Analisis dan Desain Berorientasi Obyek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Pemrograman Berorientasi Objek
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pengantar Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Lebih Lanjut Tentang UML
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Architecture dan design
Perancangan dan pemrograman web Pertemuan 15
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
BAB 1 KONSEP OOP.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Perancangan Berorientasi objek
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Lebih Lanjut Tentang UML
Analisa Desain Berorientasi Objek
Entity Relationship Diagram
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Perancangan Sistem Informasi
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
BAB 1 KONSEP OOP.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PARADIGMA BERORIENTASI OBJEK
Konsep objek.
Perancangan Berorientasi objek
Pertemuan 4 Object and Class.
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Pertemuan 3 OOAD Coad Yourdon Pendahuluan + Notasi
Pertemuan 7.
Object Oriented Programming
Entity Relationship Diagram
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak
Bina Sarana Informatika
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Perancangan PL berorientasi objeck
Pemrograman Berorientasi Objek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Entity Relationship Diagram
PERTEMUAN II PENGANTAR
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Desain Sistem.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Perancangan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek PERTEMUAN 1.
Pemrograman Berorientasi Objek
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Pertemuan 4 Object and Class.
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Perancangan Perangkat Lunak
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Perancangan Perangkat Lunak
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Transcript presentasi:

Analisis dan Desain Berorientasi Obyek Pertemuan 2 Asrianda, S. Kom

Konsep Dasar Pendekatan Objek Suatu teknik atau cara pendekatan baru dalam melihat permasalahan dari sistem (sistem perangkat lunak, sistem informasi, atau sistem lainnya). Pendekatan berorientasi objek akan memandang sistem yang akan dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondensi dengan objek-objek dunia nyata. Ada banyak cara untuk mengabstraksikan dan memodelkan objek-objek tersebut, mulai dari abstraksi objek, kelas, hubungan antar kelas sampai abstraksi sistem. Saat mengabstraksikan dan memodelkan objek ini, data dan proses-proses yang dipunyai oleh objek akan dienkapsulasi (dibungkus) menjadi satu kesatuan

Konsep Dasar Pendekatan Objek

Konsep Dasar Pendekatan Objek Dari aktivitas kuliah tersebut, secara eksplisit ada 3 objek yang langsung dapat dikenali yaitu Dosen yang memberikan kuliah, Mahasiswa yang mengikuti kuliah, dan Materi Kuliah yang disampaikan.

Konsep Dasar Pendekatan Objek Secara implisit, ada 2 objek lain yang bisa dikenali lagi yaitu : Jadwal kapan kuliah diadakan dan Nilai yang didapat mahasiswa dari kuliah yang sudah diikutinya.

Konsep Dasar Pendekatan Objek

Konsep pendekatan berorientasi objek Tahap analisis, Perancangan, pemrograman, dan Pengujian perangkat lunak.

Apakah yang disebut kelas? Kelas adalah kumpulan dari objek-objek dengan karakterikstik yang sama. Kelas adalah definisi statik dari himpunan objek yang sama yang mungkin lahir atau diciptakan dari kelas tersebut. Sebuah kelas akan mempunyai sifat (atribut), kelakuan (operasi), hubungan (relationship) dan arti. Suatu kelas dapat diturunkan dari kelas yang lain, dimana atribut dari kelas semula dapat diwariskan ke kelas yang baru.

Apakah yang disebut objek Objek adalah abstraksi dari sesuatu yang mewakili dunia nyata seperti benda, manusia, satuan organisasi, tempat, kejadian, struktur, status atau hal-hal lain yang bersifat abstrak. Suatu entitas yang mampu menyimpan informasi (status) dan mempunyai operasi (kelakuan) yang dapat diterapkan atau dapat berpengaruh pada status objeknya. Dalam konteks OOP, objek adalah instansiasi (yang dibentuk secara seketika) dari kelas pada saat eksekusi (seperti halnya deklerasi variabel pada pemograman prosedural). Jadi semua objek adalah instan dari kelas. Objek mempunyai siklus hidup: diciptakan, dimanipulasi, dan dihancurkan.

Kesimpulan Objek adalah model eksekusi, sementara kelas adalah deskripsi statik dari objek yang mungkin lahir pada saat eksekusi. Pada saat eksekusi yang kita punyai adalah objek, sementara dalam pemodelan (analisis dan perancangan) dan teks program yang kita lihat adalah kelas.

Property Objek Attribut Layanan (Service)

Attribut Nilai atau elemen-elemen data yang dimiliki oleh objek dalam kelas objek. Merupakan ciri dari sebuah objek Dipunyai secara individual oleh sebuah objek. Contoh: berat, warna, jenis, nama, dan sebagainya.

Layanan (Service) Metode atau operasi yang berfungsi untuk memanipulasi objek itu sendiri. Fungsi atau transformasi yang dapat dilakukan terhadap objek atau dilakukan oleh objek. Dapat berasal dari: - model objek - event - aktivitas atau aksi keadaan - fungsi - kelakuan dunia nyata Contoh: Read, Write, Move, Copy dan sebagainya.

Klasifikasi Objek Menurut [BOO95] ADT (Abstract Data Type) Definisi dari kelas dimana komponen type menjadi atribut dan fungsi primitif menjadi operasi/metode/layanan. Mesin Objek pasif yang punyai status yang akan diaktifkan oleh objek lain. Fungsi primitif pada mesin merupakan mekanisme transisi yang mengubah suatu status ke status lain. Proses Objek aktif yang mempunyai “urutan kendali” (thread of control)