INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGERTIAN DESAIN Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.
PRINSIP DESAIN Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik. Ada empat prinsip desain: – keseimbangan, – irama, – penekanan dan – kesatuan.
Desain Perangkat Lunak Tradisional Grafik model siklus perangkat lunak
User-Centered Design Design berdasarkan pada user: - Tugas - Kemampuan - kebutuhan
Iteration is the key Tak ada desain yang sempurna hanya dengan satu kali proses Sistem interaktif tidak bisa tercipta dari awal, pengguna harus terlibat secara terus menerus Testing dan evaluasi harus diawali saat proses desain – Testing dan desain harus diulang secara bersamaan – Prototypes dapat digunakan dalam proses testing
Ide Dalam Membuat Desain Ide berasal dari Imajinasi Analogi Observasi dari praktek saat ini Observasi dari sistem saat ini Mengutip dari bidang lain Animasi Teater Information displays Arsitektur ...
How to Start? Gunakan templates Studying existing applications – Melihat sistem yang sudah ada, mis : MS Office, Simply Accounting – Meniru teknik aplikasi yang sudah ada, mis : cara membuka file, konfirmasi penyimpanan – Memahami mengapa terjadi desain seperti yang sudah ada, mis : browsing folder untuk membuka file
Mapping Relasi antara tindakan pengguna dan hasil dari tindakan tersebut Natural mapping – Pengguna telah mengetahui hasil dari tindakannya secara natural, misal : tombol OK dan Cancel, tombol Submit
Forcing Function Desain yang mencegah pengguna melakukan kesalahan, misal : penggunaan radio button, konfirmasi penyimpanan, konfirmasi hapus file, menu disabled
Feedback Feedback : adanya peringatan atas hasil sebuah tindakan, misal : pesan data tersimpan
Automatic Learning Pengguna akan mempelajari hasil tindakan berdasarkan kejadian yang berulang, dapat dipenuhi jika terjadi konsistensi, misal : menu File New di MS Office Contoh :
Kontras Dapat digunakan untuk membedakan kontrol yg aktif atau tidak Dapat digunakan untuk mengatur item yg paling penting dengan highlight(menyorotnya) Menarik perhatian Dapat digunakan untuk dipasang item paling penting ○ Mengijinkannya untuk mendominasi
Contoh :
Desain Ikon Mewakili objek atau aksi yg lazim dan dapat dikenali Membuat ikon lebih menonjol dari background Pastikan ikon yg terpilih tampak terlihat jelas dari ikon yg tidak terpilih Buat setiap ikon yg berbeda Hindari rincian yg berlebihan Contoh :