Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Kecerdasan Buatan dapat didefinisikan sabagai cabang Ilmu Komputer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (Intelligent). Kecerdasan Buatan dapat memungkinkan komputer untuk berfikir. Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Kecerdasan Buatan dapat menirukan proses belajar manusia sehingga informasi baru dapat diserap dan digunakan sebagai acuan di masa yang akan datang. Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Asumsi Dasar: Physical Symbol System Hypothesis (PSSH) : Suatu proses pengolahan informasi dapat diasumsikan sebagai pengolahan atau manipulasi simbol-simbol, dimana informasi dilambangkan sebagai simbol-simbol. Asumsi tersebut melahirkan apa yang dinamakan Symbolic Processing (ditemukan oleh Newell & Simon) Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Perbedaan antara Kecerdasan Buatan (Komputer) dengan Kecerdasan Alami (Manusia) : Kecerdasan Buatan: Bersifat permanen Mudah diduplikasi dan disebarluaskan Dapat lebih murah daripada manusia cerdas Konsisten dan menyeluruh Dapat didokumentasikan Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Kecerdasan Alami: Bersifat kreatif Menggunakan pengalaman panca indra secara langsung Menalar berdasarkan pemahaman yang luas dari pengalaman Memiliki tingkat ketrampilan yang luas mulai dari pemula, pemula lanjut, kompeten, profisien, dan ahli (expert) Chapter 2
Konsep AI (Artificial Intellegence) Perbedaan antara program Kecerdasan Buatan dengan program Konvensional: Dimensi Program AI Program Konvensional Pemrosesan Utamanya simbolik Umumnya komputasi Sifat Input Mungkin tak lengkap Harus lengkap Pencarian Hampir semuanya heuristik Algoritma Keterangan Diberikan Umumnya tidak diberikan Fokus Pengetahuan Data, Informasi Struktur Pemisahan kontrol dan pengetahuan Kontrol terintegrasi dengan informasi Sifat Output Harus benar Update Agak mudah, karena modularitas Umumnya sulit Kemampuan penalaran Ada Tidak ada
Konsep AI (Artificial Intellegence) Bidang aplikasi Kecerdasan Buatan : Game (permainan) Pembuktian teorema Sistem Pakar (Expert Systems) Robotika Computer Vision Natural Language Processing & Understanding Machine Learning Intelligent Tutor dll Chapter 2
Tugas II Analisa sistem cerdas pada contoh aplikasi Kecerdasan Buatan yang sudah ada atau sudah pernah dikembangkan dalam bentuk software. Anjuran Referensi : Internet Dikumpulkan minggu depan tanggal 8 mei 2013 dalam bentuk printout dan dijilid jadi 1 dalam 1 kelas. Chapter 2