ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Algoritma dan FlowChart
Teknologi Informasi ~ Komputasi dan Pemrograman ~ Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
Modular Programming Slamet Kurniawan, S.Kom.
Tugas Besar Input & Transformasi
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Pemrograman
Praktikum Grafika Komputer
Asal Usul Bahasa C Visual Studio 2008 Program C++ Sederhana
Algoritma dan Struktur Data
Memulai Pemrograman C++
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
FUNCTION / FUNGSI.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
Bab 5 Pengulangan.
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
Pengulangan WHILE.
STRUKTUR DATA Pointer dan Function
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pengantar Algoritma.
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Fungsi dan Prosedur.
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
BAB I PENDAHULUAN.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Mahasiswa diharapkan dapat:
PEMROGRAMAN DASAR.
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Prosedur dan fungsi By Serdiwansyah N. A..
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK09: OpenGL Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Algoritma & Pemrograman
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PERULANGAN (LOOPING).
MODUL 2.
MODULAR (FUNGSI)
Pertemuan 26 PRAKTEK ANALISIS ALGORITMA
LATIHAN 26 Buatlah sebuah algoritma untuk menampilkan jumlah faktor pembagi bilangan X, dengan X adalah 1 hingga N ! Misal Jumlah faktor dari 1 adalah.
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
BAB 4 Tools untuk Menggambar : Window dan viewport
Castaka agus sugiato, M.Kom., M.CS
02 |Introduction to OpenGL
Graphical User Interface (GUI)
BAB VI – FRIEND (KHUSUS C++)
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
MODULAR (FUNGSI)
Pertemuan 2 Pengantar Bahasa C dan Lingkungan Pemrograman Grafik dengan OpenGL Senin Wage, 28 September 2009.
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Keterampilan komputer 1AB
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
02 |Introduction to OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library)
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
02 |Introduction to OpenGL
Algoritma dan Flowchart
Oleh : Pramesthi Handaru
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
PROCEDURE DAN FUNGSI.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
02 |Introduction to OpenGL
TRANSFORMASI.
TRANSFORMASI & Flipping Coin
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR I Putu Kusuma Wijana

Pengertian Algoritma Algoritma adalah suatu urutan instruksi yang tidak ambigu untuk menyelesaikan suatu masalah, yaitu untuk mendapatkan hasil yang disyaratkan untuk setiap input logis dalam suatu jangka waktu tertentu. Secara sederhana algoritma merupakan penyelesaian masalah secara prosedural.

Jenis - Jenis Algoritma Divide and Conquer, paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil. Pembagian masalah ini dilakukan terus menerus sampai ditemukan bagian masalah kecil yang mudah untuk dipecahkan. Singkatnya menyelesaikan keseluruhan masalah dengan membagi masalah besar dan kemudian memecahkan permasalahan-permasalahan kecil yang terbentuk. Decrease and Conquer didasarkan pada pemanfaatan hubungan antara solusi dari contoh masalah yang diberikan dan solusi dari contoh masalah yang lebih kecil dari masalah yang sama. Terdapat tiga variasi utama decrease and conquer, yaitu penurunan sebuah konstanta, penurunan dengan faktor konstan, dan penurunan ukuran variabel. Dynamic programming, paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih. Paradigma ini sekilas terlihat mirip dengan paradigma Divide and Conquer, sama-sama mencoba untuk membagi permasalahan menjadi sub permasalahan yang lebih kecil, tapi secara intrinsik ada perbedaan dari karakter permasalahan yang dihadapi. Greedy algorithm, sebuah greedy algorithm mirip dengan sebuah pemrograman dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap tahap; dan menggunakan pilihan “serakah” apa yang dilihat terbaik pada saat itu.

Jenis - Jenis Algoritma (2) Adapun jenis-jenis algoritma yang lain adalah : Bahasa Semu (pseudocode) yaitu dengan menggunakan bahasa sehari-hari, tetapi harus jelas dan struktur. Diagram Alir/Alur (Flowchart) yaitu dengan membuat suatu penulisan atau penyajian algoritma berupa diagram yang menggambarkan susunan alur logika dari suatu permasalahan.

Open GL Open GL adalah API yang dikenalkan oleh SGI (Silicon Graphic Inc)  pertama kali pada tahun 1980. Awalnya Open GL diciptakan hanya untuk mendukung proses rendering untuk computer grafik produksi SGI. Namun akhirnya dijadikan standart bagi selurh perusahaan hardware dan software d seluruh dunia. OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah Cross-Bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana.

membuat gambar 2 Klik File --> New --> Project

Tuliskan nama project lalu pilih Empty Project setelah itu Save project Anda

Klik Kanan pada project Anda lalu pilih New File

#include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <gl/glut.h>   using namespace std; void tampil(){      glClearColor (1.0,1.0,1.0,1.0); //warna dasar putih      glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);             glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);//warna kuning      glBegin(GL_POLYGON); //persegi kuning      glVertex2f(0,0.5);      glVertex2f(0.5,0);      glVertex2f(0,-0.5);      glVertex2f(-0.5,0);      glEnd ();      glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); //warna biru      glBegin(GL_POLYGON); // persegi biru      glVertex2f(-0.5,1);      glVertex2f(-1,0.5);    

glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); //warna merah             glBegin(GL_POLYGON); //persegi merah      glVertex2f(0.5,1);      glVertex2f(0,0.5);      glVertex2f(0.5,0);      glVertex2f(1,0.5);      glEnd ();      glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); //warna hijau      glBegin(GL_POLYGON); //persegi hijau      glVertex2f(-0.5,0);      glVertex2f(-1,-0.5);      glVertex2f(-0.5,-1);      glVertex2f(0,-0.5);      glColor3f (1.0, 0.0, 1.0); //warna ungu      glBegin(GL_POLYGON); //persegi ungu      glVertex2f(0.5,-1);      glVertex2f(1,-0.5);      glFlush();      }   int main(int argc, char *argv[]) {     printf("ditampilkan Kotak Berwarna");     glutCreateWindow("Kotak Berwarna by Andi Sholihin");     glutDisplayFunc(tampil);     glutMainLoop();     system("PAUSE");     return EXIT_SUCCESS; }

Sebelum di Compile, terlebih dahulu klik menu Project --> Project Options (Alt+P)

Klik Tab Parameter dan masukkan kode berikut ini agar proses compile berjalan lancar. -lglut32 -lglu32 -lopengl32 -lwinmm -lgdi32 perhatikan gambar berikut ini.

Setelah itu, klik Menu Execute --> Compile and Run, simpan file terlebih dahulu. Hasilnya seperti berikut ini.

Terima Kasih