KRITIK TERHADAP HERMENEUTIKA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Advertisements

METODE MEMAHAMI ISLAM AGAMA ISLAM DIYAKINI MEMILIKI SEGALA KESEMPURNAAN DAN AJARAN YANG LENGKAP, TETAPI TERKESAN KAKU DAN MENJADI BEBAN KARENA DISAMPAIKAN.
AKIDAH.
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
AL-MUQAWQIS, GUBERNUR ROMAWI DI MESIR
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
PEMBAGIAN ILMU HADITS DAN CABANG-CABANGNYA
Pembacaan Al-Qur’an [Pengantar ke Pemikiran Mohammed Arkoun]
AL-QUR`AN.
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Fikom UEU Halomoan Harahap
KOMISI PENGKADERAN TAFSIR ALKITAB.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Korupsi Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat.
Maulid Nabi Muhammad SAW
KONSEP AL-HAAKIM (PEMBUAT HUKUM).
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Islam Normatif dan Historis
PENGERTIAN ETIKA DAN SISTEM ETIKA
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Disusun Oleh:Laila Latifatun Nisa
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
Hermeneutika al-Qur’an (Nashr Hamid Abu Zayd)
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Mata Kuliah Al Qur’an Hadis Oleh Syukur
KONSEP NASAKH DALAM AL-QUR’AN
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
TUGAS KELOMPOK KELAS : 12.5A.21 AGAMA ISLAM.
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENDAHULUAN TUJUAN SYARI’AT ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
KULIAH PERTAMA HAKEKAT AGAMA.
TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
Pengertian Agama Islam
BAB 6: MENJAGA AKHLAK DALAM BERPAKAIAN
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

KRITIK TERHADAP HERMENEUTIKA M Jundullah

Hakikat Hermeneutika Hermeneutika berasal dari kata Yunani hermêneuine dan hermênia yang artinya “menafsirkan” dan “penafsiran”. The New Encyclopedia Britannica menulis, bahwa hermeneutika adalah studi prinsip-prinsip umum tentang interpretasi Bibel. Tujuan utama hermeneutika adalah untuk menemukan kebenaran dan nilai-nilai dalam Bibel.

Lanjutan… Dalam analisis Werner, setidaknya ada tiga lingkungan yang mendominasi pengaruh terhadap pembentukan hermeneutika hingga sekarang: Masyarakat yang terpengaruh mitologi Yunani Masyarakat Yahudi dan Kristen yang mengalami masalah dengan kitab “suci” agama mereka Masyarakat Eropa zaman pencerahan (enlightment) yang berusaha lepas dari otoritas keagamaan membawa hermeneutika keluar konteks keagamaan.

Prinsip Dasar Hermeneutika Hermeneutika muncul atas desakan rasionalisasi atas teks-teks yang dianggap penuh dengan mitos atau jauh dari kenyataan atau bahkan bertentangan dengan akal sehat. Pembagian teks pada dua dimensi, makna literal dan spirit teks. Dekonstruksi otoritas yang terdapat dalam teks, baik otoritas bermakna pengaruhnya dalam masyarakat, atau nilai keahlian teks tersebut. Dalam mekanismenya, hermeneutika menuntut penafsir untuk kembali merujuk pada masa awal teks tersebut tertulis demi mengetahui ruang lingkup yang mengitari pembentukan teks, berikut sisi psikologis sang pengarang untuk mengetahui inti maksud teks tersebut.

Contoh Aplikasi Hermeneutika Dengan menggunakan kritik sejarah dan biblis, Fazlurrahman Mmengatakan lafadz faqtha’û aidiyahumâ (maka potonglah tangan keduanya) ditafsirkan sebagaibentuk perintah untukmenghalangi tangan-tangan pencuri melalui perbaikan ekonomi. Dengan demikian yang menjadi ideal moral dalam kasus ini adalah memotong kemampuan pencuri agar tidak mencuri lagi.

Lanjutan… Dengan menggunakan tafsir relatif Abû Zaid, Muhammad Syahrur menafsirkan Qs. an-Nur: 31 tentang aurat , bahwa aurat itu adalah “Apa yang membuat seseorang malu bila diperlihatkannya”. Kemudian ia menelaskan bahwa “aurat itu tidak berkaitan dengan halal-haram, baik dari dekat maupun dari jauh”. Di samping itu Syahrur menafsirkan Qs. al-Ahzab: 59 tentang jilbab, bahwa ayat itu adalah ayat pengajaran dan bukan ayat pemberlakuan syari’at. Di samping itu ayat ini juga harus dipahami dengan pemahamam temporal karena terkait dengan tujuan keamanan dari gangguan orang-orang iseng, ketika wanita bepergian untuk suatu keperluan.

Dampak Buruk Hermeneutika Munculnya keraguan terhadap kebenaran islam yang bersifat mutlak dan absolut. Mengaburkan (merelatifkan) batasan antara ayat-ayat muhkamât dan mutasyâbihât; ushûl dan furû’; tsawâbit dan mutaghayyirât; qath’iyyât dan zhanniyât. Mereduksi sisi kerasulan Nabi Muhammad SAW sebagai penyampai wahyu hingga pada tingkatan sebatas manusia biasa yang sarat dengan kekeliruan dan hawa nafsu.

Lanjutan… Dekontruksi wahyu akan mengiring pada paham relativisme tafsir Al-Qur’an. Hal ini akan memiliki konsekuensi serius: Kebenaran Al-Qur’an hanya dimiliki Tuhan saja. Mengingkari tugas Nabi yang diutus untuk menyampaikan dan menjelaskan wahyu. Seolah-olah ayat Al-Qur’an tidak memilikipenafsiran yang tetap dan disepakati. Menolak otoritas keilmuan, syarat dan aturan dalam menafsirkan Al-Qur’an Membatalkan konsep dakwah dalam Islam. Membatalkan konsep amar ma’rûf nahi munkar. berlawanan dengan konsep ilmu.

Tokoh Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd Muhammad Syahrur Mohammed Arkoun