Paradigma dan prinsip interaksi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERTEMUAN – 2 KULIAH SISTEM OPERASI PENGANTAR SISTEM OPERASI
Advertisements

Dahlan Abdullah YM :
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Slide 4 – Pengenalan Sistem Operasi. Course Objective Definisi Sistem Operasi. Peran Sistem Operasi dalam Sistem Komputer. Tujuan Sistem Operasi. Sejarah.
Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Pemodelan & Kualifikasi
Slide 4 – Pengenalan Sistem Operasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PENDAHULUAN. Latar Belakang IMK  Manusia ( user ) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun awam dengan komputer itu.
USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
 Model-model yang akan dibahas berikut ini merepresentasikan user pada saat mereka berinteraksi dengan interface sistem.  Model ini menyertakan aspek.
Copyright©MasYong Operating System 1 SISTEM OPERASI Operating System Concepts Oleh : Mufadhol, S.Kom fb : materi.
Interaksi Manusia dengan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
IMK: HELP&DOKUMENTASI
PRINSIP USABILITY.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Paradigma and Prinsip Interaksi
Slide 2 – Pengenalan Sistem Operasi
Pengantar INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Course Objective Definisi Sistem Operasi.
Pendahuluan.
Prinsip Antarmuka Pengguna
PARADIGMA DAN PRINSIP INTERAKSI
PARADIGMA & PRINSIP IMK
DIALOG.
MINGGU 14 Groupware Suzan Agustri.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Interaksi Manusia dan Komputer
Prinsip Perancangan Antarmuka
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Prinsip Antarmuka Pengguna
USER INTERFACE.
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
paradigma disain Interaksi Manusia - Komputer
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
IMK.
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
(User Interface Design--UID)
Principles of User Interface UI
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Pertemuan Keenam Paradigma dan Prinsip Penggunaan
Chapter 7 design rules.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Desain Antarmuka (User Interface Design)
Pendahuluan.
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
PENGENALAN KONSEP IMK.
PRINSIP USABILITY.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Design Rules INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER LUTFI FANANI
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER PENDAHULUAN.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Paradigma dan prinsip interaksi

Masalah sehubungan dengan pendayagunaan sistem interaksi: Bagaimana suatu sistem interaksi dibangun supaya mempunyai daya guna yang tinggi? Bagaimana mengukur atau mendemonstrasikan daya guna suatu sistem sistem interaksi?

Dua pendekatan PARADIGMA: Sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut PRINSIP: Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan seperti psikologi, komputasi dan sosiologi, yang mengarahkan pada peningkatan desain dan evolusi produk yang pada akhirnya akan meningkatkan daya guna sistem tersebut

Jenis paradigma Time-sharing Video Display Unit Programming Toolkits Personal Computing Window System dan WIMP Interface Metaphor/Metafora Direct Manipulation Language versus action Hypertext Multi-modality Computer-supported cooperative work

Sifat yang mempengaruhi pendayagunaan Learnability : kemudahaan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi Robustness : tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan yang diinginkan

Prinsip yang memengaruhi learnability Predictability: mendukung user untuk menentukan efek dari future action berdasarkan catatan atau sejarah interaksi sebelumnya Synthesizability: mendukun user untuk memperkirakan efek dari operasi sebelumnya pada keadaan saat ini Familiarity: pengetahuan dan pengalaman user dalam domain berbasi komputer atau dunia nyata lainnya dapat diterapkan ketika berinteraksi dengan sistem yang baru

Prinsip yang memengaruhi learnability (Con’t) Generalizability : mendukung user untuk menambah pengetahuan dari interaksi spesifik di dalam dan diluar aplikasi ke situasi lain yang mirip Consistency : kemiripan dalam perilaku input atau output yang muncul dari situasi atau tugas obejktif yang sama

Prinsip yang memengaruhi fleksibilitas Dialog Initiative : Memungkinkan user terbebas dari kendala-kendala buatan pada dialog input yang dipaksakan oleh sistem Multi Treading : kemampuan sistem untuk mendukung interaksi user yang berhubungan dengan lebih dari satu task pada satu waktu Task Migratability : Kemampuan untuk melewatkan/memberikan kontrol dari eksekusi task yang diberikan sehingga menjadi task internal user atau sistem atau berbagi antara keduanya

Prinsip yang memengaruhi fleksibilitas (con’t) Substitutivity : Memungkinkan nilai-nilai ekuivalen antara input dan output yang masing-masing secara bebas dapat disubstitusi Customizability: kemampuan user interface untuk dimodifikasi oleh user atau sistem

Prinsip yang memengaruhi robustness Observatibility : kemampuan user untuk mengevaluasi keadaan sistem internal dari representasi yang dapat dimengerti/dirasakan Recoverability : kemampuan user untuk melakukan koreksi bila sebuah kesalahan telah dikenali Responsiveness : Bagaimana user mengetahui/menyadari laju komunikasi dengan sistem Task Conformance : Tingkatan dimana sistem pelayanan mendukung semua task yang user ingin lakukan dan dengan cara yang user ketahui