Analisis dan Desain Berorientasi Obyek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

Review Pertemuan 12 (Terakhir).
Pemrograman Sistem terdistribusi
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Object Oriented Programming
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Perancangan Sistem PSI-MK5.
Unified Modelling Language (UML)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pertemuan 6 Structural modelling
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
Architecture dan design
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Konsep & Prinsip Analisis
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Metode Desain Dr. Ema Utami, S.Si, M.Kom.
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
PEMODELAN PERANCANGAn
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Terminologi Object Oriented Analaysis adalah metode analisis yang memeriksa requirements (syarat/keperluan yang harus dipenuhi suatu sistem) dari sudut.
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Object Oriented Analysis (OOA)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
Spesifikasi Perangkat Lunak
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Desain Sistem.
OOidentity, state and behavior
Perancangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN PROYEK (UML)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
DIAGRAM HUBUNGAN ANTAR ENTITAS (ERD)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
10 Perancangan Arsitektural
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Bina Sarana Informatika
Analisis Model.
Konsep Dasar Disain Berorientasi Obyek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Unified Modelling Languange (UML)
METHODOLOGYAND UML.
Bina Sarana Informatika
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Desain Sistem.
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Analisis dan Desain Berorientasi Obyek Pertemuan I Asrianda, S. Kom

Keunggulan Analisan Berorientasi Objek Stabilias Sistem Kemampuan Perubahan Penggunaan Ulang Komponen Software Sistem berbasis realiti Kemampuan Akses Data Keterkaitan dan Kepemilikan user

Definisi Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep

Definisi Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Definisi Pemodelan (modeling) adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding).  Model piranti lunak dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh

Definisi Analisis dan desain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata.  Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas Model berorientasi objek bermanfaat untuk memahami masalah, komunikasi dengan ahli aplikasi, pemodelan suatu organisasi, menyiapkan dokumentasi serta perancangan program dan basis data. 

Definisi Pertama-tama suatu model analisis dibuat untuk menggambarkan aspek dasar dari domain aplikasi, dimana model tersebut berisi objek yang terdapat dalam domain aplikasi termasuk deskripsi dari keterangan objek dan perilakunya.

Pengertian Identitas berarti bahwa data diukur menjadi deskrit yang membedakan entitas disebut objek. Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi mengenai kelas atau objek dimana atribut tersebut berada. Metode adalah subprogram yang tergabung dalam objek bersama – sama dengan  atribut. Metode     dipergunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut. Sering juga disebut   sebagai procedure atau function.

Pengertian Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek dengan objek lain dengan cara mengikirimkan pesan oleh suatu objek kepada objek tertentu. Operasi merupakan fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku kelas suatu objek Properti Objek merupakan Layanan (Service) metode atau operasi yang berfungsi untuk memanipulasi objek itu sendiri.  Fungsi atau transformasi yang dapat dilakukan terhadap objek atau dilakukan   oleh objek. 

Pengertian Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Sebuah objek memiliki keadaan sesaat yang disebut state. Class adalah himpunan objek yang sejenis yaitu mempunyai sifat (atribut), perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. Class adalah abstraksi dari objek dalam dunia nyata. Class menetapkan spesifikasi perilaku dan atribut dari objek tersebut.

Pengertian Objek Sebuah objek adalah kotak hitam. Konsep ini menjadi dasar implementasi objek. Dalam operasi Orientasi Objek hanya developer yang dapat memahami detail proses yang ada didalam kotak tersebut, sedangkan user tidak perlu mengetahui apa yang dilakukan yang penting mereka dapat menggunakan objek untuk memproses kebutuhan mereka. Kotak hitam berisi kode dan data

KAPAN PERANCANGAN TERSTRUKTUR DI PEKENALAKAN Metode ini diperkenalkan pada tahun 1970, yang merupakan hasil turunan dari pemrograman terstruktur. Metode pengembangan dengan metode terstruktur ini terus diperbaiki sampai akhirnya dapat digunakan dalam dunia nyata.

Pengertian Model Objek Model objek yaitu menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya yang berisi diagram objek yaitu suatugraph dimana node-nya adalah kelas yang mempunyai relasi antar kelas.

Pengertian Model Dinamik Model dinamik yaitu menggambarkan aspek dari sistem yang berubah setiap saat yang dipergunakan untuk menyatakan aspek kontrol dari sistem yang berisi state diagram yaitu suatu graph dimana node-nya adalah state dan arc adalah trannsisi antara state yang disebabkan oleh event.

Model Fungsional Model fungsional yaitu menggambarkan transformasi nilai data di dalam sistem yang flow diagram yaitu suatu graph dimananodenya menyatakan proses dan arc- nya adalah aliran data.

Ciri-ciri utama teknik terstruktur 1. Merancang berdasar modul adalah Modularisasi adalah proses yang membagi suatu sistem menjadi beberapa modul yang dapat beroperasi secara independen. 2. Bekerja dengan pendekatan top-down Dimulai dari level atas (secara global) kemudian diuraikan sampai ke tingkat modul (rinci).

Ciri-ciri utama teknik terstruktur 3. Dilakukan secara iterasi Dengan iterasi akan didapat hasil yang lebih baik, terlalu banyak iterasi juga akan menurunkan hasilnya dan menunjukkan bahwa tahap sebelumnya tidak dilakukan dengan baik 4. Kegiatan dilakukan secara paralel Pengembangan subsistem-subsistem dapat dilakukan secara paralel, sehingga akan memperpendek waktu pengembangan sistem

Keuntungan berorientasi objek 1. meningkatkan produktivitas karena kelas dan objek yang ditemukan dalam suatu masalah masih dapat dipakai ulang untuk masalah lainnva yang melibatkan objek tersebut (reusable) 2. kecepatan pengembangan karena sistem yang dibangun dengan baik dan benar pada saat analisis dan perancangan akan menyebabkan berkurangnva kesalahan pada saat pengkodean kemudahan pemeliharaan

Keuntungan berorientasi objek 3. karena dengan model objek, pola-pola yang cenderung tetap dan stabil dapat dipisahkan dan pola-pola yang mungkin sering berubah- ubah adanya konsistensi karena sifat pewarisan dan penggunaan notasi yang sama pada saat analisis, perancangan maupun pengkodean. meningkatkan kualitas perangkat lunak

Keuntungan berorientasi objek 4.  Karena pendekatan pengembangan lebih dekat dengan dunia nyata dan adanya konsistensi pada saat pengembangannva, perangkat lunak yang dihasilkan akan mampu memenuhi kebutuhan pemakai serta mempunyai sedikit kesalahan.