PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Advertisements

Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Introduction to Visual Basic 6.0. Salah Satu Bahasa Pemrograman Dikembangkan sekitar tahun 1991 oleh Microsoft Merupakan pengembangan dari bahasa BASIC.
DESIGN INTERFACE.
Abdul Haris, S.Kom. Pengantar Word Ms. Word (Microsoft Word, atau sering disebut Word) merupakan software (program) pengolah kata (word processing) dari.
PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.
Interaksi Manusia dengan Komputer
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
PERANGKAT LUNAK Software.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Komponen teknologi informasi
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
KONSEP INTERFACE
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Prototyping
Pendahuluan.
Prinsip Antarmuka Pengguna
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Pengantar Komputer & Teknologi Informasi 1c
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perancangan Tampilan.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Prinsip Perancangan Antarmuka
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Prinsip Antarmuka Pengguna
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
USER INTERFACE.
Pendahuluan.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
BINA SARANA INFORMATIKA
MENGENAL BERBAGAI PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
Principles of User Interface UI
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
Membangun Sistem Informasi ERP
Introduction to Web & HTML Pertemuan 08
Membangun Sistem Informasi ERP
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Perancangan Tampilan.
Perangkat Lunak Pengolah Kata
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Desain Antarmuka (User Interface Design)
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (microsoft word)
Pendahuluan.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Perancangan Tampilan.
Desain antar muka Julio warman.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE) Pertemuan 4 PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)

Prinsip – Prinsip Desain Antarmuka Merefleksikan Model Mental User Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum Explicit and Implied Action a. Explicit actions Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek. b. Implied actions Kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.

User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi. Direct Manipulation User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi. User Control Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi. Feedback and Communication Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi. Consistency User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.

Mengembangkan Software Yang Baik WYSIWYG (What You See Is What You Get) Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya. Aesthetic Integrity Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik. Mengembangkan Software Yang Baik High Performance Mudah digunakan Penampilan yang baik Reliability Mampu beradaptasi Interoperability Mobility

Mengambil Keputusan Dalam Desain Aplikasi semakin membesar, dan menjadi semakin lambat. User Interface pada aplikasi semakin kompleks. Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan fitur baru menjadi lebih lama. Dokumentasi aplikasi dan dokumen help menjadi lebih melebar. Resiko adanya efek pada fitur yang sudah ada. Meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memvalidasi aplikasi

Mendesain Layout Model Aplikasi Ada 3 Model Aplikasi: Berbasis Dokumen Berbasis Non Dokumen Utilitas

1. Layout Berbasis Dokumen Microsoft Word 2003 Header Menubar Toolbar pane Lembar kerja

Macromedia Flash MX 2004

2. Layout Berbasis Non Dokumen Microsoft Outlook 2003

My SQL

M.Y.O.B

3. Layout Utilitas Ada kecenderungan aplikasi seperti ini menekankan pula pada style disamping fitur aplikasi Power DVD XP

Kaspersky Anti Virus

Control Center Pada Linux