOLOGIS
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
Relasi gender dalam agama Buddha
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
METODE RISET (Research Method)
Transcript presentasi:

X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK NURWITO, S.Ag UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA

Agama dan Iptek: Perkembangan iptek ternyata tidak sejalan perkembangan batin manusia Bahkan, ilmu pengetahuan dapat mengondisikan batin manusia menjadi semakin merosot. Kemajuan ini dapat menjadi kounter produksi bilamana kemajuan ini tidak disertai oleh moral sripiritual yang memadai

Hubungan Agama Buddha dan Iptek: Albert Einstein (1879-1955) dalam autobiografinya mengemukakan bahwa: Jika terdapat agama yang dapat mengatasi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, agama itu adalah agama Buddha

Kesejajaran dan Kesesuaian: Ajaran Buddha tidak dibangun atas dasar keyakinan pada sesuatu kekuatan adikodrati Sebagaimana sains, kausalitas merupakan dasar dari agama Buddha Barangsiapa melihat sebab-musabab yang saling bergantungan, ia melihat Dharma. Barangsiapa melihat Dharma, ia melihat sebab-musabab yang saling bergantungan” (Majjhima Nikaya.I, 191).

Banyak teori dan penemuan sains yang sejalan dengan ajaran Buddha: Teori evolusi dan kosmologi modern, misalnya, ternyata mendekati apa yang pernah dibabarkan oleh Buddha di zaman orang-orang masih percaya takhayul dan mitologi.

Pengaruh Buddhisme terhadap Sains: l Pengaruh Buddhisme terhadap Sains: Robert Oppenheimer (1904-1967) menerangkan posisi elektron dengan mengutip cara Buddha menjawab pertanyaan tentang kondisi Arahat setelah meninggal dunia. “Jika kita bertanya, misalnya, apakah posisi elektron tetap sama, kita harus menjawab tidak, jika kita bertanya apakah posisi elektron berubah bersamaan dengan waktu, jika kita bertanya apakah elektron diam, jika kita bertanya apakah ia bergerak, kita harus mengatakan tidak.

Keterbatasan ilmu pengetahuan: Ilmu pengetahuan terbatas pada data yang diterima melalui organ-organ indera. Kebenaran ilmiah dibangun berdasarkan pengamatan logika dari data indera yang terus-menerus berubah. Karena itu kebenaran ilmiah adalah kebenaran relatif yang tidak bertahan sepanjang waktu. Dan seorang ilmuwan, yang menyadari fakta ini, selalu berniat untuk membuang suatu teori jika teori itu dapat digantikan dengan teori yang lebih baik.

Ilmu pengetahuan berusaha untuk memahami dunia luar dan nyaris tidak menyentuh dunia di dalam manusia. Ilmu pengetahuan bersifat sekuler (duniawi) sepenuhnya dan tidak mempedulikan tujuan spiritual manusia. Materialisme yang menjadi sifat pemikiran ilmiah

Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat relatif dan merupakan subjek perubahan, sedangkan kebenaran yang ditemukan oleh Buddha bersifat final dan mutlak: kebenaran Dharma tidak berubah dengan waktu dan tempat

Kerjasama antara ilmu pengetahuan dan agama sangat diperlukan dalam keperluan dan pelayanan terbaik bagi umat manusia. Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah timpang, sedangkan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah buta.

Agama Ilmiah: Salah satu alasan mangapa ajaran Buddha mudah dirangkul oleh semangat ilmuan adalah bahwa sang Buddha tidak pernah mendorong kepercayaan yang kaku dan dogmatis. Beliau tidak menyatakan untuk mendasarkan ajaranNya pada iman, kepercayaan atau wahyu ilahi, tapi membolehkan kelenturan dan kebebasan pikiran, serta Ia tidak pernah membawa diri-Nya pada hal yang diluar lingkup pembuktian akal budi manusia.

Alasan kedua adalah bahwa semangat ilmiah dapat ditemukan dalam pendekatan Buddha terhadap kebenaran spiritual. Metode Buddha untuk menemukan dan menguji kebenaran spiritual sangat serupa dengan metode para ilmuwan. Ilmuwan mengamati dunia eksternal dengan objektif, dan hanya akan membuat teori ilmiah setelah mengadakan banyak percobaan praktis yang berhasil.

Metodologi sains dalam agama Buddha, antara lain: Metode ‘WH Question’ Pembuktian dan kedudukannya Analisis Situasi Simsapa Sutta Analogi dan ilustrasi

KUIS: Jelaskan bahwa agama Buddha adalah agama yang bersifat ilmiah dan jelaskan pula pengaruh agama Buddha terhadap sains! Jelaskan bahwa ilmu, iman, dan amal adalah satu kesatuan! Jelaskan cara pendekatan ilmu pengetahuan-teknologi dan Dharma! Jelaskan yang dimaksud dengan pernyataan bahwa ‘agama tanpa ilmu pengetahuan adalah lumpuh/pincang’ dan ‘ilmu pengetahuan tanpa agama adalah buta! Uraikan sedikitnya tiga metodologi sains dalam agama Buddha!