Mata Praktikum GRAFKOM2 Pertemuan-1 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas Gunadarma
Sekilas Tentang Ogre OGRE (Object-oriented Graphics Rendering Engine) adalah open source rendering engine grafik yang ditulis dan dimaintain oleh tim inti kecil, http://www.ogre3d.org/about/team Telah berkembang luas menjadi komunitas http://www.ogre3d.org/ Tutorial http://www.ogre3d.org/wiki/index.php/Ogre_Tutorials
Cara Instalasi Ogre Berikut ini adalah file-file yg dibutuhkan untuk membuat aplikasi 3D dengan library OGRE3D (Object Oriented Graphics Rendering Engine) antara lain : Eclipse-CPP ganymede sebagai IDE C++ MinGW toolbox sebagai GCC opensource compiler MYSYS sebagai GNU Terminal environment OGRE3D SDK sebagai rendering engine di OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox , perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan MinGW sebagai c++ compilernya
Cara Instalasi Ogre Lakukan penginstalan Untuk masing-masing file tersebut Pertama, menginstal MinGW Toolbox Kedua, menginstal MYSYS Ketiga, lakukan setting environment variabel Keempat, menginstal OgreSDK
Cara Instalasi Ogre Kelima, membuka Eclipes Lalu Create New Project
Cara Instalasi Ogre DEBUG RELEASE Preprocessor Defined Symbols (-D): WIN32 _WINDOWS _DEBUG NDEBUG Directories Include Paths (-l): "${OGRE_HOME}\include" "${OGRE_HOME}\samples\include" Beserta kutip “ Miscellaneous Bag. Other flags : -c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident Setelah itu, pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter maka Properties akan terbuka. Arahkan kebagian C/C++ Build Settings, Klik Manage Configurations. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release.
Masukkan Source Code : #include "ExampleApplication.h" class BelajarOgre : public ExampleApplication { public: BelajarOgre(){ } ~BelajarOgre(){ protected: void createScene(void){ //mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1)); //Entity ad objek yg bs dirender discene Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh"); Entity *ent2 = mSceneMgr->createEntity("Robot2","robot.mesh"); SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode"); SceneNode *node2 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode2", Vector3(50,-100,0)); //attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot node1->attachObject(ent1); node2->attachObject(ent2); };
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32 #define WIN32_LEAN_AND_MEAN #include "windows.h" INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT) #else int main(int argc, char **argv) #endif { //bikin objek aplikasi BelajarOgre app; try { app.go(); } catch (Exception e) { MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL); fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what()); } return 0;
Cara Instalasi Ogre Kemudian Build project tersebut, dan masuk kedalam direktori OgreSDK\bin\Debug lalu buka file resource.cfg Maka akan muncul seperti ini : Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip # Resource locations to be added to the default path [General] FileSystem=../../../Media FileSystem=../../../Media/fonts FileSystem=../../../Media/materials/programs FileSystem=../../../Media/materials/scripts FileSystem=../../../Media/materials/textures FileSystem=../../../Media/models FileSystem=../../../Media/overlays FileSystem=../../../Media/particle
Cara Instalasi Ogre Lalu ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK misal : Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip Setelah itu save dan kembalai ke eclipes untuk melakukan Build All dan melihat exe yang terbentuk.
Tampilan Output Ogre