BAHASA VISUAL Rudi irawanto.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pembuatan Aplikasi Pembelajaran History of Football Menggunakan Adriyanto Eka Putra, for further detail, please visit
Advertisements

(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6
MACROMEDIA DREAMWEAVER, PHP, DAN MySQL
MACROMEDIA DREAMWEAVER.4.0 PEMBUATAN WEBSITE GUNUNG SLAMET MENGUNAKAN
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
APLIKASI PEMBACAAN WATAK MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN Eko Setiawan
SABAR BUDI RAHARJO, Film Animasi Dua Dimensi ``Zahra & Junda`` sebagai Media Penanaman Aqidah Islam Sejak Dini.
Flash 6 MX. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Hewan Metamorfosis Menggunakan Macromedia for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX PENGENALAN HEWAN-HEWAN LANGKA TERHADAP ANAK-ANAK for further detail, please visit
Teks laporan hasil observasi
Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
Menggunakan Macromedia Director MX 2004 Dan Adobe Photoshop 7
PEMBUATAN CD INTERAKTIF BAHASA INGGRIS DASAR UNTUK
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA Muhamad Fadilah Al habsy for further detail, please visit
BILLING WARNET APLIKASI MICROSOFT VISIAL BASIC 6.0 DALAM PEMBUATAN
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
Aplikasi Penggajian Pada PT. PMM Menggunakan Microsoft Visual Basic 6
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
PROGRAM ADMINISTRASI PENJUALAN ROTI PADA TOKO ROTI Kartika Dewi. H
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
KODE ETIK. Pengertian Kode Etik Profesi Kata kode etik terdiri dari dua suku kata, yaitu kode, dan etik. Kata kode berarti tanda-tanda atau simbol-simbol.
Orang Tua Hebat : Inisiasi Revolusi Mental Bangsa Indonesia
RUANG LINGKUP KEILMUAN DESAIN
DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Pertemuan 25 Presentasi dan Diskusi SIE
Tahapan Pengembangan Multimedia
METODOLOGI DESAIN KOMUNIASI VISUAL TOPIK 14 KONSEP MEDIA DAN KREATIF
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Analisa Perancangan Sistem
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
Analisa Perancangan Sistem
PEMBUATAN WEBSITE FORUM DISKUSI MENGGUNAKAN PHP. Adi Maulana,
APLIKASI PEMBELAJARAN Afrian Wigi Prayisno
MENERAPKAN DASAR - DASAR GAMBAR TEKNIK
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
APLIKASI PENJUALAN PADA SHELDO DISTRO Sandro Rizal
Psikologi Persepsi dalam Desain Komunikasi Visual
MORFOLOGI TUMBUHAN PEBI4107: Pertemuan ke 5
MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL APLIKASI PENJUALAN ONLINE TOKO MAINAN ANAK DENGAN for further detail, please visit
Analisa Perancangan Sistem
PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan Irfan Tri Atmojo
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Aris Sopian Nugraha_
PERANCANGAN SISTEM PERSEDIAAN DAN PENJUALAN KASUS PADA Novi Risindarti, for further detail, please visit
Pembuatan Website Penjualan Pada BENGKEL TRACK MOTOR dengan Rudi Haryanto, for further detail, please visit
CENTRAL NERVOUS SYSTEM
PERANCANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, Deddy Tri Prasetyo
Soal-soal: Kemukakan latar belakang tumbuhnya kajian Komunikasi Antarbudaya. Jelaskan dengan contoh! Terdapat tiga dimensi Komunikasi Antar Budaya: jelaskan.
Data Flow Diagram.
APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK - ANAK PLAYGROUP Sandy Marino ( )
Robby Akhmad Novian, for further detail, please visit
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan
Pertemuan 14 Kasus Proyek DSS(02 )
Analisa & perancangan sistem Informasi
SUKATAN PELAJARAN STPM BAHARU 922 KESUSASTERAAN MELAYU KOMUNIKATIF
Kecerdasan Majemuk.
Pemrograman Terstruktur
Analisa Perancangan Sistem
Analisa Perancangan Sistem
Enviromental 3D Typography
KALIMANTAN DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN PETA BUTA PULAU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7 dan VISUAL C++ 6 APLIKASI PENGOLAHAN CITRA MULTI FILE SYSTEM DENGAN for further detail, please visit
APLIKASI PEMBELAJARAN Nurhapipah
MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN for further detail, please visit
SISTEM PERHITUNGAN TAGIHAN KARTU KREDIT Windy Susanto ,
RUPA DASAR 3 DIMENSI Rupa dasar 3 dimensi atau disebut juga Trimatra, adalah pengolahan bentuk dasar dalam bidang 3 dimesi yaitu berupa bidang yang memiliki.
Transcript presentasi:

BAHASA VISUAL Rudi irawanto

DESKRIPSI Menanamkan pengetahuan dasar bahasa visual sebagi media komunikasi, serta membentuk ketrampilan kreatif untuk merancang dasar ungkapan visual yang merepresantasional maupun non representasional (abstrak) dalam berbagai kemungkinan tata ungkap, teknik, dimensi (bidang, ruang, dan waktu) sebagai struktur yang efektif dan komunikatif.

TUJUAN Memahami hakekat Ikonografi dan indeksikal. Mampu menciptakan ikonografi dan indeksikal dalam konteks perancangan grafis. Mampu menerapkan konsep ikon, dan indeks, sebagai simbol grafis dalam sistem pertandaan. Mampu menciptakan transformasi bentuk sebagai bagian dalam proses perancangan. Mampu menciptakan peta grafis berdasarkan konsep ikonografi dan indeksikal. Mampu menciptakan sistem pertandaan pada kasus real berdasarkan teori sistem pertandaan yang telah diperoleh.

RUANG LINGKUP Dasar-dasar bahasa visual, meliputi konsep tentang ikon dan indeks. Aplikasi Isotype dan sitem pertandaan Transformasi dan Gestal Char ta dan diagram Peta grafis. Kasus Sign System

RINCIAN TUGAS 1. Ikonografi Hewan meliputi: Mamalia Aves Reptilia Pisces Moluscha 2. Ikonografi Tumbuhan meliputi: Tumbuhan berbiji Tumbuhan non Biji (perdu) Daun Bunga Buah 3. Ikonografi Manusia meliputi: Dewasa Anak-anak Balita Manula

4. Ideksikal meliputi: Indeks profesi Indeks properti

Isotype dan Sistem pertandaan 5. Aplikasi Isotype, meliputi: Suku bangsa Cabang Ilmu 6. Aplikasi Sistem tanda Vehicle Sign Pylon sign Parking sign Window sign Braille sign

Transformasi dan Gestal 7. Transformasi meliputi: Hewan dengan hewan Hewan dengan tumbuhan 8. Aplikasi Gestal meliputi: Prinsip penutupan (closure) Prinsip pengelompokan (grouping) Prinsip sosok dan latar (figure/ground)