Chafid Seffriyadi IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mengapa Berteriak?.
Advertisements

Oleh: Dr. H. Toha Andiko, M. Ag
Start Perkembangan Islam Di Dunia
Etika Pergaulan Remaja dalam Pandangan Islam
BAB KE-15 SEJARAH DAKWAH ISLAM.
Ringkasan Prof.Dr.Ahmad Syafi’i Ma’arif,M.A
ISLAM ?.
KOMPETENSI DASAR Memahami sistem pendidikan di pesantren.
Peran pemerintah dalam pembinaan kemitraan umat islam
Disajikan dalam Workshop di IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2014
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم..
Konsep Dasar Sejarah.
RANCANGAN PENDIRIAN PANTI ASUHAN " BAHAGIA "
Uji-Ngaji Sewaktu kami bertiga: Kak Meutia, saya sendiri, dan Halida, masih kecil, Ibu menyarankan agar saya masuk sekolah Katolik. Waktu itu Ayah marah.
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
Latihan Kasus.
Perlindungan Khusus pada Anak
Tokoh-tokoh Pembaharuan
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
Profil kh ahmad azhar basyir
Dr. H. Virgana, MA/Filsafat Ilmu/UMJ Jakarta- 2012
UNIVERSITAS MERCU BUANA
BAB X Salat Jum’at.
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
SISTEM PERGAULAN HIDUP DALAM ISLAM
PEMBERIAN OLEH PENINGGAL WARISAN PADA WAKTU IA MASIH HIDUP (HIBAH)
Perkembangan Ilmu Pengetahuan di UMM
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
PENGERTIAN DAN HAKIKAT IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN
Konsep Dasar Sejarah.
Iman Kepada Hari Kiamat
Pembaharuan dalam Islam
PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DAN ARAB SAUDI
RIWAYAT HIDUP ANAK I. A. IDENTITAS ANAK Nama Anak : Jenis Kelamin :
TEORI DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 1-3 Oleh IDRUS :
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN INTAN LAMPUNG
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
ARTI TUHAN : Berasal dar i Tuan, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti : 1. Orang tempat mengabdi 2. Orang yang memberi pekerjaan 3. Orang laki-laki.
FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
By: Rizqi Rahmawati Sau-pee Kuechi Trisna Ulfa Mayukha
MAYA INDAH .S IKHWANUL MUSLIMIN.
Pendidikan Agama Islam Semester 1, 2 SKS
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR PAI BERBASIS SEKOLAH ALAM
TYPE KELUARGA DAN TRADISI DI AMERIKA MATA KULIAH CROSS CULTURE UNDERSTANDING     DISUSUN OLEH : MUH ROHWAN - NPM MAYA PERTIWI – NPM
Informasi program studi IAIN Metro
Start Perkembangan Islam Di Dunia
IUS 4183 PEMIKIRAN ISLAM SEMASA TAJUK: SAYYID JAMALUDDIN AL-AFGHANI
KEMBALI KEPADA PENYATUAN
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
KONTAK Tmp, Tgl Lahir: Indramayu, 26 Maret 1995 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama: Islam Warga Negara: Indonesia Status: Belum Menikah Alamat: BTN Buana.
EDU 3101 FALSAFAH & PENDIDIKAN DI MALAYSIA
BAB 2: PUASA PADA BULAN RAMADAN
HUKUM DAN TUJUAN MEMPELAJARI ILMU TAUHID
Konsep Dasar Pendidikan Mata Kuliah: Oleh: Pengantar Ilmu PendidikanMawan Eko Defriatno, S.Pd., M.T. Mata Kuliah: Oleh: Pengantar Ilmu PendidikanMawan.
EVALUASI HARIAN I MATERI: LAMBANG MUHAMMADIYAH&ORTOMNYA, PEMURNIAN&PEMBAHARUAN DI DUNIA MUSLIM, DAKWAH ISLAM DI NUSANTARA, SEJARAH MUHAMMADIYAH.
Metode Pembelajaran Pendidikan Islam
BAB 6 : SEBAB KEJATUHAN UMAT ISLAM DAN GERAKAN REFORMASI
Panduan pengisian krs untuk MAHASISWA BARU
H. Rahmat Hidayat Nst, Lc Direktur Travel Aljarwal Taisir Wisata.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Transcript presentasi:

Chafid Seffriyadi IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

 Islam tidak mencegah umatnya melakukan perubahan mengikuti arus modeerisasi  Muhammad Abduh salah satu tokoh pembaharuan Islam dan Pendidikan  Agama tidak boleh dipisahkan daripada perkembangan ilmu pengetahuan, terutama ilmu moderen, sains teknologi dan sains teknikal

RIWAYAT HIDUPPENDIDIKAN  Lahir pada tahun 1849 di desa Mahallat Nasr  Ayah beliau Petani  Usia 16 tahun menikah  Pada 11 Juni 1905, Muhammad Abduh menghembuskan nafas terakhirnya  Bersekolah di Tanta 3 tahun  Meneruskan pengajian di al-Azhar  Bertemu Jamaludin al-Afganistan dan mempelajari ilmu mantiq dan filsafat

BEFOREAFTER “Satu setengah tahun saya belajar di mesjid Syekh Ahmad dengan tidak mengerti satu apapun. Ini adalah karena metodenya yang salah, guru guru mulai mengajak kita dengan menghafal istilah-istilah tentang nahwu dan fiqh yang kita tidak ketahui artinya. Guru-guru tak merasa penting apa yang kita mengerti atau tidak.” “Tidaklah berlalu lima hari dari masa pertemuan itu, kecuali apa yang tadinya paling kusenangi seperti bermain, bercanda, dan berbangga bangga telah berubah menjadi hal- hal yang paling kubenci”.

Dalam usia yang masih muda sekitar tahun Muhammad Abduh berani berfikir out of box mengkritisi sistem pendidikan yang ia dapati karena hanya mempelajari agama saja, sistem pendidikan yang menurut beliau tidak menambah kecerdasan peserta didiknya, auto kritik kepada metodelogi pengajaran para gurunya yg menjadikan hafalan adalah sesuatu yg wajib walaupun para murid tidak mengerti apa yang sedang mereka pelajari

Hal lain yang menjadi kritik Abduh adalah sistem pendidikan yang dibangun oleh pemerinmtah mesir saat itu, yaitu pemerintah mesir membangun sekolah – sekolah yang berorientasi pada pendidikan barat yang menekankan pada perkembangan aspek intelektual, Bahkan untuk memenuhi tenaga guru ia mendatangkan tenaga pengajar dari Barat terutama dari Perancis. Disamping itu ia juga mengirim sejumlah pelajar ke Barat yang kelak akan mengembangkan ilmunya di Mesir.

Wanita saat itu menjadi makhluk yang dijauhkan dalam proses pendidikan, sehingga wanita tetap dalam kebodohan dan penderitaan, Abduh menilai itu terjadi karena ketidaktahuan umat Islam pada ajaran agama yang sebenarnya, karena mereka mempelajari dengan cara yang tidak tepat.

Muhammad Abduh berusaha merobak sistem pendidikan dengan memberikan insan manusia baik laki-laki maupun wanita untuk menadapatkan pendidikan yang layak, peserta didik harus diajakan ilmu pengetahuna dan ilmu agama yang bisa berjalan beriringan untuk bekal hidup didunia, metodelogi guru juga harus terus dikembangkan sesuai kebutuhan peserta didik sehingga ada kenyamanan dalam menempuh studi.

TERIMA KASIH