and keepers of the future,

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
Advertisements

DASAR-DASAR DESAIN.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
Warna cahaya Warna pigmen
KOMBINASI WARNA oleh: Dra.Enny Zuhni Khayati,M.Kes.
Bunga mawar, lambang cinta?
INTERIOR DECORATION Hiasan yang dirancang untuk ruang kantor, lobby, kamar hotel, rumah tempat tinggal, galery dsb, dengan desain warna, peralatan, dan.
APRESIASI KARYA Seni Rupa Indonesia SMA Kelas XII Semester 2
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
MENGHIAS KAIN.
MENGHIAS KAIN.
ESTETIKA dlm ARSITEKTUR
PRINSIP dan UNSUR DESAIN GRAFIS
Macam-macam Skema Warna
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
Komponen / Elemen Desain Grafis
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Komponen / Elemen Desain Grafis
CAHAYA.
and keepers of the future,
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Basic Design Principles
Teknologi Dan Rekayasa
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Bidang dan Raut, Gelap terang dan Ruang
PEMILIHAN BAHAN UTAMA.
LOGO.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Produk Kerajinan Tekstil
WARNA.
Desain: unsur konsep, rupa, dan komposisi
Maria Gorretie Endang Tri Astuti, S.Pd
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Pertemuan 3 PENGETAHUAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN DALAM VISUAL WARDROBE, 1.
PENGETAHUAN WARNA ROSITA CAROLINA OLEH : MATA KULIAH
Komponen / Elemen Desain Grafis
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
Seni rupa 2 dimensi.
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Konsep Pewarnaan Website
EBONI DAN SAMAN.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Komponen / Elemen Desain Grafis
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-6
Seni Lukis Kolase, Mozaik, dan Montase
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PSV3109 MULTIMEDIA KREATIF DALAM PENDIDIKAN SENI VISUAL
REKA BENTUK VISUAL.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
REKA BENTUK VISUAL.
PENYEDIAAN BAHAN PAMERAN
DESAIN AND INTERIOR Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan.
3.1.Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, dan ruang Menjelaskan unsur-unsur tata.
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
PPG DALAM JABATAN Mengidentifikasi Unsur-unsur Visual Nirmana : UKURAN DAN TEKSTUR.
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

and keepers of the future, Teachers are powerful people and keepers of the future, help them dream big!

Unsur-unsur Estetika/Rupa Estetika Dasar Pengembangan Kreatifitas Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Unsur-unsur Estetika/Rupa Dasar Pengembangan Kreatifitas

Estetika Garis Bentuk Tekstur Ragam Hias Gaya & Mode Warna Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Garis Bentuk Tekstur Ragam Hias Gaya & Mode Warna

Estetika Garis A Garis adalah dasar dari semua gambar dan produk. Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Garis A Garis adalah dasar dari semua gambar dan produk. Di samping ini contoh-contoh garis yang digunakan untuk membuat berbagai efek dan Variasi. Garis manakah yang menunjukkan implikasi gerak?

Estetika Garis B a b c Garis digunakan untuk menggambari sebuah kotak Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Garis B Garis digunakan untuk menggambari sebuah kotak b. Garis seringkali digunakan untuk membuat gambar kerangka (wire frame) c. Garis digunakan untuk menggambar bentuk benda-benda alam a b c

Estetika Wujud (Shape) Geometrik Wujud (shape) adalah Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Wujud (Shape) Geometrik Wujud (shape) adalah fenomena dua dimensi (dwi matra) yang hanya memiliki sisi panjang dan lebar

Estetika Bentuk (Form) Geometrik Bentuk (form) adalah Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk (Form) Geometrik Bentuk (form) adalah fenomena tiga dimensi (tri matra) yang memiliki sisi panjang, lebar dan tinggi/kedalaman

Estetika Bentuk Geometrik Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Geometrik Contoh bentuk–bentuk geometrik yang secara persis bisa digambar dengan menggunakan alat seperti mistar dan kompas/jangka. Dua gambar terakhir adalah ilusi bentuk yang pada kenyataannya tidak mungkin untuk dibuat barang sesungguhnya.

Estetika Bentuk Organik (Alam) Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Organik (Alam) Contoh bentuk alami seperti binatang dan tumbuhan, biasanya digambar tanpa menggunakan alat seperti mistar atau kompas.

Estetika Bentuk Random/Tidak Beraturan Contoh bentuk Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Random/Tidak Beraturan Contoh bentuk tidak beraturan digambar di atas kertas dengan menggunakan garis dan warna.

Estetika Bentuk Potongan/ Segmen Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Potongan/ Segmen Contoh bentuk potongan menggunakan gambar/foto yang dipotong/gunting menjadi bagian-bagian yang dapat disusun kembali menjadi bentu-bentuk yang artistik.

Estetika Bentuk Kembar Terbalik (Bayangan Cermin) Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Kembar Terbalik (Bayangan Cermin) Contoh bentuk yang menggabungkan dua gambar/pola yang sama secara terbalik seperti pada bayangan cermin.

Estetika Bentuk Positif-Negatif Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Positif-Negatif Contoh bentuk yang menggabungkan di tengah dua gambar/pola yang sama masing-masing positif dan negatif.

Estetika Bentuk Harmonis/ Laras Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Harmonis/ Laras Bentuk harmonis/laras adalah bentuk yang merupakan gabungan dari bentuk-bentuk dasar serupa atau sejenis

Estetika Bentuk Kontras Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Kontras Bentuk kontras adalah bentuk yang tercipta dari gabungan bentuk-bentuk yang satu-sama lain bersifat kontras/bertentangan (misalnya lengkung dan lurus).

Estetika Bentuk Yang Disederhanakan Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Yang Disederhanakan Penyederhanaan bentuk seperti contoh tidak menghilangkan informasi tentang sumber bentuk yang ingin digambarkan. Penyederhanaan bentuk biasanya digunakan untuk membuat simbol/lambang, Gambar garis ini merepresentasikan bentuk kuda secara sederhana.

Estetika Bentuk Berulang Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Bentuk Berulang Dari satu bentuk awal dapat dikembangkan tahap demi tahap bentuk-bentuk yang bervariasi dan tampilan yang berbeda-beda. Bentuk Awal Bentuk Awal

Estetika Tekstur Keras Lembut Kasar Halus Tekstur adalah Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technologi/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Tekstur Tekstur adalah sifat permukaan bahan/material yang dapat dilihat, diraba dan dirasakan oleh pancaindra kita. Keras Lembut Sifat Tekstur: Keras Kasar Lembut Halus Kasar Halus

Estetika Tekstur b a d c f e Setiap material memiliki tekstur Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Tekstur Setiap material memiliki tekstur (sifat permukaan) yang sudah pasti. b a d Polysterene/ styrofoam Kayu Tenunan Kaca Batako Bola golf c e f

Estetika Tekstur Gelas misalnya memiliki tekstur yang keras dan halus. Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Tekstur Gelas misalnya memiliki tekstur yang keras dan halus. Sedangkan kain wool memiliki sifat yang halus dan lembut.

Estetika Pola/ Ragam Hias Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Pola/ Ragam Hias Pola/Ragam Hias dibuat dari bentuk-bentuk sederhana maupun yang rumit. Pengulangan ragam hias dapat disusun dengan pola beraturan/tetap atau dengan tidak beraturan/bervariasi. Pola ragam hias seringkali dipergunakan di dalam produk tekstil, tegel/tiles atau bahan kemasan. (Pola Dasar)

Estetika Pola/ Ragam Hias Pola/Ragam Hias dibuat dengan menggunakan Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Pola/ Ragam Hias Pola/Ragam Hias dibuat dengan menggunakan grida (grid), dalam praktek dapat menggunakan kertas grafik atau kertas milimeter (milimeter block). Pola Ragam Hias Menggunakan Grida

Estetika Pola/ Ragam Hias Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Pola/ Ragam Hias Pola/Ragam Hias dapat juga dibuat dengan menggunakan lubang cetakan (sablon/stensil) dan pola/mal cetakan (template). Pola/Mal Sablon

Estetika Estetika Gaya dan Mode Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Gaya dan Mode Gaya dan mode/trend senantiasa berubah. Ide-ide baru, hubungan teman, material dan bahan, teknologi, gaya hidup, politik dan negeri di mana kita hidup memainkan peran untuk terciptanya segala sesuatu yang ada di masyarakat. Abjad Inggris Kuno Pilar jaman klasik Contoh ciptaan yang mewakili gaya dan mode dari empat jaman yang berbeda Bentuk gaya Art Nouveau dari tahun 1890-an Gaya mode punk tahun 1980-an

Estetika Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Warna/Hue Warna primer (artinya warna utama) ditambah dengan putih dan hitam, adalah merah, kuning dan biru.   Warna sekunder (artinya warna turunan kedua), warna-warna seperti hijau adalah bercampurnya dua warna primer di kedua sisinya yaitu kuning dan biru. Warna tertier (artinya warna turunan ketiga), dibuat dengan mencampurkan warna primer dan warna sekunder, misalnya warna kuning-orange adalah campuran dua warna kuning dengan orange.

Estetika Warna Kontras KEKONTRASAN WARNA Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Warna Kontras KUNING KUNING/ ORANGE KUNING/ HIJAU KEKONTRASAN WARNA   Kontras yang paling kuat terjadi di antara dua warna berseberangan / berlawanan di dalam Lingkaran Warna. Contoh warna Kuning dan Violet. Warna-warna ini biasa juga disebut sebagai komplementer (warna-warna yang saling mengisi, atau satu sama lain memiliki intensitas yang sama kuat terhadap tangkapan mata jika ditampilkan bersama-sama). HIJAU ORANGE MERAH/ ORANGE BIRU/ HIJAU MERAH BIRU MERAH/ VIOLET BIRU/ VIOLET VIOLET

Estetika Warna Harmoni WARNA HARMONI/LARAS Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Warna Harmoni KUNING KUNING/ ORANGE KUNING/ HIJAU WARNA HARMONI/LARAS   Yang disebut dengan warna-warna harmoni adalah yang dalam Lingkaran Warna keduanya berada dalam urutan terdekat. Misalnya warna kuning-orange dengan kuning, atau kuning dengan kuning-hijau. HIJAU ORANGE BIRU/ HIJAU MERAH/ ORANGE MERAH BIRU MERAH/ VIOLET BIRU/ VIOLET VIOLET

Estetika Makna Umum dari Warna HIJAU Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Makna Umum dari Warna HIJAU Hijau adalah ketenangan seperti pemandangan di pedesaan, warnanya pepohonan dan rerumputan. Hijau terang mengingatkan pada musim semi dan kesuburan, tetapi pada warna lumut ia mengesankan racun dan kecemburuan. Hijau gelap adalah warna yang menggugah perasaan, dan mengesankan kepada ketenangan yang dalam dari kawasan hutan pinus. BIRU Biru adalah warna langit dan laut. Seperti halnya hijau, biru memiliki kesan tenang tetapi juga memiliki kekuatan, warna yang sangat kuat di antara warna-warna lain sesudah merah. Biru terang kelihatan muda dan menyolok, tetapi biru royal atau navy mengesankan kewibawaan dan bermartabat. MERAH Merah warna yang bergairah, warna jantung hati dan nyala api; cepat menarik perhatian. Merah populer di kalangan remaja, dan warna pink secara khusus berhubungan dengan percintaan. Di tempat lain, merah tua melambangkan aristokrasi. KUNING Kuning menunjukkan suatu yang hidup dan bahagia, warna dari sinar matahari dan bunga bakung. Karena kuning sangat cerah, ia cenderung membuat mata kita cepat lelah; sebuah apartemen yang berwarna kuning terang akan sangat menyesakkan nafas, tetapi kuning muda akan membuat jadi lembut dan berkesan segar musim semi.  

Estetika Makna Umum dari Warna COKLAT Coklat mengesankan kaya Disusun Kembali dari Buku Stewart Dunn: Craft Design and Technology/A Complete Course, oleh Diddo Kusdinar Makna Umum dari Warna COKLAT Coklat mengesankan kaya dan subur seperti tanah; merupakan gambaran dari kesedihan dan kemuraman, seperti daun-daun di musim gugur atau purnama di bulan Oktober. Coklat muda, tan (coklat kemerahan) dan beige misalnya pada warna kain atau perkakas rumah tangga, mengesankan pedusunan, alami. Sementara coklat tua mengingatkan pada kayu dan kulit yang berkesan mewah. HITAM Hitam adalah warna malam dan kematian, seringkali juga dihubungkan dengan kejahatan (black magic). Hitam berkesan anggun dan kaya dan warna hitam pada perlengkapan rumah misalnya, mengesankan mahal. UNGU/VIOLET Ungu dianggap warna canggih (sophisticated), biasanya berhubungan dengan lingkungan istana. Kita tidak sering menemukannya di alam bebas, sehingga kita menganggap ungu sebagai warna yang harus dibuat atau diciptakan (artificial) dan sedikit sulit untuk mendapatkannya. Warna ungu yang redup seringkali mendominasi dunia mode wanita. PUTIH Putih dianggap lambang kesucian, kegadisan (virginity), lugu atau tidak berdosa (innocence) dan damai. Putih juga mengingatkan pada rumah sakit, steril dan suasana musim dingin.