Secara antropologis dan aktual dapat dikatakan bahwa kita sebenarnya mengalami kehadiran dan karya Allah yg trinitaris secara nyata,dan secara konkret setiap hari. Karya khas yg selalu diimani sbg karya khas dari Allah bapa ialah menciptakan.tentu saja karya menciptakan adalah karya Putra dan Roh Kudus,tetapi secara manusiawi lebih dipahami sbg karya Bapa.kita mengalami karya penciptaan ini dalam peristiwa kelahiran,pertumbuhan dan sebagainya. Karya khas dari Allah putra adalah menebus,memperbaiki yg rusak,dan menyembuhkan yg luka lahir batin. Karya khas dari Allah Roh Kudus adalah memperbaharui,meneguhkan dan mempersatukan. karya Allah yg trinitaris memang selalu kita alami dalam hidup kita.Tritunggal bukan teori,bukan rumusan,tetapi kenyataan yg melingkupi hidup kita,yg harus kita kagumi dan kita syukuri. Secara antropologis dan aktual dapat dikatakan bahwa kita sebenarnya mengalami kehadiran dan karya Allah yg trinitaris secara nyata,dan secara konkret setiap hari. Karya khas yg selalu diimani sbg karya khas dari Allah bapa ialah menciptakan.tentu saja karya menciptakan adalah karya Putra dan Roh Kudus,tetapi secara manusiawi lebih dipahami sbg karya Bapa.kita mengalami karya penciptaan ini dalam peristiwa kelahiran,pertumbuhan dan sebagainya. Karya khas dari Allah putra adalah menebus,memperbaiki yg rusak,dan menyembuhkan yg luka lahir batin. Karya khas dari Allah Roh Kudus adalah memperbaharui,meneguhkan dan mempersatukan. karya Allah yg trinitaris memang selalu kita alami dalam hidup kita.Tritunggal bukan teori,bukan rumusan,tetapi kenyataan yg melingkupi hidup kita,yg harus kita kagumi dan kita syukuri.
ALLAH TRITUNGGAL 1.Beberapa istilah (terminologi) yg menyangkut Tritunggal bahwa kita percaya akan adanya satu Allah Tiga Pribadi,memang tidak mungkin dijelaskan.tetapi ada beberapa istilah dalam hubungan dengan iman kita itu kiranya perlu di pahami. a)Arti Allah kita SATU ( TUNGGAL) dalam syahadat :”Aku percaya akan SATU ALLAH”.kata “SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” tidak persis sama dgn bilangan “satu”dalam pengertian matematika.jika kata”SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” dimengerti sbg bilangan matematis,maka kita membuat kesalahan besar.kita terjerumus untuk memasukkan Allah yg mengatasi segala-galanya hanya sekedar bilangan belaka.seakan-akan Allah itu dapat dihitung atau dikalkulasi seperti barang- barang. ALLAH adalah SATU,artinya tunggal,utuh tak berbagi,tak bercerai-beraikan,sempurna,dan tidak ada sesuatu apa pun yg perlu ditambahkan kepada-Nya.jika satu adalah utuh,penuh,sempurna,maka Allah sama dgn satu.dgn kata lain,Allah adalah keutuhan,kepenuhan,dan kesempurnaan. jadi makna “SATU” dalam konteks iman akan “SATU ALLAH” menunjukkan kepada kesempurnaan Allah,keutuhan Allah,dan kepenuhan Allah.jika kata “SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” dimengerti sbg bilangan matematis,maka kita membuat kesalahan besar. ALLAH TRITUNGGAL 1.Beberapa istilah (terminologi) yg menyangkut Tritunggal bahwa kita percaya akan adanya satu Allah Tiga Pribadi,memang tidak mungkin dijelaskan.tetapi ada beberapa istilah dalam hubungan dengan iman kita itu kiranya perlu di pahami. a)Arti Allah kita SATU ( TUNGGAL) dalam syahadat :”Aku percaya akan SATU ALLAH”.kata “SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” tidak persis sama dgn bilangan “satu”dalam pengertian matematika.jika kata”SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” dimengerti sbg bilangan matematis,maka kita membuat kesalahan besar.kita terjerumus untuk memasukkan Allah yg mengatasi segala-galanya hanya sekedar bilangan belaka.seakan-akan Allah itu dapat dihitung atau dikalkulasi seperti barang- barang. ALLAH adalah SATU,artinya tunggal,utuh tak berbagi,tak bercerai-beraikan,sempurna,dan tidak ada sesuatu apa pun yg perlu ditambahkan kepada-Nya.jika satu adalah utuh,penuh,sempurna,maka Allah sama dgn satu.dgn kata lain,Allah adalah keutuhan,kepenuhan,dan kesempurnaan. jadi makna “SATU” dalam konteks iman akan “SATU ALLAH” menunjukkan kepada kesempurnaan Allah,keutuhan Allah,dan kepenuhan Allah.jika kata “SATU” dalam konteks “SATU ALLAH” dimengerti sbg bilangan matematis,maka kita membuat kesalahan besar.
2.Arti Tiga Pribadi dalam Satu Allah. Allah Tritunggal adalah satu dan TIGA pribadi sekaligus (Bapa,Putra,dan Roh Kudus).bukan ada tiga Allah,yg tiga adalah PRIBADI-Nya.dalam bahasa sehari-hari,kata “Pribadi” dikenakan pada manusia.manusia adalah makhluk yg mempribadi.hanya manusia yg merupakan makhluk ciptaan yg berpribadi dan berelasi.artinya,hanya manusia yg dapat menyapa,mengkomunikasikan diri,bergaul,solider,dan sebagainya. Allah adalah satu dan tiga pribadi yg artinya Allah adalah Dia yg berelasi,menyapa,merangkul,menghadirkan diri,dan mengkomunikasikan diri. 2.Arti Tiga Pribadi dalam Satu Allah. Allah Tritunggal adalah satu dan TIGA pribadi sekaligus (Bapa,Putra,dan Roh Kudus).bukan ada tiga Allah,yg tiga adalah PRIBADI-Nya.dalam bahasa sehari-hari,kata “Pribadi” dikenakan pada manusia.manusia adalah makhluk yg mempribadi.hanya manusia yg merupakan makhluk ciptaan yg berpribadi dan berelasi.artinya,hanya manusia yg dapat menyapa,mengkomunikasikan diri,bergaul,solider,dan sebagainya. Allah adalah satu dan tiga pribadi yg artinya Allah adalah Dia yg berelasi,menyapa,merangkul,menghadirkan diri,dan mengkomunikasikan diri.
B.Doa-doa dan ibadat yg mengungkapkan iman kita kpd Tritunggal. 1.Tanda salib:”Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. apa artinya tanda salib? Sebagai peringatan akan Yesus yg mati di salib sbg Juruselamat manusia. Sebagai tanda karya penyelamatan dan penebusan yg mendamaikan alam semesta,memberi hidup,dan mengalahkan yg jahat.menurut keyakinan kristiani,karya keselamatan dan penebusan berpangkal pada Allah dan dilaksanakan oleh Allah,yakni oleh Allah Tritunggal yaitu Bapa,Putra,dan Roh Kudus. Menadai dirinya dgn salib sambil menyerukan nama bapa,dan putra,dan roh kudus,kita menempatkan diri kita seluruhnya di bawah naungan salib yesus yg mendapat kekuatan untuk mengalahkan dosa dan mengantar manusia kepada Allah Bapa,melalui Putra dalam Roh Kudus. B.Doa-doa dan ibadat yg mengungkapkan iman kita kpd Tritunggal. 1.Tanda salib:”Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. apa artinya tanda salib? Sebagai peringatan akan Yesus yg mati di salib sbg Juruselamat manusia. Sebagai tanda karya penyelamatan dan penebusan yg mendamaikan alam semesta,memberi hidup,dan mengalahkan yg jahat.menurut keyakinan kristiani,karya keselamatan dan penebusan berpangkal pada Allah dan dilaksanakan oleh Allah,yakni oleh Allah Tritunggal yaitu Bapa,Putra,dan Roh Kudus. Menadai dirinya dgn salib sambil menyerukan nama bapa,dan putra,dan roh kudus,kita menempatkan diri kita seluruhnya di bawah naungan salib yesus yg mendapat kekuatan untuk mengalahkan dosa dan mengantar manusia kepada Allah Bapa,melalui Putra dalam Roh Kudus.
2.Doa “kemuliaan/gloria”. Jika kita mendoakan/menyanyikan “kemuliaan/gloria”,kita ingat akan semua yg dilakukan Allah bagi kita. Jika kita mendoakan/menyanyikan “kemuliaan/gloria”,kita memuji putra Allah yg setara dgn bapa,yg menghapus dosa dunia dan yg menebus kita. Dalam doa :”kemuliaan kepada Bapa,Putra,dan Roh Kudus.....”kita memuliakan Allah Tritunggal dan Kristus penebus kita yg mewahyukan Bapa bersama dengan Roh Kudus. 2.Doa “kemuliaan/gloria”. Jika kita mendoakan/menyanyikan “kemuliaan/gloria”,kita ingat akan semua yg dilakukan Allah bagi kita. Jika kita mendoakan/menyanyikan “kemuliaan/gloria”,kita memuji putra Allah yg setara dgn bapa,yg menghapus dosa dunia dan yg menebus kita. Dalam doa :”kemuliaan kepada Bapa,Putra,dan Roh Kudus.....”kita memuliakan Allah Tritunggal dan Kristus penebus kita yg mewahyukan Bapa bersama dengan Roh Kudus.