Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom BAB III Transformasi Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
Pendahuluan Untuk nilai default, semua shape dibangun ditengah-tengah koordinat. Sebuah transform mampu merubah : Bentuk posisi Bentuk rotasi Bentuk scale VRML membangun komponen 3-D, dan komponen-komponen tersebut dibangun dengan menggunakan koordinat sistem.
Visualisasi Node-node yang dibutuhkan pada pengelompokan transformasi dengan sistem koordinat adalah: children – shape yang akan dibentuk translation – posisi rotation – orientasi/ perputaran scale – ukuran
Syntax Transformasi Transform { translation .... rotation ... scale .... children [ ... ] } Contoh : translation 2 0 0 rotation 0 0 1 0.52 scale 0.5 0.5 0.5 children [ ......... ]
Atribut : Children Berisikan daftar satu atau banyak node. Syntax : Transform { …… children [ Shape { . . . } Transform { . . . } . . . . . . ] }
Atribut : Translation Mempunyai posisi koordinat x, y dan z. Syntax : Transform { # x y z translation 2 0 0 children [ ……] }
Atribut : Rotation Pada sistem koordinat meliputi sumbu rotasi dan besarnya radiannya. Syntax : Transform { # x y z radian rotation 1 0 0 1.57 children [ …. ] }
Spesifikasi Sumbu Rotasi
Rotasi Terhadap Sumbu X DEF kerucut Shape{ appearance Appearance { material Material{ diffuseColor 0 1 1} } geometry Cone { height 2.0 bottomRadius 0.5} DEF RotasiX Group { children [ Transform { translation 3 2 0 rotation 1 0 0 0 children [USE kerucut] translation 3 0 -3 rotation 1 0 0 -1.57 translation 3 0 3 rotation 1 0 0 1.57 translation 3 -2 0 rotation 1 0 0 -3.14 ]
Atribut : Scale Pada koordinat sistem menunjukkan sumbu x, y dan z. Syntax : Transform { # x y z scale 0.5 0.5 0.5 children [ ..... ] }
Soal 3 : 1. twosphere.wrl 3. rotation.wrl 5.scalesphere.wrl 2. sevencone.wrl 4. mboneka.wrl