KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Advertisements

Unsur-unsur dalam Karya Sastra
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
PEMERINTAH KOTA PONTIANAK
RESENSI Iswanto, S.Pd., M.Pd..
Unsur-unsur dalam Karya Sastra Pratitisari 1. Tema Pokok persoalan dalam cerita Pratitisari 2.
UNSUR EKSTRINSIK, NILAI MORAl & penulisan makalah sastra
PENDEKATAN TERHADAP KARYA SASTRA
Membaca Ekspresif Naskah Drama
Pengantar Kesusastraan UMUM (introduction)
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
KAJIAN DRAMA INDONESIA
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
Standar Kompetensi: Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan Kompetensi Dasar: Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat.
HIKAYAT.
mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
UNSUR INTRINSIK CERITA
Kelas XII Bahasa Semester 2
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Nama : Iis Diana Kelas : 2F Bahasa Indonesia NPM :
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan jenis sastra dramatik
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
HIKAYAT.
BERBICARA Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita Membahas cerita pendek melalui kegiatan.
RESENSI BUKU KELOMPOK 4.
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
Pengantar Kesusastraan Umum
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
Lembar Kerja Siswa 2 (Kebahasaan)
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat (4jp)
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
SASTRA ANAK (1) PERTEMUAN KE-13 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
TEKS ANEKDOT.
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
" Si Minem Beranak Bayi" ? 1. Bagaimana kesan yang anda dapat dari penggambaran lingkungan alam di sekitar desa pada awal cerita? 2. Bagaimana kesan ini.
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
UNSUR-UNSUR PROSA FIKSI
Analisis Prosa dan Drama
Oleh : Dr.Hj.R.Ika Mustika,M.Pd R. Mekar Ismayani, M.Pd.
Start.
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Jenis-jenis sastra (stanton)
LOADING……….
CERITA REKAAN/PBIN4211 (Materi TTM Pertemuan IV)
CERPEN Oleh Aqmarina.
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Jenis-jenis Sastra dan Unsur-unsur yang membangunnya
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA CERITA
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
CERPEN -Novella Cathlin-.
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
Memahami Novel Remaja (Asli atau Terjemahan) Kelas VIII Semester II (Genap)
PEMBELAJARAN SASTRA ANAK-ANAK
Loading
Standar Kompetensi: Memahami teks drama dan novel remaja
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
CERITA FANTASI.
Kelompok 10: Sena aji wijaya Renu zikri ilyaasa Muamar Syahdan Ibnu
UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSK DRAMA SASTRA INDONESIA SMA NEGERI 1 SIKUR.
TEKS KRITIK DAN ESAI BAHASA INDONESIA Dra. Ni Wayan Suadi
Menjelaskan bahwa istilah sastra disebut literature (bahasa inggris), literatur (bahasa Jerman) dan literature (bahasa prancis) yang ketiganya sama- sama.
Transcript presentasi:

KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI Bahan Kuliah 1 Juni 2009

BIDANG/ KAWASAN ILMU SASTRA Teori Sastra yaitu cabang ilmu sastra yang mempelajari teori kesusastraan Sejarah Sastra yaitu cabang ilmu sastra yang mempelajari atau menyusun perkembangan sastra dari awal hingga yang terakhir

Kritik Sastra adalah cabang ilmu sastra yang mempelajari (menelaah) karya sastra dengan langsung memberikan pertimbangan baik buruk, kekurangan kelebihan atau bernilai tidaknya karya sastra.

Masuk Kawasan Manakah Contoh-contoh di Bawah ini? latar belakang sastra istilah-istilah sastra konsep (pengertian sastra) prinsip-prinsip (dasar-dasar) umum sastra macam-macam gaya, komposisi, genre, pendekatan sastra, dan sebagainya.

lahirnya karya sastra lahirnya jenis-jenis sastra periodisasi sastra kronologi sastra dialektika (peristiwa-peristiwa sastra) perkembangan pemikiran manusia yang mengemuka dalam karya sastra perkembangan aliran-aliran dalam sastra, dan sebagainya.

Genre Sastra Menurut Aristoteles 1) bersifat cerita (naratif) 2) dramatik Kemudian dalam perkembangannya dibagi menjadi 3, yaitu: 1) naratif 3) puisi

Istilah lain untuk pembagian genre sastra: Epik teks yang sebagian besar berisi deskripsi dan sebagian lain berisi ujaran tokoh Lirik ungkapan ide atau perasaan pengarang, dalam hal ini yang berbicara adalah ‘aku’ lirik

Drama karya sastra yang didominasi oleh cakapan para tokoh. Pertunjukan cerita atau lakon kehidupan manusia yang dipentaskan. Drama berasal dari bahasa Yunani daomai yang artinya berbuat.

Unsur-unsur Pembangun Karya Sastra Unsur Intrinsik Karya Sastra Unsur Ekstrinsik Karya Sastra

Unsur Intrinsik Karya Sastra adalah unsur-unsur yang secara organik membangun sebuah karya sastra dari dalam

Contoh-contoh Unsur Intrinsik Menurut M. Saleh Saad tokoh, peristiwa, latar, alur, dan pusat pengisahan. Unsur intrinsik prosa menurut Stanton adalah: (1) tokoh, (2) alur, (3) latar, (4) judul, (5) sudut pandang, (6) gaya dan nada

Catatan: Ada sementara orang yang masih memisahkan istrilah struktur (bentuk) dengan tema/ amanat/ is. Akan tetapi pada perkembangan terakhir cenderung memandang struktur sebagai keseluruhan bangunan karya sastra. Jadi isi, tidak terpisah dari bentuk.

Jadi, secara umum unsur-unsur intrinsik karya sastra prosa adalah: tokoh alur latar/ setting sudut pandang (point of view) tema amanat

PEMBEDAAN TOKOH A. Dilihat dari segi peranan/ tingkat pentingnya/ keterlibatan dalam cerita 1. tokoh utama (main/ central character) yaitu tokoh yang diutamakan penceritaannya 2. tokoh tambahan (peripheral character) penceritaan relatif pendek (tidak mendominasi)

B. Dilihat dari fungsi penampilan tokoh 1. Protagonis memberikan simpati, empati, melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut. Tokoh yang disikapi demikian disebut tokoh protagonis (Altenbernd dan Lewis, 1966: 59).

POKOKNYA SUPER HERO DEH!!! Tokoh protagonis adalah tokoh yang: 1. kita kagumi 2. Pengejawantahan norma-norma 3. pengejawantahan nilai-nilai ideal 4. menampilkan sesuatu sesuai dengan pandangan kita 5. pengejawantahan harapan-harapan kita POKOKNYA SUPER HERO DEH!!!

2. Antagonis tokoh yang menyebabkan terjadinya konflik beroposisi dengan tokoh protagonis

Peran antagonis dibedakan menjadi dua, yaitu: 1. tokoh antagonis 2. kekuatan antagonis (tak disebabkan oleh seorang tokoh) Contoh: bencana alam, kecelakaan, nilai-nilai sosial, lingkungan alam, nilai moral, kekuasaan dan kekuatan yang lebih tinggi, dan sebagainya.

Bagaimana memilah antara tokoh antagonis dan protagonis? menentukannya memang tidak mudah tokoh yang tak mencerminkan harapan dan norma kita kadang justru yang diberi simpati kemungkinan tokoh yang lebih banyak diberi kesempatan untuk mengemukakan visinya lebih banyak mendapat simpati.

misalnya seorang penjahat jika cerita ditulis dari kacamata seorang penjahat, maka simpati akan tertuju padanya. pencuri, pembunuh, pemerkosa, penipu, bisa mendapatkan simpati pembaca jika diberi kesempatan untuk menyampaikan visinya, walaupun secara faktual ia dibenci oleh masyarakat.

C. Berdasarkan Perwatakannya Tokoh Sederhana/ Simple/ Flat tokoh yang hanya mempunyai satu kualitas pribadi (datar, monoton, hanya mencerminkan satu watak tertentu). Biasanya dapat dirumuskan dengan satu kalimat Tokoh Bulat/ Complex/ Round diungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupan, kepribadian, dan jati dirinya. Bertentangan, sulit diduga, dan mempunyai unsur surprise. Keduanya tidak bersifat bertentangan, hanya merupakan gradasi saja.

D. Berdasarkan berkembang atau tidaknya perwatakan tokoh Tokoh Statis adalah tokoh tak berkembang yang secara esensial tidak mengalami perubahan atau perkembangan perwatakan sebagai akibat peristiwa-peristiwa yang terjadi. Tokoh Berkembang mengalami perkembangan perwatakan

dalam penokohan yang bersifat statis biasanya dikenal tokoh hitam dan tokoh putih

E. Berdasarkan Kemungkinan Pencerminan Tokoh terhadap Manusia dari Kehidupan Nyata Tokoh Tipikal pada hakekatnya dipandang sebagai reaksi, tanggapan, penerimaan, tafsiran pengarang terhadap tokoh manusia di dunia nyata. Contoh guru, pejuang, dan lain-lain. Tokoh Netral tokoh cerita yang bereksistensi demi cerita itu sendiri. Ia benar-benar merupakan tokoh imajiner yang hanya hidup dan bereksistensi dalam dunia fiksi.

download di: http://pascasarjana13.wordpress.com Cut Putri Vivibach