PENGEMBANGAN MEDIA ICT OLEH MUHAMMAD HANAFI (09144600025) DEVI ARSHITA SARI (09144600) EVA FATMAWATI (09144600) SIGIT TRI BUDIANTO (09144600) ROSEANA (09144600)
Drills and Practice (Latihan) Simulasi Permainan Instruksional
Drills and Practice (Latihan) Satu soal diajuakan, dan jawaban yang diberikan oleh siswa dinilai atau dinamis dan balikan disajikan sembelum soal berikutnya ditampilkan. Sebagian besar program drills and practice merekam hasil jawaban siswa yang kemudian dapat dilaporkan atau ditunjukkan kepada siswa atau guru pada akhir kegiatan, dan menjadi landasan untuk pembelajaran selanjutnya.
Simulasi Program simulasi dengan bantuan computer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya siswa menggunakan computer untuk mensimulasikan menerbangkan pesawat terbang,menjalankan usaha kecil, atau memanipulasi pengendalian pembangkit listrik tenaga nuklir.
Permainan Instruksional (1) Permainan instruksional yang berhasil menggabungkan aksi-aksi permainan video dan keterampilan penggunaan papan ketik pada komputer.
Permainan Instruksional (2) Berikut adalah contoh sederhana permainan pemecahan masalah matematika. Siswa diminta untuk menjawab soal-soal matematika yang ditampilkan di layar, monitor, komputer, dengan batas waktu tertentu. Jika jawaban salah atau waktu habis, maka bom yang diletakkan di soal matematika akan meledak.
Faktor Pendukung Keberhasilan CAI Belajar yang menyenangkan Interaktivitas Kesempatan berlatih harus memotivasi,cocok, dan tersedia feedback Menuntun dan melatih siswa dengan lingkungan informal
MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN INTER- ACTIVE VIDEO Multimedia dapat diartikan sebagai lebih dari satu media. Bisa berupa kombinasi antar teks, grafik, animasi, suara, video. Pada umumnya multimedia diartikan berbagai macam kombinasi grafik, teks, suara,video dan animasi.
Tujuan Multimedia Untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas informasi akan mudah dimengerti karena sebanyak mungkin indera, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi.