Java Class Library
Objektif Menjelaskan beberapa konsep OOP Membedakan antara class dengan objek Membedakan variabel instan dan variabel class Memahami method Mengidentifikasi jangkauan variabel Mengubah tipe data Membandingkan objek
Objek Sesuatu yang dikarakterisasi oleh atribut dan tingkah lakunya (behaviour) Objek Atribut Tingkah laku Mobil Merk Warna Maju Mundur Tombol Height Width Caption Move
Class Struktur dasar untuk mendefinisikan objek Terdiri dari 2 tipe member : Fields/attributes/properties/variables Functions / Methods Sebuah objek adalah sebuah instan (instance) dari suatu class Class : Mobil Instan : Mobil A Instan : Mobil B Variable No. Plat Warna Manufaktur B 1861 ERG Biru Suzuki B 1253 GD Silver Toyota Method Maju Mundur Berhenti
Class Class : Tombol Instan : Tombol A Instan : Tombol B Variable Height Width Caption 10 50 OK Cancel Method Move Cancel
Instantiasi Class Menciptakan sebuah instan dari suatu class Menggunakan operator new Contoh : String str = new String(“Hello World”); Object obj = new Object(); Catatan : Khusus String, instantiasi dapat dilakukan sbb : String str = “Hello World”;
Variabel Instance vs Variabel Class Variabel yang dimiliki oleh instance Nilainya bisa berbeda untuk setiap instance Variabel Class Variabel yang dimiliki oleh class (shared) Disebut juga static member variable (variabel statis) Nilainya sama untuk semua instance
Method Sub program yang dapat dipanggil dari program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik Fungsi yang mendefinisikan tingkah laku dari suatu objek Dapat berupa : Instance method Class method (static method)
Karakteristik Method Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali Dapat memiliki beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali. Setelah method selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang memanggilnya
Class method (static method) Memanggil Method Instance method nameofinstance.nameofmethod(parameter) Class method (static method) nameofclass.nameofmethod(parameter)
Contoh Method dalam class String : String str1 = "Hello"; char x = str1.charAt(0); //will return the character H //simpan pada variabel x String str2 = "hello"; //return boolean boolean result = str2.equalsIgnoreCase( str1 );
Passing Variable to Method Pass by value Method membuat sebuah salinan dari nilai variable yang dikirimkan ke method. Method tidak dapat secara langsung memodifikasi nilai variabel pengirimnya meskipun parameter salinannya sudah dimodifikasi nilainya di dalam method
Passing Variable to Method
Passing Variable to Method Pass by reference Method menyalin alamat memori dari variabel yang dilewatkan pada method. Method dapat memodifikasi variabel asli dengan menggunakan alamat memori tersebut Nama variabel yang digunakan dalam method berbeda dengan variabel aslinya
Passing Variable to Method
Lingkup Variabel Jangkauan variable i adalah A. Jangkauan variable j adalah B. Jangkauan variable k adalah C. Jangkauan variable m adalah D. Jangkauan variable n adalah E.
Casting & Converting Objects Tipe casting Implisit Casting Dari tipe yang lebih rendah ke tipe yang lebih tinggi Explicit Casting Dari tipe yang lebih tinggi ke tipe yang lebih rendah Casting dapat dilakukan terhadap : Data primitif data primitif yang lain Objek (instance) objek yang lain Objek data primitif Data primitif objek Menggunakan Wrapper Class
Comparing Objects Menggunakan operator == Menggunakan method (khusus String)
Menentukan Class dari suatu Objek Menggunakan method getClass() Menggunakan operator instanceof