MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
A photography workshop by featuring. Objectives 1. Menghasilkan foto yang tidak buram dan tidak goyang 2. Menghasilkan foto yang tidak gelap 3. Menghasilkan.
Advertisements

FOTOGRAFI.
Kategori Desain Grafis
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
DASAR KOMPOSISI PADA FOTOGRAFI
Selamat Datang pada sesi ini
5. MEMANFAATKAN CAHAYA/BAYANGAN COPYRIGHT : TEDY &
DISAIN TIM.
Minggu XII HALAMAN WEBSITE DIBUAT DENGAN HTML
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
PEMBUATAN VIDEO PARIWISATA KOTA SURABAYA BERJUDUL “SPARKLING SURABAYA”
Happy Yugo Prasetiya S.Sn
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
Menggambar perspektif
bahrur rosyidi duraisy - educational technology
Fotografi Kehumasan Irsan Mulyadi.
Mata Pelajaran:Seni Budaya
Photography By : MG. Robert F. Damaling.
WAHYU TRIANINGRUM, Fotografi Aktivitas Penambang Minyak Tradisional di Cepu.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN

PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Komposisi di dalam Fotografi
Definisi Desain Grafis
Modul 6 Foto Jurnalistik
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Desain Interior II PERSPEKTIF dan MAKET Pertemuan 37, 38 & 39
Pertemuan 2 Titik dan Garis Godham eko saputro, S.Sn, M.Ds
Bahasa visual Untuk Media internal.
Kelompok 6 Defi Desiana ( ) Nurul Hasanah ( ) Legiyem ( )
Definisi Desain Grafis
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Disarikan oleh : siti khusnul k
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Disarikan oleh : siti khusnul k
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
APERSEPSI Benda-benda di alam wujudnya 3 dimensi, sedangkan kita menggambar pada bidang kertas 2 dimensi. Bagaimana agar benda.
Komponen / Elemen Desain Grafis
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Pertemuan 5 Judul : Komposis Foto.
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
Pengembangan Media Foto
Lighting & Art Materials
GAMBAR DENGAN 1 TITIK HILANG
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Bahasa visual Untuk Media internal.
Menggambar perspektif
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
Menggambar 9 Kubus 3 Dimensi Teknik Perspektif 1 titik hilang Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) SMP Kelas VII Semester 2 Standar Kompetensi dan Kompetensi.
Foto Jurnalis Bahasa Gambar MATERI compiled & designed by:
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
Produksi Berita TV syaiful HALIM.
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
PENYEDIAAN BAHAN PAMERAN
Rupa Dasar 3D Oleh: Desi Dwi Kristanto, M.Ds. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Memproduksi Foto Cantik dengan Komposisi Pas Memotret makanan memerlukan dedikasi yang tidak sekedar basa-basi. Setiap detail dipertimbangkan dan setiap.
pertemuan 1 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
MEDIA PEMBELAJARAN. LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim

Komposisi © syaifulhalim

RULE OF THIRD Di dalam dunia fotografi, fotografer haruslah mengenal istilah "Rule of Third". Rule of third atau aturan 1/3 bagian merupakah petunjuk bagaimana cara memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab penempatan foto pada 1/3 bagiannya selalu enak dilihat. Tetap bergantung dengan kreatifitas fotografer dalam mengambil gambar.

ELEMEN KOMPOSISI Secara sederhana bisa dikatakan, komposisi adalah seni untuk menciptakan harmoni pembagian bidang dengan memanfaatkan berbagai elemen visual yang tersedia: alur garis, bentuk, cahaya dan bayangan, warna dan tekstur. Dalam fotografi, kita dituntut untuk menciptakan karya tiga dimensi di atas bidang dua dimensi, satu dimensi itu garis lurus. Karena itulah, kita harus belajar memanfaatkan elemen komposisi secara efektif, seperti alur garis, perspektif dan titik hilang repetisi, cahaya dan bayangan, bingkai dan latar depan yang dominan agar dapat menghasilkan karya foto yang kuat dalam visual dan isi.

ALUR GARIS Alur garis merupakan sebuah alat visual untuk mengarahkan pandangan ke bagian utama dari komposisi kita. Bahkan alur garis itu sendiri bisa menjadi elemen yang paling menarik dari komposisi kita. Alur garis bisa bergerak secara diagonal ke satu arah, melingkar, meliak-liuk, atau tegak lurus menghilang ke horizon seperti dapat kita lihat pada contoh berikut: Foto : Sophan Wahyudi

Perspektif dan Titik Hilang Foto : Sophan Wahyudi Perspektif dan Titik Hilang Ukuran benda yang semakin mengecil kearah infiniti membantu menciptakan tiga dimensi yang kuat, sekaligus memberikan kedalaman dalam komposisi. Masjid Taman sari terlihat kubah masjid yang semakin mengecil menciptakan kesan tiga dimensi yang kental.

REPETISI Repetisi garis atau bentuk selalu dapat menciptakan efek visual yang menarik. Terkadang dengan memasukan elemen yang dapat memecahkan kesan menonton dari pengulangan akan membuat komposisi kita jauh lebih kuat. Foto : Sophan Wahyudi

foto-foto : Sophan Wahyudi BINGKAI Teknik memberikan bingkai merupakan satu elemen komposisi yang tidak pernah gagal menciptakan foto dengan efek tiga dimensi yang kental. Foto Taman Sari memiliki komposisi bingkai pintu yang kuat. Dengan memasukan elemen tambahan candi Taman Sari, Yogyakarta tampilan komposisi semakin hidup, dan foto pengamanan pengungsi aceh darurat militer 2003, yang terlihat seram foto-foto : Sophan Wahyudi

ATURAN DASAR KOMPOSISI HANYA ADA SATU PUSAT PERHATIAN Mengapa hanya satu ada satu pusat perhatian? Karena akan memberikan komposisi kita satu titik daya tarik yang menciptakan dampak visual yang kuat pada pandangan pertama dan sekaligus memberikan daya tarik yang memikat pada komposisi kita secara keseluruhan. Foto : Sophan Wahyudi

CIPTAKAN ARAH PANDANGAN YANG JELAS Foto : Sophan Wahyudi Komposisi yang bagus harus bisa memandu pandangan mata kita ke bagian terpenting dari foto sehingga foto kita akan dapat bercerita secara fasih tentang ide atau pesan yang ingin kita sampaikan melalui foto

IKUTI ATURAN SEPERTIGA BIDANG Foto : Sophan Wahyudi Hampir tidak ada aturan yang bisa salah bila kita mengikuti aturan sepetiga bidang (Rule of Thirds) dalam menciptakan komposisi.

KOMPOSISI YANG BAGUS ADALAH YANG TERASA ENAK DI HATI Komposisi adalah penggambaran dari cara unik kita dalam melihat dan menerjemahkan gambar pengalaman emosional kita saat itu. Bagaimana kita akan merekamnya, juga bergantung pada interpretasi pribadi kita yang khas. Terkadang hanya dengan mengikuti apa yang terasa enak di hati dalam hal arti, suasana hati keharmonisan dan artistik, akan berhasil membantah kita menciptakan sebuah komposisi yang kuat.

TUJUAN PERKULIAHAN memahami perkembangan teknologi industri penyiaran memahami pola kegiatan di lingkungan industri penyiaran memahami teori dan praktik tata fotografi elektronika untuk televisi, baik secara single-cam atau multy-cam memahami faktor-faktor pendukung dalam kegiatan tata fotografi elektronika untuk televisi, baik secara taping atau live

REFERENSI Millerson, Gerald. 2003. Video Camera Technique. Oxford: Focal Press. Ward, Peter. 2003. Digital Video Camerawork. Oxford: Focal Press. Musbuburger, Robert B. 2003. Single-Camera Video Production. Oxford: Focal Press. Simon, Steve. 2013. The Passionate Photographer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Terima Kasih drs. syaiful HALIM, M.I.Kom