The Creation and Diffusion of Global Consumer Culture

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
LIFE STYLE DAN BUDAYA KONSUMEN
Advertisements

BUDAYA.
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen Dosen : Agus Arijanto,SE,MM
Perilaku Konsumen 10 Perilaku Konsumen Indonesia
PENGARUH BUDAYA DAN PERILAKU KONSUMEN
Persepsi Dalam Dunia iklan
PENGEMBANGAN PRODUK APAKAH PRODUK BARU ITU ?
Social Marketing Research
Information Systems, Organizations, and Strategy
Komunikasi Visual (Sebuah Kajian Semiotika)
Widodo J Pudjirahardjo WJP Consultation Network
Cultural Determinants of Schemas
DIFFUSION AND ADOPTION OF INNOVATION
Chapter 10 Marketing.
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
Aspek Sosial Budaya Dalam Perilaku Kesehatan
Manajemen Inovasi Pemasaran
INTRODUCTION TO TOURISM GLOBAL MARKETING
Psikologi Konsumen. Perilaku konsumen Adalah studi tentang konsumen, mengenai mempertukarkan sesuatu yang bernilai dengan produk atau jasa yang memuaskan.
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen PKK Fak.Ekonomi UMB Menteng- elearning
Prinsip-prinsip Pemasaran
STRATEGY GLOBAL SOURCING MODUL 8 GLOBAL SOURCING STRATEGY
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
Chapter 9 Customer Decision Processes Evaluation and Choice
Membentuk Positioning Merek
Bab 5 Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
Konsep Pemasaran, Pemasaran Jasa, dan Pemasaran Pelayanan Kesehatan
CONSUMER PERSONALITY and SELF-CONCEPT
PERILAKU KONSUMEN Introduction.
02. Media Dan Pemasaran media planning.
KAJIAN DAMPAK SOSIAL DALAM
Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional
KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN DUNIA
PENGEMBANGAN PRODUK APAKAH PRODUK BARU ITU ?
DIFFUSION OF INNOVATIONS
IK104 Pengantar Manajemen & Organisasi Pertemuan #3
PASAR KONSUMEN dan Perilaku Pembelian Konsumen
KEWAJIBAN PARA PUBLIC RELATIONS (TOUR OF DUTY) Pertemuan 3
SKOPE EKONOMI POLITIK DAN PEMBANGUNAN
Customer behaviour Riset pasar 15/05/2015 Bahan Ajar Resista Vikaliana.
Bab 10. crafting the brand positioning
Dr. Ir. Maslina W.H. MM Dra. Sri Dewi N. M.Si
MENGANALISIS PASAR KONSUMEN
Interpersonal Skill.
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
Kk ilo Associative entity.
MANAJEMEN DAN PEMASARAN
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN
PERILAKU KONSUMEN STUDI KASUS PADA RESTORAN CEPAT SAJI McDonald’S
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
Bab I Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke-21
Sesi III: Marketing Plan
ADHI GURMILANG DIFUSI INOVASI.
Manajemen Produk & Brand
PERILAKU KONSUMEN Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului.
Teori Komunikasi Massa 2
Don’t Forget to Avail the Timely Offers with Uber
Income and Social Class
Cultural Influences on Consumer Behaviour
Personality and Consummer Behavior
Ethnic, Racial, and Religious Subcultures
DIFFUSION OF INNOVATIONS
Consumer Decision Making and Beyond
Strategi Siklus Hidup produk Pertemuan 9 Buku 1 Hal:
Teori Komunikasi Massa 2
Bab 5 Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
Persamaan dan Perbedaan. Dalam konseling lintas budaya, budaya atau kebudayaan (culture) meliputi tradisi, kebiasaan, nilai-nilai, norma, bahasa, keyakinan.
Wednesday/ September,  There are lots of problems with trade ◦ There may be some ways that some governments can make things better by intervening.
Transcript presentasi:

The Creation and Diffusion of Global Consumer Culture CHAPTER 17 The Creation and Diffusion of Global Consumer Culture Bianda Dina Wimbowo – PSI (2015031020) Stefanus Setya Wahyudi – SIF (2015081001)

Chapter Objectives Styles are a mirror that reflects underlying cultural conditions. Fashion follow cycles. Products that succeed in one culture may fail in another if marketers do not understand the differences between consumers in each place. We can distinguish between high and low culture. Many modern marketers are reality engineers. Western (and particularly American) culture has a huge impact around the world, though people in other countries don’t necessarily ascribe the same meanings to products as American do. New products, services and ideas spread through a population, and different types of people are more or less likely to adopt them. Many people and organisations play a role in the fashion system that creates and communicates symbolic meanings to consumers. Hal.491

Styles are a mirror that reflects underlying cultural conditions Karakteristik dari fashion/budaya popular itu ada 6, yaitu: Cerminan dari tren masyarakat yg mendasar. Style dimulai sebagai resiko oleh kelompok kecil orang, dan disebarkan kepada orang lain untuk jadi percaya diri. Style saling mempengaruhi antara penemuan yg disengaja dan konsumen biasa yg memodifikasi style nya sesuai dgn kebutuhan mereka. Produk budaya melakukan perjalanan scr luas. Orang – orang media berpengaruh memutuskan yg akan berhasil. Kebanyakan style akhirnya habis.

Styles are a mirror that reflects underlying cultural conditions (cont) CPS (Culture Production System): kumpulan individu dan organisasi yg bertanggung jawab untuk menciptakan dan memasarkan produk budaya. 3 subsistem utama CPS: Creative subsystem Managerial subsystem Communications subsystem

CULTURAL GATEKEEPER individu yg bertanggung jawab untuk menyaring berbagai informasi dan material yg dimaksudkan untuk konsumen. “tastemakers” mempengaruhi konsumen produk untuk mempertimbangkan. Gatekeeper termasuk: a. pengulas film, restoran, dan mobil b. interior desainer c. DJ d. pembeli eceran dan editor majalah

Distinguish between high and low culture

Many modern marketer are reality engineers Reality engineers terjadi ketika pemasar sebagai elemen yg tepat dari budaya popular dan mengkonversi mereka untuk digunakan sebagai kendaraan mereka untuk promosi. Elemen ini digunakan oleh reality engineers untuk sensory dan spatial.

New products, services and idea spread through a population, and different types of people are more or less likely to adopt them THE DIFFUSION OF INNOVATION Apa itu “Innovation”? Innovation: sebuah produk lama yg dianggap sebagai produk baru. - New manufacturing technique. - New product variation. - New way to deliver product. - New way to package product. Diffusion of Innovation Inovasi yg sukses akan tersebar lewat populasi di berbagai tingkat.

ADOPTING INNOVATION Adopsi inovasi menyerupai pengambilan keputusan konsumen Studi dari 11 Negara di Eropa menemukan bahwa konsumen individualistik itu lebih inovatif daripada konsumen kolektif Tipe - tipe adopsi inovasi: a. Innovators dan early adopters b. Laggards c. Late adopters

The Fashion System Cultural Categories Fashion system  sistem yg terdiri dari seluruh org dan organisasi yg terlibat dalam pembuatan pemaknaan simbolis dan menjadikan makna-makna tsb sebuah produk/barang kultural. Fashion  proses dufisi sosial yg style barunya diambil dari beberapa kelompok dari konsumer. pengelompokan ide-ide dan nilai-nilai yg merefleksikan cara dasar anggota masyarakat mengkarakteristikan dunia. Collective selection  proses dimana beberapa alternatif simbolik cenderung bersama-sama dipilih oleh anggota lain dalam masyarakat.

Behavioural Science Perspectives on Fashion: Psychological Models of Fashion Economic Models of Fashion Sociological Models of Fashion  Trickle-down theory A ‘Medical’ Model of Fashion  Meme theory sebuah perspektif bahwa fashion menyebar sebagai hasil dari simbol yg terasosiasi dengan kelas atas ke kelas sosial lainnya. sudut pandang yg menggunakan metafor medis untuk menjelaskan bagaimana sebuah ide atau produk memasuki alam sadar seseorang.

Cycles of Fashion Adoption Fashion Life Cycles Fashion acceptable cycle  siklus progress dari sebuah item atau ide yg melalui tahapan dasar dari lahir-mati (tahap pengenalan, tahap penerimaan, tahap regresi). A normal fashion cycle: Hal.512

Comparison of the acceptance cycles of fads, fashions and classics: Classic  fashion dengan siklus penerimaan yg sangat panjang/lama. Fad  fashion yg hidupnya pendek/tidak lama. Hal.513

The behaviour of fads: Hal.514

TRUE FAD CYCLICAL FAD FAD-TO-FRANCHISE FAD GENERATIONAL FAD

Fad or Trend?

Transferring Product Meaning to Other Cultures Think Globally, Act Locally Adopt a Standardised Strategy  Etic perspective Adopt a Localised Strategy  Emic perspective sudut pandang yg memfokuskan pada kesamaan antarbudaya. sudut pandang yg menekankan variasi antarbudaya terutama aspek-aspek unik dari tiap budaya.

Cultural Differences Relevant to Marketers Does Global Marketing Work?

The Diffusion of Consumer Culture Emerging Consumer Cultures in Transitional Economies Globalised consumption ethic  global sharing dari gaya hidup material termasuk penilaian merek multinasional terkenal yang melambangkan kemakmuran. Transitional economies  suatu negara yg beradaptasi dari ekonomi terpusat ke sistem pasar bebas. Creolization  suatu proses yg terjadi ketika pengaruh asing diserap dan terintegrasi dengan makna lokal.