Interaksi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI Pertemuan ketiga – Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Pemodelan & Kualifikasi
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
KOMPONEN SPK.
Bina Sarana Informatika
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia dengan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Pert 4 Interaksi.
Kerangka Kerja & Paradigma Interaksi
INTERAKSI.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Pertemuan 4 | Interaksi Manusia dan Komputer | UDINUS
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
INTERAKSI.
KONSEP INTERFACE
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
interaksi Interaksi Manusia - Komputer
Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Interaksi manusia komputer
DIALOG.
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Interaksi Manusia Dan Komputer
4 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
Chapter 6 Dialog Management Subsystem (diambil dari edisi ke 5 bab 6)
Human-Computer Dialogue
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
RAGAM DIALOG.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Paradigma dan prinsip interaksi
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.
Ragam Interaksi.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

interaksi

Terminologi interaksi Domain: Suatu area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata Goal: Menginginkan hasi dari suatu task (tugas) Task: operasi untuk memanipulasi muatan dari domain Intention: Aksi khusus untuk menemukan tujuan yang diinginkan Task analisis: identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain, tujuan, tugas dan maksud System: Aplikasi komputer Task Language: Bahasa user, menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi pengguna Core Language: Bahasa sistem yang menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi sistem

Siklus interaksi Menetapkan tujuan Membentuk intention Menetapkan rangkaian aksi Melaksanakan aksi Melihat kondisi sistem Menginterpretasikan kondisi sistem Mengevaluasi kondisi sistem sehubungan dengan goal dan intention execution goal system evaluation

Kerangka kerja interaksi Menurut Donald Norman: Pengguna menentukan tujuannya Merumuskan keinginan Menspesifikasikan aksi pada antarmuka Mengeksekusi aksi Mempersepsi status sistem Menginterpretasikan status sistem Mengevaluasi status sistem yang berhubungan dengan tujuan

Kerangka kerja interaksi Menurut Abowd dan Beale User Input System Output

ergonomi Mempelajari karakteristik fisik dari interaksi Bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas-tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia beserta batasnya (faktor kenyamanan kerja) Melihat sesuatu sebagai: Pengaturan dari berbagai kontrol dan tampilan Lingkungan yang melingkupinya Masalah kesehatan Penggunaan warna Ergonomi baik untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem

Gaya interaksi Antarmuka baris perintah (command lines) Menu Bahasa sehari-hari (natural language) Pertanyaan/Jawaban dan dialog pertanyaan (query) Borang isian dan lembar kerja WIMP (Windows, Icon, Pointer dan Menu)

5 generasi perkembangan user interface Antarmuka sistem berkelompok: user berinteraksi dengan sistem melalui pengantar kerja secara berkelompok Antarmuka berorientasi baris perintah: diperkenalkan tahun 1960-an, digunakan pertama kali oleh Tele-type (TTY). Pengguna berinteraksi dengan mengetikkan perintah. Antarmuka full screen: pengisian borang, memungkinkan pemasukan data lebih dari satu. Antarmuka pengguna bergrafik (GUI): menggunakan bentuk visual. Antarmuka WIMP

Antarmuka Pengguna Masa Depan Menambahkan unsur animasi objek dan audio, tiga dimensi, realitas maya. Lebih berorientasi pada objek daripada segi pengolahan instruksi dan fungsi. Contoh: Embodied interaction: menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke komputer 3D virtual reality: perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk ke dunia maya Sensing Affect: merasakan suhu, melihat lingkungan, mendengar suara di lingkungan Sensor Networks: sensor ditempatkan jauh dari komputer, bisa mendeteksi vision dan suara Cyborg: komputer mini dimasukkan ke dalam robot.