Disampaikan dalam Daurah Marhalah I KAMMI Komisariat Universitas Negeri Jakarta Villa Kaca, Puncak, Jawa Barat Sabtu, 16 November 2013.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sebuah rencana perbuatan untuk membangun Jakarta (juga Indonesia)
Advertisements

Organisasi Otonom Aisyiyah.
DASAR PEMIKIRAN PERSOALAN POLITIK TIDAK DAPAT DILEPASKAN
Ortom Muhammadiyah.
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
By: Muhammad Budi Prasetyo
Aktivis Hari Ini Pemimpin Masa Depan
Mengenal Gerakan Mahasiswa
WAWASAN NUSANTARA Oleh : Aditya Hendra Moh. Khoirul Anwar
MUHAMMADIYAH sebagai gerakan dakwah
Miftachul Choiriyah. Motivasi sebagai Substansi Kehidupan Motivasi adalah Kristalisasi formula-formula visi, misi serta orientasi yang terpadu dan terintegrasi.
Problematika Umat Islam
BAB VIII POLITIK.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Alvin Toffler, mengatakan bahwa salah satu gejala negatif
STRATEGI MEMBANGUN MILITANSI KADER AISYIYAH
PEDOMAN DAN KEBIJAKAN MPK PP AISYIYAH
TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI ABAD KE 2
Sarnita Purnama Sari ( )
APAKAH MUHAMMADIYAH ITU?
HIBAH PENELITIAN TENTANG MUHAMMADIYAH
PENDAHULUAN Muqoddimah AD Muhammadiyah; pokok pikiran yang menjiwai dan melandasi gerakan Muhammadiyah Isi AD/ART Muhammadiyah; aturan umum pengelolaan.
Pendidikan Tinggi dan Nilai-Nilai Keadaban Publik
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Muhammadiyah dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat
Modul / Tatap Muka 11 LEMBAGA KEUANGAN MIKRO Pendahuluan
Muhjidin Mawardi MLH PP. Muhammadiyah
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
TUGAS PANCASILA Oleh Nurita Armiddina (A1D515024) Administrasi Pendidikan Universitas Jambi.
Latar Belakang Komunitas Grasias
Studi Islam II Kelompok 11 Agung Nugraha ( )
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Tugas Manajemen dan Kepemimpinan 3
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
STRUKTUR, FUNGSI DAN TUGAS PENGURUS OSIS
PENDIDIKAN PANCASILA BAB. X. Petumbuhan Faham Kebangsaan
Selayang Pandang BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus)
Ahlan wasahlan bihudhurikum
Pola Umum Perkaderan HMI (Menurut Pedoman Perkaderan HMI)
ABDUL HALIM Demak, 22 November abdulhalimsolkan.blogspot.comwww.facebook.com/khalimi.solkan.
MANAJEMEN DAKWAH KAMPUS
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
REVITALISASI IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH
Pradita Arifin Nurcahyono
ISLAM MABDA.
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
SYAKHSHIYYAH ISLAMIYYAH
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
Disampaikan di Dauroh Marhalah I KAMMI Daerah Bandung
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN & MASYARAKAT MADANI
Studi Islam II Islam dan Organisasi Sosial Keagamaan
Kepemimpinan Islam Disusun oleh: Sarnita Purnama Sari( ) Dyah noventy( ) Siti Khalimah( ) Gunarsih Mayasari( )
Ke-IPM-An MUHAMMAD AGNAN RAIS NBA Pimpinan Cabang
MERANGKAI MASA DEPAN BANGSA DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO Sejarah dan filosofi gerakan KAMMI.
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Temu shilaturrahim keluarga besar muhammadiyah labuhan batu selatan
NAMA : M.BADRUDIEN TTL: MARGASARI, 12 JUNI 2000 ALAMAT : MARGASARI KUALA PENET RIWAYAT PENDIDIKAN : 1. TK ABA MARGASARI 2. SD N 01 MARGASARI 3. SMP MUHAMMADIYAH.
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. Marjanis, M.Pd. (Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Barat) Disampaikan.
Pendidikan Kewarganegaraan
LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP
SINERGI IMPLEMENTASI PERKADERAN DI SEKOLAH/MADRASAH MUHAMMADIYAH
MANAJEMEN DAKWAH KAMPUS
MENAKAR PERAN RUU PESANTREN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
apb_mpkppm/ba_pcmhaurgeulis 27-28/04/20191 REVITALISASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH Asep Purnama Bahtiar Baitul Arqam Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pimpinan.
ETOS KERJA DALAM ISLAM 1. keutamaan kerja 2. karakter Rasul dalam bekerja 3.syarat-syarat mendapatkan syurga dalam bekerja 4.norma-norma etika dalam bekerja.
Transcript presentasi:

Disampaikan dalam Daurah Marhalah I KAMMI Komisariat Universitas Negeri Jakarta Villa Kaca, Puncak, Jawa Barat Sabtu, 16 November 2013

 Jakarta, 13 Juli 1988  Menikah dengan Een Kurniati, S.Pd  1 anak  Penulis Lepas Pengalaman Organisasi : Ketua KAPMI Jakarta Timur 2005 Ketua Rohis SMAN Ketua HMJ PLS FIP UNJ 2008 Ketua KAMMI UNJ 2009 Ketua Humas PP KAMMI 2011 Ketua KAPMEPI DKI Jakarta

 1. Kami adalah orang-orang yang berpikir dan berkendak merdeka. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kami bertindak. Kami hanya bertindak atas dasar pemahaman, bukan taklid, serta atas dasar keikhlasan, bukan mencari pujian atau kedudukan.  2. Kami adalah orang-orang pemberani. Hanyalah Allah yang kami takuti. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggentarkan hati kami, atau membuat kami tertunduk apalagi takluk kepadanya. Tiada yang kami takuti, kecuali ketakutan kepada-Nya.  3. Kami adalah para petarung sejati. Atas nama al-haq kami bertempur, sampai tidak ada lagi fitnah di muka bumi ini. Kami bukan golongan orang yang melarikan diri dari medan pertempuran atau orang-orang yang enggan pergi berjihad. Kami akan memenangkan setiap pertarungan dengan menegakkan prinsip-prinsip Islam.  4. Kami adalah penghitung risiko yang cermat, tetapi kami bukanlah orang-orang yang takut mengambil risiko. Syahid adalah kemuliaan dan cita-cita tertinggi kami. Kami adalah para perindu surga. Kami akan menyebarkan aromanya di dalam kehidupan keseharian kami kepada suasana lingkungan kami. Hari-hari kami senantiasa dihiasi dengan tilawah, dzikir, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, diskusi-diskusi yang bermanfaat dan jauh dari kesia- siaan, serta kerja-kerja yang konkret bagi perbaikan masyarakat.Kami adalah putra-putri kandung dakwah, akan beredar bersama dakwah ini ke mana pun perginya, menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif, serta penegaknya yang paling kokoh.

 5. Kami adalah orang-orang yang senantiasa menyiapkan diri untuk masa depan Islam. Kami bukanlah orang yang suka berleha-leha, minimalis dan loyo. Kami senantiasa bertebaran di dalam kehidupan, melakukan eksperimen yang terencana, dan kami adalah orang-orang progressif yang bebas dari kejumudan, karena kami memandang bahwa kehidupan ini adalah tempat untuk belajar, agar kami dan para penerus kami menjadi perebut kemenangan yang hanya akan kami persembahkan untuk Islam.  6. Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebatilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi.

 KAMMI lahir pada 29 Maret 1998 PK wib atau bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1418 H yang dituangkan dalam naskah Deklarasi Malang  Kelahiran KAMMI mengambil momentum pada pelaksanaan Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) X se- Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  KAMMI lahir didasari sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional tahun 1998 yang melanda Indonesia.  Krisis kepercayaan terutama pada sektor kepemimpinan telah membangkitkan kepekaan para pimpinan aktivis dakwah kampus di seluruh Indonesia yang saat itu berkumpul di UMM - Malang.

 KAMMI adalah sebuah kekuatan terorganisir yang menghimpun berbagai elemen Mahasiswa Muslim baik perorangan maupun lembaga yang sepakat bekerja dalam format proyek gerakan bersama KAMMI.  KAMMI adalah sebuah gerakan yang berorientasi kepada aksi real dan sistematis yang dilandasi gagasan konsepsional yang berdasar AL-Qur'an dan Sunnah mengenai reformasi dan pembentukan masyarakat Islami (berperadaban).  Kekuatan inti KAMMI adalah kalangan mahasiswa pada berbagai stratanya yang memiliki komitmen perjuangan keislaman dan kebangsaan yang jelas dan benar.  Visi gerakan KAMMI dilandasi pemahaman akan realitas bangsa Indonesia dengan berbagai kemajemukannya, sehingga KAMMI akan bekerja untuk kebaikan dan kemajuan bersama rakyat, bangsa dan tanah air Indonesia.

 Tafsir lambang KAMMI pertama kali di bahas di Muktamar Lampung tepatnya oleh Komisi C. Pembuat draft tafsir lambang KAMMI adalah Yuli Widy Astono yang ketika itu masih menjabat ketua KAMMI Bogor.  Warna Dasar Putih melambangkan kesucian.  Globe Warna Biru Laut melambangkan da’wah universal yang mencakup bumi Allah di manapun kita berada.  Tangan Kanan yang Mengangkat Globe melambangkan da’wah KAMMI menggunakan kekuatan dalam mengemban da’wah ini.  Lima Bunga Mawar Warna Merah yang Mengelilingi Tangan melambangkan kelembutan dalam berda’wah dan jumlah Lima Kuntum Bunga Mawar melambangkan Rukun Islam.  Gradasi Warna Hijau melambangkan tahapan – tahapan da’wah KAMMI dalam membumikan ajaran Islam di Bumi Allah.

 VISI KAMMI KAMMI merupakan wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia.  MISI KAMMI Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia. Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa. Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani (civil society). Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan. Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar maruf nahi munkar).

 ASAS KAMMI KAMMI berazaskan Islam. ini mengutamakan persaudaraan (ukhuwwah islamiyah) antar sesama mahasiswa muslim Indonesia dan bersifat Independen.  PRINSIP GERAKAN KAMMI 1. Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI 2. Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI 3. Solusi Islam adalah tawaran perjuangan KAMMI 4. Perbaikan adalah tradisi perjungan KAMMI 5. Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI 6. Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI

 KAMMI adalah Gerakan Da’wah Tauhid  KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik  KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen  KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer

 Kaderisasi Kepemimpinan Nasional  Nalar Politik, Kebijakan Publik dan Intelektualitas kepemudaan  Membangun Masyarakat Islam  Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan  Hubungan Masyarakat  Melahirkan Muslimah Negarawan

 Lima Elemen kunci dari kader Muslim Negarawan adalah: 1. Memiliki basis ideologi Islam yang mengakar, 2. Memiliki basis pengetahuan dan pemikiran yang mapan, 3. Idealis dan konsisten, 4. Berkontribusi pada pemecahan problematika umat dan bangsa, serta 5. Mampu menjadi perekat komponen bangsa pada upaya perbaikan.

 Ideologi Islam yang mengakar  Pengetahuan Ke-Islam-an Idealis dan konsisten  Kredibilitas Moral Basis pengetahuan dan pemikiran yang mapan  Wawasan ke-Indonesia-an Kepakaran dan profesionalisme Berkontribusi pada pemecahan problematika umat dan bangsa  Kepemimpinan Perekat komponen bangsa pada upaya perbaikan  Diplomasi dan jaringan

27/01/12 Terima Kasih atas Pertanyaan, Kritik, dan Saran dalam Forum ini