Lanjutan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Advertisements

UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
CLASS DIAGRAM.
Unified Modelling Language (UML)
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pertemuan 6 Structural modelling
Lebih Lanjut Tentang UML
Architecture dan design
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
CLASS DIAGRAM.
Soal Kuis I PSBO.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
Desain Sistem.
Diagram Class, Diagram Objek Diagram Component dan Deployment
Object-Oriented Design (OOD)
CLASS DIAGRAM Kelompok 2 Moch Riesdyan mulya ( )
Lanjutan.
Lebih Lanjut Tentang UML
E. Haodudin Nurkifli Universitas Ahmad Dahlan Pertemuan :
Object Oriented Design
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
Object oriented analyst and design
Perancangan Sistem Informasi
Object-Oriented Analysis (OOA)
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pengenalan Analisa Desain
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Pengenalan UML.
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
UML Class Diagram.
Object Oriented Programming
Perancangan Perangkat Lunak – Part 1
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Praktikum 02 konstruksi class
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
Unified Modelling Languange (UML)
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
METHODOLOGYAND UML.
PEWARISAN Pemograman Berorientasi Objek SI Semester III
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
Desain Sistem.
KelompoK 4 Agus Dwi Prayogo / 2928 Rian Chikita / 2942
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Perancangan Perangkat Lunak –Part 2
Analisa Desain Berorientasi Objek
Rekayasa Perangkat Lunak
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

lanjutan

komponen struktur fisik dan bagian dari sistem yang dapat digantikan sesuai dengan realisasi satu set antarmuka.

Node Elemen physical yang ada dan yang mewakili sumber daya komputasi, umumnya memiliki memori dan kemampuan pemrosesan.

Use case Deskripsi dari satu set urutan tindakan termasuk varian, Prilaku sistem dalam melakukan atau menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dari nilai yang di proses oleh aktor

subsistem sebuah group elemen yang merupakan spesifikasi dari perilaku yang dihasilkan oleh elemen –elemen yang di proses

VISIBILITY Salah satu rincian yang paling penting dalam sebuah classiffier atribut dan operasi adalah visibilitas. Visibilitas faktor menentukan apakah classiffier lain menggunakannya. Dalam UML, ada 3 level visibilitas. 1 Simbol publik + 2 Protected Simbol # 3 3 Simbol private -

SCOPE Detail penting lain yang dapat menentukan classifier atribut dan operasi adalah scope. Dalam UML, terdapat dua jenis scope : Instance Classifier

Multiplicity Setiap kali menggunakan kelas, pastikan adanya instance dalam class Multiplisitas berlaku untuk atribut, dan dapat menentukan banyaknya atribut dengan menulis ekspresi yang sesuai menggunakan tanda kurung setelah nama atribut

atribut Ada tiga sifat didefinisikan yang dapat digunakan dalam atribut. 1. Changeable -Tidak ada batasan untuk memodifikasi nilai atribut 2.Add only- Untuk atribut dengan multiply lebih besar, nilai atribut dapat ditambahkan tetapi sekali dibuat , nilai tidak boleh dihapus atau diubah. 3.Frozen - nilai atribut tidak mungkin ada perubahan setelah objek yang diinisialisasi. Frozen digunakan ketika model konstan atau atribut hanya ditulis satu kali

operasi operasi pada tingkat yang paling abstrak, ketika memodelkan ciri prilaku Class , dengan menulis nama setiap operasi itu. sintaks dari operasi di UML adalah [Visibilitas] nama[(Parameter-list)] [persegi panjang] [{properti-string}] UML mendefinisikan empat stereotip standar yang berlaku untuk kelas. Metaclass-Menentukan Classifier objek adalah child dari parent power Type - Menentukan classifier yang objek 3. Utility - Menentukan kelas yang atribut dan operasi adalah kelas scoped

Kegiatan Proses Desain Berorientasi Objek Terapkan aksioma desain untuk desain class , Atribut, metode, asosiasi, struktur dan protokol. Memperbaiki dan melengkapi diagram kelas UML statis. Tentukan atribut. Metode desain dan protokol dengan memanfaatkan diagram aktivitas UML. Tentukan hubungan antara kelas Tentukan hirarki kelas dan desain dengan warisan. Iterate dan memperbaiki ulang . Desain lapisan akses Buat mirror kelas : Untuk setiap kelas bisnis diidentifikasi dan dibuat, di buat satu akses. Mengidentifikasi lapisan akses dengan relationship

Menyederhanakan kelas dan Relationships: Hal ini Menyederhanakan kelas dan Relationships: Hal ini digunakan untuk menghilangkan Redundant kelas dan struktur. Kelas Redundant: Pilih salah satu dan hilangkan kelas-kelas lain, yang memiliki operasi yang serupa Metode Kelas: Revisi kelas yang terdiri dari hanya satu atau dua metode untuk melihat jika dapat dihilangkan atau dikombinasikan dengan kelas yang ada. Literasi dan memperbaiki lagi

Aksioma kebenaran mendasar yang selalu diamati yang akan berlaku dan yang tidak ada kontra atau eksepsi. Teorema adalah proposisi yang mungkin tidak jelas tetapi dapat terbukti dari aksioma yang diterima. Konsekuensinya adalah proposisi bahwa dari axion atau proposisi lain yang telah terbukti.

Aksioma Object-Oriented Desain Axiom1: indepedensi Aksioma berkaitan dengan relasi antara komponen sistem. Komponen yang seperti kelas, persyaratan dan komponen perangkat lunak. Imemelihara kemerdekaan komponen. berlaku selama proses perancangan sistem. Setiap komponen harus memenuhi persyaratan bahwa tanpa persyaratan lainnya. Aksioma: 2 Informasi aksioma, yang berkaitan dengan kerumitan desain.  meminimalkan isi informasi desain.  Meminimalkan kompleksitas harus menjadi tujuan, karena akan menghaslkan apliasi yang mudah dipelihara dan di rybah Hal ini dapat dapat di terapkan melalui inheritance dan sistem yang dibangun dalam class