Unwahas MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah
AL - ISLAM العقيدة - الإيمان الإسلام الشريعة - العبادة الأخلاق Unwahas AL - ISLAM العقيدة - الإيمان الإسلام الشريعة - العبادة الأخلاق MPK Aqidah
Makna Fitrah الدين MANUSIA FITRAH SUCI/BERSIH POTENSI DASAR ( TAUHID) Universitas Islam Indonesia LPPAI Makna Fitrah الدين SUCI/BERSIH POTENSI DASAR ( TAUHID) FITRAH MANUSIA CIPTAAN MPK Aqidah
DLM. AL-QUR’AN MANUSIA MENURUT ILMUAN Universitas Islam Indonesia LPPAI DLM. AL-QUR’AN al-Basyar (35x) (Sifat kemateriannya/biologis) an-Nas (240x) (Jenis keturunan Adam) al-Insan / al-Ins (65x) Adam – Basyar - Insan - an-Nas MANUSIA MENURUT ILMUAN * Homo Sapiens (linnasus) (Animal Rasional) Homo Laquen (Renesz) (Pandai berbahasa) Homo Faber (berqsan) ( Tukang ) Zoon Politicon (Aristoteles) (Animal Rendens=Bermasyarakat) HOMO LUDEN (Huizimga ) (Suka main) HOMO DELEQANS (A.J. Barnet Kempers) (Mampu menyerahkan kerja dan kekuasaannya) MANUSIA = MAKHLUK yang BERTANGGUNG JAWAB (Abbas Mahmud El-Aqqad)
SIFAT-SIFAT KETUHANAN Universitas Islam Indonesia LPPAI HAKEKAT MANUSIA CIPTAAN ALLAH BERTANGGUNG JAWAB SIFAT-SIFAT KETUHANAN MANUSIA * PROSES KEJADIAN MANUSIA ADAM DAN HAWA ( Diciptakan dari bahan yang sama ; an-Nisa’ : 4;1) JASAD (Dibuat lebih dahulu ; as-Sajdah : 32; 7, 9 al-Hijr : 15; 28, 29 ) R O H ( Ditiupkan )
TAHAPAN KEJADIAN MANUSIA PERTEMUAN AIR MANI dengan TELUR Universitas Islam Indonesia LPPAI PERTEMUAN AIR MANI dengan TELUR al-Qiyamah (75) : 37 al-Mu’minun (23) : 40 BAHAN BAKU (Air mani) as-Sajdah (32) : 8 al-Mu’min (40) : 67 TAHAPAN KEJADIAN MANUSIA PROSES PERTUMBUHAN Nutfah ‘Alaqah Mudghah ‘Izam (tulang) Lahm (daging) Makhluk yang baik ROH DITIUPKAN Perproses selama 120hr. (4 bulan) Ditetapkan 4 hal * Rizki * Ajal * Anal * Celaka/Beruntung
UNSUR MANUSIA TURAB ( Tanah) TIN (Lempung) campuran tanah dan air Universitas Islam Indonesia LPPAI TURAB ( Tanah) TIN (Lempung) campuran tanah dan air HAMA’IM MASNUN (lumpur yang dicetak) TINUN LAZIB (lempung yg pekat yang siap menerima bentuk SALSALIN MIN HAMA’IN MASNUN (lempung dari lumpur yang dicetak) SALSALUN KA AL FAKHKHAR (lempung seperti tembikar yang terbentuk dari pasas api) ROH YANG DITIUPKAN ( menurut M. Farid Wajdi) UNSUR MANUSIA
PENCIPTA, PENGATUR DAN PEMELIHARA MAHA KUASA, PEMBERI RIZKI Universitas Islam Indonesia LPPAI Allah Sbg. Khaliq PENCIPTA, PENGATUR DAN PEMELIHARA (al-Baqarah (2); 29, an-Nisa’ (4); 101-102 al-Hasyr (59) ; 24) BERHAK DISEMBAH (antara lain al-Baqarah (2) ; 21, an-Nisa’ (4) ; 36 ) MAHA KUASA, PEMBERI RIZKI (al-Jum’ah (62); الله MAHA SEMPURNA
Pengertian Makhluk MAKHLUK Macam-macam Makhluk Mencipta Universitas Islam Indonesia LPPAI Pengertian Makhluk BAHASA = Khalak, Membuat Mencipta ISTILAH = Segala sesuatu yang diciptakan Allah, baik alam nyata maupun alam ghaib MAKHLUK Macam-macam Makhluk Yang dapat diindra (Alam Syahadah) Yang tidak dapat diindra (Alamghaib)
MALAIKAT SIFAT MAKHLUK GHAIB J I N IBLIS Universitas Islam Indonesia LPPAI TIDAK BERADA PADA ALAM MATERIAL BERADA PADA ALAM ROHANIAH BERTUGAS SEBAGAI PERANTARA KEHENDAK ALLAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN ALAM ROHANIAH MANUSIA MALAIKAT SIFAT MAKHLUK GHAIB TIDAK DAPAT DISENTUH DENGAN PANCA INDERA BERKEWAJIBAN IBADAH SEPERTI MANUSIA TERCIPTA DARI API J I N MAKHLUK SEJENIS JIN TERCIPTA DARI API KERJANYA MENYESATKAN MANUSIA MENJADI MUSUH MANUSIA IBLIS
MAKHLUK PALING SEMPURNA (AT-TIN : 4) Universitas Islam Indonesia LPPAI MAKHLUK PALING SEMPURNA (AT-TIN : 4) KEDUDUKAN MANUSIA MAKHLUK PALING MULIA (AL-ISRO : 17; 70 ) SEBAGAI KHALIFAH (AL-BAQARAH : 2; 30 )
* ABUBAKAR JABIR AL-JAZAIRY Universitas Islam Indonesia LPPAI * HASAN AL-BANA PERKARA YANG WAJIN DIYAKINI KEBERANNYA OLEH HATI MENDATANGKAN KETENTRAMAN JIWA KEYAKINAN YANG TIDAK BERCAMPUR KERAGU-RAGUAN Pengertian Aqidah menurut * ABUBAKAR JABIR AL-JAZAIRY SEJUMLAH KEBENARAN DAPAT DITERIMA SECARA UMUM BAIK OLEH AKAL, WAHYU DAN FITRAH DIYAKINI DALAM HATI DIIMPLEMENTASIKAN DALAM PERBUATAN
NUBUWWAT ILAHIYYAT RUANG LINGKUP AQIDAH RUHANIYAT SAM'IYYAT Universitas Islam Indonesia LPPAI NUBUWWAT ILAHIYYAT RUANG LINGKUP AQIDAH RUHANIYAT SAM'IYYAT
RUKUN IMAN IMAN KEPADA ALLAH IMAN KEPADA PARA MALAIKAT Universitas Islam Indonesia LPPAI IMAN KEPADA ALLAH IMAN KEPADA PARA MALAIKAT IMAN KEPADA KITAB-KITABNYA IMAN KEPADA PARA RASULNYA IMAN KEPADA HARI AKHIR IMAN KEPADA QADLA & QADAR (TAKDIR ALLAH) RUKUN IMAN
1 1 2 3 4 5 FAKTOR YANG MELEMAHKAN TAUHID TERLALU MENGAGUNGKAN AKAL Universitas Islam Indonesia LPPAI TERLALU MENGAGUNGKAN AKAL FAKTOR YANG MELEMAHKAN TAUHID 1 1 KURANG/MENGABAIKAN PENGGUNAAN AKAL-MENUMBUHKAN TAHAYUL 2 TERLALU CINTA KEHIDUPAN DUNIA SEHINGGA LALAI KEHIDUPAN AKHIRAT 3 TERLALU MENGEJAR MATERIAL, LUPA KEHIDUPAN SPIRITUAL 4 MELALAIKAN SIMBOL-SIMBOIL KETAUHIDAN SEPERTI DZIKIR 5
FAKTOR YANG MEMPERKUAT IMAN Universitas Islam Indonesia LPPAI FAKTOR YANG MEMPERKUAT IMAN SELALU MEMPERBAHARUI IMAN DAN SYAHADAT TIDAK MUDAH TERPENGARUH BUDAYA INSTAN SIKAP ASYIK/SUKA DALAM BERIBADAH ADANYA SIKAP-HATI-HATI DAN MERASA IBADAHNYA MASIH JAUH DARI SEMPURNA SIKAP TAWAKKAL KEPADA ALLAH SIKAP MENYADARI KELEMAHAN SENDIRI
Konsep Kekuatan Manusia Universitas Islam Indonesia LPPAI Konsep Kekuatan Manusia Dalam Aqidah 3 UNSUR YANG MENDASARI KEKUATAN AQIDAH BERKAITAN DENGAN TUGAS MANUSIA SEBAGAI LHALIFAH DI BUM (al-Baqarah : 2 : 30) DITUNDUKKANNYA ALAM SEMESTA UNTUK MANUDIA (QS. 31: 20,21) DIMULIAKANNYA MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK TERBAIK (QS. 17: 70)
HUB. AQIDAH AKHLAK ORG.YANG BERIBADAH MEMBUAT BERAQIDAH SECARA AKHLAK Universitas Islam Indonesia LPPAI HUB. AQIDAH AKHLAK ORG.YANG BERIBADAH MEMBUAT BERAQIDAH SECARA AKHLAK BENAR BENAR MENJADI BAIK FEED BACK
Menurut Ibnu Maskawaih Universitas Islam Indonesia LPPAI Menurut Ibnu Maskawaih KONSEP KEBAJIKAN Kearifan Kesederhanaan Keberanian Kedermawanan Keadilan
Ancaman Akhlak di Zaman Modern ) ANCAMAN # AKHLAK ( NAFIYYAH Universitas Islam Indonesia LPPAI Ancaman Akhlak di Zaman Modern NAFIYYAH ( PRAGMATIS) ) ANCAMAN NAFIYYAH ( PRAGMATIS) # AKHLAK ( NAFIYYAH ( PRAGMATIS)
AGAMA = ATURAN YANG MENGIKAT DAN MENGHUBUNGKAN DENGAN TUHAN Universitas Islam Indonesia LPPAI PENGERTIAN AGAMA MENURUT BAHASA BERASAL DARI KATA “A=TIDAK, GAMA=KACAU”: AGAMA = ATURAN YANG MENGATUR MANUSIA AGAR KEHIDUPANNYA MENJADI TERATUR (SANSEKERTA) AGAMA = RELEGION (INGG.), RELEGIE (BLD), RELIGERE (LATIN) ARTINYA MENGIKAT, MENGATUR DAN MENGHUBUNGKAN AGAMA = ATURAN YANG MENGIKAT DAN MENGHUBUNGKAN DENGAN TUHAN
MENURUT ISTILAH PENGERTIAN AGAMA Universitas Islam Indonesia LPPAI PENGERTIAN AGAMA MENURUT ISTILAH SEBAGAI PENERIMAAN/TATA ATURAN DARI KEKUATAN YANG LEBIH TINGGI DARI MANUSIA (E.F. BOZMAN; EVERY MEN’S ENCYCLOPAEDIA) KEPERCAYAAN/PENYEMBAHAN KEPADA TUHHAN ATAU KEPADA MAHA MENGUASAI ALAM (“THE HOLT INTER-MEDIATE DICTIONARY OF AMERICAN ENGLISH) PERCAYA ADA YANG MAHA KUASA (TUHAN) YANG MENGUASAI, SEBG. PENCIPTA, PEMELIHARA ALAM, YG. MEMBERI KEKUATAN ROHANI KPD. MANUSIA UTK. MELANGSUNGKAN KEHIDUPANNYA SETELAH MATI (ADUANCE LEARNER’S DICTIONARY OF CURRENT ENGLISH) PERCAYA KPD. TUHAN SBG. PENCIPTA DAN PEMELIHARA ALAM SEMESTA, ATAU SBG. SATU SISTEM KEPERCAYAAN (AN ENGLISH READER’S DICTIONARY) SBG. KEPERCAYAAN PD. HUB. MANUSIA PD. YG. KUDUS, DIHAYATI SBG HAKEKAT YG GHAIB, HUB. MENYATAKAN DIRI DLM BENTUK SERTA SISTEM KULTUR DAN SIKAP HIDUP BERDASARKAN DOKTRIN TERTENTU (SIDI GAZALBA)
( menurut ENDANG SAEFUDDIN ANSHARI) Universitas Islam Indonesia LPPAI SUATU SISTEMA CREDO (TATA KEIMANAN) DEFINISI SUATU SISTEMA RITUS (TATA PERIBADATAN) DEFINISI AGAMA YANG LENGKAP SUATU SISTEMA NORMA (TATA KAIDAH) ( menurut ENDANG SAEFUDDIN ANSHARI)
( ISTILAH ) AGAMA DLM. AL-QUR'AN ) [1] DIN [2] MILLAH [3] SYARI’AH Universitas Islam Indonesia LPPAI [1] DIN PEMBALASAN ADAT KEBIASAAN PERATURAN HARI KIAMAT [2] MILLAH UNDANG-UNDANG PERATURAN ( ISTILAH ) AGAMA DLM. AL-QUR'AN ) [3] SYARI’AH JLN. YG.HRS DILALUI HUKUM
KATA "DIN" HUB.DGN.KATA ISLAM, QAYYIM DAN ALLAH DINUL ISLAM [1] Universitas Islam Indonesia LPPAI DINUL ISLAM [1] DINUL QAYYIM[2] * QS : 3; 85 QS : 5; 3 * QS : 9; 36 QS : 98; 5 KATA "DIN" HUB.DGN.KATA ISLAM, QAYYIM DAN ALLAH DINULLAH [3] DINULHAQ [1] * QS : 9;29, 33 * QS : 3; 83 QS : 100; 2
[ AHMAD ABDULLAH AL MAGDOOSI] Universitas Islam Indonesia LPPAI KLASIFIKASI AGAMA [ AHMAD ABDULLAH AL MAGDOOSI] REVEALED AND NON REVEALED ( Agama Wahyu dan Bukan ) KLASIFIKASI AGAMA MISSIONARY AND NON MISSIONARY (Agama Wahyu dan Bukan) GEOGRAPHICAL-RACIAL AND UNIVERSAL
CIRI dan PERBEDAAN REVEALED dan NON-REVEALED Universitas Islam Indonesia LPPAI CIRI dan PERBEDAAN REVEALED dan NON-REVEALED REVEALED (AGAMA WAHYU) NON-REVEALED (BUKAN AGAMA WAHYU) BERPOKOK PADA KEESAAN TUHAN BERIMAN KEPADA NABI SUMBER UTAMA “KITAB SUCI” SEMUA LAHIR DI TIMUR TENGAH MISSIONARY AJARAN TEGAS-JELAS ARAH YANG LURUS DAN AJARAN YANG LENGKAP TIDAK TIDAK ADA NABI TIDAK ADA “KITAB SUCI” LAHIR DI LUAR TIMUR TENGAH TIDAK MISSIONARY KABUR-TIDAK JELAS TIDAK LENGKAP
GEOGRAPHICAL RACIAL DAN UNIVERSAL Universitas Islam Indonesia LPPAI YAHUDI NASRANI ISLAM GEOGRAPHICAL SEMETIK NON SEMETIK ARYA (Hindu, Zoroaster, Sekhisme) NON SEMETIK MONGOLIAN (Taoisme, Shintoisme, Confuisme) GEOGRAPHICAL NON SEMETIK GEOGRAPHICAL RACIAL DAN UNIVERSAL GEOGRAPHICAL NON SEMETIK CAMPURAN ARYA MONGOLIAN (BUDHISME) GEOGRAPHICAL SEMETIK UNIVERSAL ISLAM
& & FAEDAH/ MANFAAT BERAGAMA & & PEDOMAN DAN PETUNJUK PENOLONG Universitas Islam Indonesia LPPAI PEDOMAN DAN PETUNJUK & & PENOLONG FAEDAH/ MANFAAT BERAGAMA & KETENTRAMAN BATIN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG UTUH &
PENGERTIAN BAHASA AGAMA ISLAM ISTILAH Universitas Islam Indonesia LPPAI PENGERTIAN BAHASA AGAMA ISLAM * SALAM * ASLAMA * SILMUN * SULAMUN ISTILAH * DIWAHYUKAN KPD. RASUL-RASULNYA * MENGATUR SELURUH ASPEK KEHIDUPAN MASNUSIA * PEDOMAN HIDUP BAGI MANUSIA * UTK. MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA,AKHIRAT
AGAMA SAMAWI SEBELUMNYA Universitas Islam Indonesia LPPAI HUBUINGAN ISLAM dan AGAMA SAMAWI SEBELUMNYA SEBELUMNYA AGAMA UNIVERSAL * LOKAL * BANGSA DAN * WAIT TERTENTU MENGGANTI KEDUDUKAN ISLAM PENYEMPURNA PELURUS dan PENGOREKSI ADA PENYIMPANGAN AQIDAH
MPK Agama AGAMA I [ AQIDAH ISLAM ] LPPAI MILIK Universitas Islam Indonesia L P P A I MPK Agama AGAMA I [ AQIDAH ISLAM ] MILIK LPPAI