Gawai : Berkat atau Malapetaka?. GAWAI = GADGET Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Advertisements

Internet dan Intranet Oleh : Fitriadye, S.Pd.
The real Hand phone. Fitri Dwi Ariyanti ( )
Nama:Alif Nrp: • Iphone • Blackberry.
PERKEMBANGAN FISIK & KOGNITIF PADA ANAK TENGAH Chapter 9  © 2009 by the McGraw-Hill Companies, Inc.
Kajian Ahad Pagi, 16 Oktober 2011 SD Muhammadiyah Condongcatur
MENDIDIK ANAK DI ERA TEKNOLOGI
Komputer dan masyarakat
Anggota Kelompok V Kadek Wahyu Mega Duta ( )
NARKOBA
Jempolku Cedera Gara-Gara Gadget
Kenali dan Kendalikan Obesitas Obesitas (kegemukan) merupakan salah satu masalah yang ditakuti remaja, khususnya remaja putri. Mereka merasa kehilangan.
Penyebab Obesitas Anak dan Cara Mengatasinya
Perkembangan Pengguna IT
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Perkembangan Teknologi Informasi
By:Sundari Siregar. Secara umum, istirahat berarti suatu keadaan tenang,relaks,tanpa tekanan emosional,dan bebas dari perasaan gelisah. Tapi,beristirahat.
Masa Kanak-Kanak Akhir/ Masa Sekolah
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Cerdas Mendidik Anak menjadi Tangguh di Era Cyber/Digital
PEMANFAATAN FASILITAS INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
IF 3280 Socio-Informatika & Profesionalisme: KONTEKS SOSIAL
Oleh : Novia Wahyu Wardhani
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Mengenal Tipe Kegemukan
TIPS MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN PROSES
KOMPUTER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Bersikap kritis & bertanggungjawab terhadap pengaruh media massa
Perkembangan Fisik & Kognitif pada Anak Tengah
STRESSOR PADA LANSIA Oleh; Syaifurrahaman Hidayat, S.Kep.,Ns.
Perkembangan Sosioemosional masa kanak-kanak akhir (Usia Sekolah)
Awas! Bahaya Diet Ada beberapa cara diet yang dapat menimbulkan gejala-gejala seperti berkurangnya volume darah (hypovolemia). Penyakit ini diketahui dengan.
Disusun oleh : Felyani Ali
Perkembangan Fisik dan Kognitif Masa Dewasa Madya
Interaksi Manusia dan Komputer
Kebiasaan Makan yang Membahayakan
TES PENCAPAIAN PRESTASI TERSTANDARDISASI
Linda Fitri Andriyani ( K )
STRESS DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONDISI FISIK
Dampak Teknologi Informasi
Materi 1 Materi 2 Materi 4 Materi 5 Materi 6 Materi 7 Materi 8
PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL.
KELOMPOK VIII Charles Tantoso Lorensius Ndare Alamsyah amin
SMARTPHONE.
ZAT PSIKOTROPIKA Pengertian
Oleh: Pungky Rama Dhika A Endah Rahmawati
5 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengerjakan PR
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara.
PENYAKIT JANTUNG Chania Dwi Mentary
Oleh: Chloe Tabitha Mutiara S X IIS 2/11
KESEHATAN DAN PENYAKIT
Dampak Playstation Terhadap Anak-Anak
”ASSALAMMU’ALAIKUM”.
Stay Fit.
JUDUL PENELITIAN Pengaruh Penggunaan Hp terhadap Konsentrasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
PENDAHULUAN Tawaran Modernitas Mengakses informasi informasi penting Merasa menggegam dunia.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Komponen input dan output komputer
PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA PRA SEJARAH/ PURBA/BATU DITEMUKAN AKSARA, KOMUNIKASI SECARA TERTULIS ANTAR GENERASI LOGAM INDUSTRI INFORMASI /DIGITALISASI.
PERBANDINGAN MIQDAM MAULANA / AMANAH ‘UYUN DAMARJATI/
Teks Tanggapan
GADGET. Barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan.
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF IMPLEMENTASI ICT DALAM PEMBELAJARAN HESTI WIJAYANTI
DAMPAK GAME ONLINE BAGI PELAJAR (Irsyadinnas)
Transcript presentasi:

Gawai : Berkat atau Malapetaka?

GAWAI = GADGET Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.bahasa Inggrisperantiteknologi Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Contoh:  Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.  Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.telepon seluler

MANFAAT GADGET BAGI PELAJAR 1.Membantu para pelajar dalam mengerjakan tugas sekolah 2.Memudahkan komunikasi 3.Sebagai media refresing 4.Mengakses informasi 5.Eksistensi diri Bagi para pelajar yang memiliki kemampuan menulis, mereka dapat membuat cerita atau menulis tentang pengalaman mereka di media sosial sehingga dapat menyalurkan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga karya tersebut dapat dibaca dan diketahui banyak orang. Tidak menutup kemungkinan mereka bisa menjadi salah satu inspirator yang diakui dunia.

Dampak Negatif Gadget 1.Gadget membuat ketagihan bermain video game, PS, televisi, telepon selular, komputer, tablet, dan aplikasi ponsel pintar. 2.Rata-rata menghabiskan lebih dari tujuh jam sehari pada perangkat elektronik. 3.Sebagian besar waktu mereka diluangkan pada perangkat elektronikdan dapat menahan/menghambat beberapa kegiatan di luar ruangan. 4.Apabila bermain game kekerasan dalam jangka waktu tertentu cenderung lebih agresif.

5. Memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi pada studinya dan memiliki nilai akademis yang kurang bagus karena kecerdasan menurun. 6. Meningkatnya penggunaan gadget bisa terkena berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan penglihatan, obesitas, malas bersosialisasi dengan teman mereka/anti sosial dan sering mengabaikan tugasnya. 7. Karena meningkatnya teknologi semakin jauh dari nilai-nilai moral mereka. Alih-alih menggunakan internet dalam cara yang lebih produktif, 8. Sebagian besar tanpa pengawasan orang tua sudah mengkonsumsi konten-konten dewasa. 9. Teknologi juga memiliki dampak negatif pada keterampilan mereka dalam hal menulis. Umumnya mereka lebih sering menulis dengan teks pesan atau chatting dan mengabaikan standar bahasa Indonesia yang baku.

Masalah Ketergantungan dan Dampak Positif dan Negatif GadgetKetergantungan 1.Dampak yang merugikan gadget adalah meningkat/terjadinya stres dan karena kurang aktifitas fisik serta lebih rentan terjadinya terhadap gangguan organ tubuh internal dan fisik. 2.Menggunakan keyboard dan mouse untuk waktu yang lama akan menciptakan rasa nyeri di leher dan bahu derta pergelangan tangan. 3.Obesitas, diabetes, gangguan pencernaan dan bahkan serangan jantung yang berhubungan dengan kegiatan yang kurang fisik. 4.Dampak dari pemutar musik, seperti headphone, MP3 player, iPod dan ponsel, dapat menyebabkan gangguan pendengaran karena radiasi telepon selular, bahkan terjadinya kerusakan sel- sel otak.

VIDEO FUNGSI OTAK DAN BAGIAN-BAGIANYA

VIDEO AKIBAT KECANDUAN GADGET

BIJAKLAH DALAM MENGGUNAKAN GADGET KECANDUAN GADGET PENYEBAB SAKIT JIWA