Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Interaksi Manusia dan Komputer
Advertisements

Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
komponen antarmuka pengguna
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Ragam dialog Pertemuan 3.
Pendahuluan.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Teori, Prinsip dan Pedoman
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Panduan Merancang Interface
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Mobile Device User Interface
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KEBERGUNAAN (USABILITY)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Prinsip Perancangan Antarmuka
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Interaksi Manusia Dan Komputer
IMK.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Designing the User Interface:
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer (satria@pcr.ac.id)

Terminologi Interaksi Manusia Komputer “ Interaksi Manusia dan Komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, evaluasi sistem interaktif dari berbagai aspek yang terkait”. Dari Terminologi, dapat Disimpulkan 2 Perspektif dari IMK: 1. Ilmu Komputer 2. Manusia

Perubahan Paradigma Mainframe  PC Glass tty  WIMP Interface Cards, Tape  VDU Mainframe  PC Glass tty  WIMP Interface Commands  Direct Manipulation Direct Manipulation  Agents Visual  Multimedia Linear  Web-like Desktop  Ubiquitos, Mobile Single user  CSCW Purposal Used  Situated used

Pentingnya User Interface Terdapat 2 faktor kenapa pentingnya user interface: 1. Faktor Komputer  terjadinya peningkatan penggunaan komputer 2. Faktor Fungsionalitas  perubahan paradigma dari “power to ease of use”

Media Interface Interface..? Program aplikasi memiliki 2 bagian: Front End Back End Media interface terbagi 2: Tekstual Graphical User Interface Front end: bagian yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer Back end: bagian yang berfungsi mengolah informasi berdasarkan olahan data dari pengguna

IDE

Prinsip Pengembangan User Interface Prinsip 1: Kenali perbedaan user Prinsip 2: Gunakan 8 aturan emas perancangan antar muka pemakai Prinsip 3: Cegah kesalahan

Prinsip 1: Kenali Perbedaan User Jenis-jenis pemakai: Novice (first-time users) Knowledgeable intermittent users Expert frequent users

Novice (First-time Users) Konsep tugas dan antarmuka dangkal. Perancangan: Batasi jumlah pilihan Umpan balik yang informatif Manual dan tutorial online yang efekftif.

Knowledgeable Intermittent Users Konsep tugas stabil. Konsep antarmuka luas namun sulit mengingat sintaktik. Perancangan: Struktur menu yang rapi Konsistensi Kejelasan antarmuka yang jelas Perlindungan dari bahaya karena eskplorasi fitur.

Expert Frequent Users Terbiasa dengan konsep tugas dan antarmuka. Ingin pekerjaan cepat selesai. Perancangan: Makro Shortcuts Singkatan, dsb.

Prinsip 2: Gunakan Delapan Aturan Emas Perancangan UI Berusaha untuk konsisten. Memungkinkan frequent users menggunakan shortcuts. Memberikan umpan balik yang informatif. Merancang dialog yang memberikan penutupan (keadaan akhir). Memberikan pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan yang sederhana. Memungkinkan pembalikan aksi yang mudah. Mendukung pusat kendali internal (internal locus of control). Mengurangi beban ingatan jangka pendek.

Prinsip 3: Cegah Kesalahan Membetulkan pasangan yang bersesuaian Menempatkan tanda pembuka dan penutup dalam satu aksi. Mengingatkan pemakai bahwa tanda penutup belum dipasang.

Prinsip 3: Cegah Kesalahan (Lanj.) Melengkapi urutan aksi Memungkinkan penggabungkan aksi-aksi menjadi suatu aksi baru dengan makro atau sejenisnya. Melakukan aksi-aksi yang tergantung aksi lain secara automatis.

Prinsip 3: Cegah Kesalahan (Lanj.) Membetulkan perintah Mengenali kekurangan perintah dan melengkapinya. Memberikan pilihan sebagai ganti mengetik.

Bidang Studi yang Terlibat IMK Ilmu Komputer Liguistik Filosofi Matematika IMK Seni Grafis Sosiologi Artificial Intelligence Seni Antropologi Psikologi

Q & A

Sumber Lieteratur 1. Gambar dari images google 2. Insap Santoso. Interaksi Manusia dan Komputer (Edisi 2). 2009. Yogyakarta: Penerbit Andi