TIPE DATA, VARIABEL dan ASSIGNMENT Capter 4 – Algoritma dan Permrograman Eka Ardhianto FTI - Unisbank
Tugas komputer membatu manusia Program memanipulasi data untuk menjadi sebuah informasi Data dasar : Variabel dan Konstanta Bentukan Sendiri Aturan penulisan Variabel dan Konstanta : Diawali dgn huruf bukan angka Tidak boleh ada spasi Hanya menggunakan a-z, A-Z, 0-9 Tidak boleh menggunakan reserved word dalam C Untuk data itu bisa dikenali maka data didefinisikan dengan suatu tipe data
Tipe Data Logika (boolean) Intinya berupa aljabar Boolean (AND, OR, NOT, XOR) Bernilai : True/False, 1/0, Yes/No, Benar/Salah Biasanya untuk mengetahui suatu kondisi Didalam bahasa C AND && OR || NOT !
Coba Logika ANDa X = true, Y = False, Z = True X and Y = ….. (X and Y) and Z = ……… X and (Y and Z) = ……… (X or Y) or Z = ……… X or Y or Z = ……….. Apakah (X and Y) or Z memiliki nilai hasil yang sama dengan X and (Y or Z)? False True
Tipe Data Bulat Bulat = tanpa koma Dinamakan sebagai integer Ada 5 macam tipe untuk integer Byte 0 – 255 Shortint -128 … 127 Word 0 … 65535 Integer -32768 … 32767 Longint -2147483648 … 2147483647 Jika dituliskan sebagai konstanta maka tanpa titik dan diakhiri titik koma int A = 10; int B = -99; Dalam bahasa C dikenal sebagai : unsign char sign char unsign int int long int
Tipe data Real (pecahan) Berupa angka pecahan Dalam bahasa C dikenal sebagai : float double long double Jika dituliskan sebagai konstanta dengan tanda titik float A = 3.14; float B = 3.33333; float C = 45.34;
Tipe Data Karakter Dikenal sebagai char Berisi : 0-9, a-z, A-z Karakter khusus Karakter kososng (null) Dalam penulisan algoritma diawali tanda “ dan diakhiri tanda “ Didalam Bahasa C diawali tanda ‘ dan diakhiri tanda ‘
Pendeklarasian Variabel dan Konstanta Variabel harus dideklarasikan sebalum mulai menuliskan program, dengan format : tipe_data <spasi> nama_variabel Contoh : int jumlah; float harga_barang, total_bayar; char pilihan; Konstanta jika akan dideklarasikan harus dengan format : conts <spasi>tipe_data <spasi>nama_variabel = nilai Assignment adalah proses pemberian nilai pada sebuah variabel atau konstanta
variabel
Operator Matematika Fungsinya : Operator : Operasi Manipulasi Data Menjumlahkan 2 data Memberikan suatu nilai pada variabel Membandingkan sesamaan nilai Operator : Matematika dasar Increment dan Decrement Majemuk Relasional Logika Fungsi Matematika
Operator Matematika Dasar Ya namanya matematika dasar ya ada 5 macam: Penjumlahan (+) Pengurangan (-) Perkalian (*) Pembagian (/) Modulo (%) sisa hasil bagi Tingkat prioritas (-) negatif * / % + - Misal : Var_1 = 10; Var_2 = 3; Hasil1 = Var_1 + Var_2; Hasil2 = Var_1 – Var_2; Hasil3 = Var_1 * Var_2; Hasil4 = Var_1 / Var_2; Hasil5 = Var_1 % Var_2;
Operator Increment Decrement C++ menyediakan operator incremen & decrement. Operator ini digunakan untuk menaikkan dan menurunkan nilai variabel sebesar 1. Operator : ++ -- Misal : x = x+1; y = y-1; Dapat ditulis dengan : x++ y--
Operator Majemuk Operator ini digunakan untuk memendekkan penulisan operasi Misal : x = x + 2 y = y * 4 z = z / 3 w = w * 3 Dapat ditulis x += 2 y *= 4 z /= 3 w -= 3
Operator Relasional & Logika Sama dengan (==) Tdk sama dengan (!=) Lbh Besar (>) Lbh Kecil (<) Lbh Besar samadengan (>=) Lbh Kecil sama dengan (<=) Logika AND (&&) OR (||) NOT (!)
Fungsi Matematika Mencari niali absolut abs(x) Mencari sin, cos, tgn sin(x), cos(x), tan(x) Mencari nilai exponensial exp(x) Mencari nilai log log(x) Mengkuadratkan x dgn y pow(x,y) Mencari akar kuadrat x sqrt(x)
Latihan Bagaimana Bentuk Flowchartnya? /* Program mencari */ /* Rata rata */ DEKLARASI : Nilai_1, Nilai_2, Nilai_3 : int; Hasil : float; ALGORITMA : Baca(Nilai_1); Baca(Nilai_2); Baca(Nilai_3); Hasil = (Nilai_1+Nilai_2+Nilai3)/3; Cetak”Hasil”; Bagaimana Bentuk Flowchartnya? Bagaimana bentuknya jika ditranslate ke dalam bahasa C?
Tulis rumus berikut dalam notasi algoritmik pseudocode V = (4/3)* П r3 X = (-b + 2c2 +4ab)/2c M = _____ (1 – b/cd) a - b 3ac
Tugas di rumah Diameter A = 10, B = 12, C=14 Hitunglah luas daerah yang berwarna putih Tuliskan dengan notasi algoritmik (pseudocode) dan Flowchart Translate kedalam bahasa C
Suatu ember berbentuk tabung dengan tutupnya terbuka berisi air penuh Suatu ember berbentuk tabung dengan tutupnya terbuka berisi air penuh. Jari-jari alas ember adalah 10.5 cm, dan tingginya 5 cm. Kemudian sebuah kerucut dengan jari-jari alas yang berbentuk lingkaran adalah 4 cm dan tingginya 4.7 cm dimasukkan ke dalam ember. Akibatnya sebagian air dalam ember tumpah. Dengan menggunakan program C++ hitunglah berapa liter air yang tumpah? Tuliskan juga Flowchart dan Pseudocodenya
Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap v km/jam Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap v km/jam. Jika mobil tersebut berjalan selama t jam, tuliskan algoritma untuk menghitung jarak yang sudah ditempuh mobil (dalam km). Algoritma hasur mampu membaca v dan t, dan penghitungan jarak menggunakan rumus s = v*t, kemudian mencetak jarak tersebut. Tuliskan dalam flowchart, Pseudoceode dan transformasikan dalam bahasa C++.