Pemrograman Mobile Android Multimedia
Anggota Kelompok 4 : Mailan Chatur Rohman (15.11.0116) Lingga Catur Putra (15.11.0117) Chandra Setyawan (15.11.0118) Usman Nur Dimas I.P (15.11.0119) Nandana Afif N.F (15.11.0120) Achmad Ulfi (15.11.0121) Andru Dite S.Y (15.11.0122)
Definisi Pengertian multimedia secara bahasa berasal dari bahasa latin yakni multi yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium yang berarti media adalah suatu alat untuk menyampaikan atau membawa sesuatu baik itu informasi atau yang lainnya. Multimedia dapat diartikan sebagai alat atau media yang menggabungkan dua unsur atau lebih yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, suara, audio, video dan animasi secara terintegrasi (kusnandar dkk, 2007).
Pemutar Music Istilah umum untuk mengacu kepada Perangkat Lunak computer yang dapat memainkan berkas multimedia. Kebanyakan pemutar music dapat memainkan berkas music. Pemutar music yang memfoluskan pada audio disebut pemutar music. Microsoft Windows memiliki media yang disebut Windows Media Player.
Pemutar Video Sebuah aplikasi tidak bisa menjalankan semua video dengan format yang ada. Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang memiliki kemampuan untuk memainkan video sesuai dengan format yang mereka kenali :
Extensi Video Ada dua macam format atau ekstensi video secara umum antara lain : AVI MPEG 3GP FLV MP4 MOV Etc.
Aplikasi Pemutar Video Quick Time = untuk memutar video dengan format file .qt dan .mov Window Media Player = untuk memutar video dengan format file .avi dan .mpeg GOM Player = untuk memutar video dengan format file .mp4, .mkv, .3gp, .avi, .etc (http://fahreza1.blogspot.nl/2013/09/pengertian-video.html)
Photo adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. (https://id.wikipedia.org)
Direktori pada android Folder drawable digunakan untuk menyimpan file-file gambar berformat .jpg atau .png (bitmap). Folder raw digunakan untuk menyimpan file-file audio
FOLDER RES PADA ANDROID res folder : Folder berisi semua resource yang dibutuhkan aplikasi seperti gambar, layout, menu, dan values. Dari dambar di atas, tida semua folder tertuliskan di situ, seperti : raw = yang berfungsi untuk meletakan audio dan yang terpenting disini adalah kamu tidak boleh sembarangan memberikan nama folder ataupun file karena nama tersebut nantinya akan dibuat menjadi variable di kelas R.Java, jadi aturan penulisan nama folder dan file harus mengikuti aturan penamaan variabel.
ATURAN DALAM FOLDER RES Berikut adalah beberapa aturan dalam folder RES : 1. Tidak boleh sembarangan memberi nama folder 2. Penamaan file di dalam folder res harus mengikuti aturan penamaan variabel Dibawah ini menjelaskan pengelompokan file berdasarkan foldernya: /res/values Digunakan untuk mendefinisikan strings, colors, dimensions, styles dan array statis string atau bilangan bulat. Dengan konvensi setiap jenis disimpan dalam file terpisah, misalnya string didefinisikan dalam res/values/string.xml B. /res/animator Folder ini berisi animasi dalam bentuk XML untuk properti animasi API yang memungkinkan untuk menghidupkan sifat objek dari waktu ke waktu. C. /res/layout → layout untuk ukuran layout layar normal atau standar D. /res/layout-small → layout untuk ukuran layar kecil E. /res/menu → Folder ini berisi sumber menu yang akan digunakan dalam aplikasi (Options Menu, Context Menu atau submenu)