Tahap-Tahap Revolusi Industri Lini Masa 2000 now Penemuan Mesin Uap mendorong munculnya kapal uap, kereta api, dll Penemuan listrik dan assembly.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
E-Commerce Oleh : Dian Meithasari ( )
Advertisements

Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
KONSEP SISTEM INFORMASI
Universitas Narotama - Achmad Muchayan. menurut Laudon & Laudon (1998), E- Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik.
Pengantar e- Business.
EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN
Pentingnya sistem informasi bagi organisasi
E-Commerce Concept and Implementation
INOVASI PADA STRATEGI DISTRIBUSI PEMASARAN.
E-Commerce Materi ke 1.
IMPLEMENTASI SOLUSI INFORMASI BISNIS
Online PR Judhie Setiawan
KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR
SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS
KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR
E-Business.
PEMASARAN ONLINE Siti abriyani, s. pd.
E-Commerce Materi ke 1.
KOMPUTER DAN MASYARAKAT BISNIS E-BUSSINES
E-Business & E-Commerce
SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS
RISTEK & PENDIDIKAN TINGGI MENGHADAPI PEREKONOMIAN BARU
Sistem Informasi untuk Keunggulan Strategis
TINGKATAN STRATEGI.
STRUCTURING THE MANUFACTURING DATABASE 2
Aspek Pasar dan Pemasaran
Materi ke-1 Pengantar eBisnis Dosen: L. Erawan.
Pengantar e- Business.
Teknologi Informasi dalam Perdagangan Elektronik
Supply Chain Management (SCM) E-Business dan Supply Chain
E-Commerce Materi ke 1.
E-Commerce di Indonesia
Sistem Informasi Manajemen
Materi 2 Mata Kuliah Bioinformatika Smt 7 -MIK
E-Commerce.
Bab 15 Merancang dan Mengelola Saluran Pemasaran Terintegrasi
Aspek Pasar dan Pemasaran
Efektivitas Pengembangan Website
Aspek Pasar dan Pemasaran
KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN E-COMMERCE
ASPEK PEMASARAN FEASIBILITY STUDIES.
Pengantar.
Menjual Produk atau Layanan
Pemasaran online SMK Profita Bandung.
Pengantar e- Business.
KELOMPOK 3 TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Tantangan, Peluang dan Infrastruktur Teknologi
Pengantar e- Business.
Urgensi Science, Technology, Engineering, Mathematics di Era Revolusi Industri 4.0 Ainun Na’im Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan.
PEMBELAJARAN 4.0 MERESPON ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
USAHA BAJU DISTRO ONLINE
DARSONO Lurah Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Indonesia
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI UNTUK GENERASI MILENIAL INDONESIA MENUJU SDG 2030 ARIF HIDAYAT JURUSAN FISIKA FMIPA-UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
AKUNTAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
RISTEK & PENDIDIKAN TINGGI MENGHADAPI PEREKONOMIAN BARU Ainun Na’im Sekretaris Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
Bisnis Saat ini (Revolusi Industri 4.0)
RISTEK & PENDIDIKAN TINGGI MENGHADAPI PEREKONOMIAN BARU
Dampak Sosial Dari Revolusi Industri 4.0
Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online
RISTEK & PENDIDIKAN TINGGI MENGHADAPI PEREKONOMIAN BARU
KONSELOR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
RAGAM MEDIA HUMAS ONLINE
Memahami Tantangan Revolusi Industri 4.0 Sudut Pandang Ketenagakerjaan
Review Manajemen Pemasaran
Tatik Suryani PENGUATAN PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA INDUSTRI 4.0 Tatik Suryani.
MENJADI GURU GENERASI MILENIAL. Tipe generasi milenial menurut Riset nasional yang dilakukan oleh Alvara Research Center (2018) Nerd Millenial (7.4%)
BAGAIMANA MSDM di ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0?. Tahap-Tahap Revolusi Industri Lini Masa 2000 now Penemuan Mesin Uap mendorong munculnya kapal.
Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan
Transcript presentasi:

Tahap-Tahap Revolusi Industri Lini Masa 2000 now Penemuan Mesin Uap mendorong munculnya kapal uap, kereta api, dll Penemuan listrik dan assembly line yang meningkatkan produksi barang Inovasi teknologi informasi, komersialiasi personal computer, dll. Revolusi Industri ke-4 Kegiatan manufaktur terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif Fase periode Revolusi Industri membutuhkan masa yang semakin singkat dari waktu ke waktu 3

Wajah Kegiatan Ekonomi Dunia saat Ini Revolusi Industri Ke-4 Smart Manufacturing Smart City e-Education e-Government Online Health Services Cloud Collaborative Sharing economy Marketplace Smart Appliances Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi 5

Era Baru Industrilisasi Digital Ancaman: -Secara global era digitalisasi akan menghilangkan sekitar 1 – 1,5 miliar pekerjaan sepanjang tahun karena digantikannya posisi manusia dengan mesin otomatis (Gerd Leonhard, Futurist); -Diestimasi bahwa di masa yang akan datang, 65% murid sekolah dasar di dunia akan bekerja pada pekerjaan yang belum pernah ada di hari ini (U.S. Department of Labor report). Peluang: -Era digitalisasi berpotensi memberikan peningkatan net tenaga kerja hingga 2.1 juta pekerjaan baru pada tahun Terdapat potensi pengurangan emisi karbon kira-kira 26 miliar metrik ton dari tiga industri: elektronik (15,8 miliar), logistik (9,9 miliar) dan otomotif (540 miliar) dari tahun (World Economic Forum). Dampak Dunia Digital dan Revolusi Industri Keempat 8

Skill di Industri Masa Depan Sumber: The Future of Jobs Report, World Economic Forum, definisi skill berdasarkan O*NET Content Model, US Department of Labor & Bureau of Labor Statistics Tantangan-Tantangan Complex Problem Solving Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata. Skills Scale of Skill Demand in 2020 (Share of jobs requiring skills family as part of their core skill set, %) Social Skill Kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, kepekaan dalam memberikan bantuan hingga emotional intelligence Process Skill Kemampuan terdiri dari: active listening, logical thinking, dan monitoring self and the others System Skill Kemampuan untuk dapat melakukan judgement dan keputusan dengan pertimbangan cost-benefit serta kemampuan untuk mengetahui bagaimana sebuah sistem dibuat dan dijalankan Cognitive Abilities Skill yang terdiri dari antara lain: Cognitive Flexibility, Creativity, Logical Reasoning, Problem Sensitivity, Mathematical Reasoning, dan Visualization. 1414

Sumber: idem (Change in demand for core work-related skills, , all industries) 1)Cognitive Abilities 2)System Skills 3)Complex Problem Solving 4)Content Skills 5)Process Skills Merupakan 5 skills yang pertumbuhan dan permintaannya akan paling tinggi berdasarkan beberapa sektor industri, di mana sebelumnya sektor tersebut tidak banyak membutuhkannya Skill di Industri Masa Depan (2) Tantangan-Tantangan 1515

Bagaimana Merespon Masa Depan Strategi Menghadapi Era Digital 1.Komitmen peningkatan investasi di pengembangan digital skills 2.Selalu mencoba dan menerapkan prototype teknologi terbaru, Learn by doing! 3.Menggali bentuk kolaborasi baru bagi model bisnis koperasi dalam ranah peningkatan digital skill 4.Dilakukanny kolaborasi antara dunia industri, bisnis, akademisi, dan koperasi, masyarakat untuk mengidentifikasi perubahan di era digital 1616

Bentuk Pemasaran 1616 Off Line 1.Membutuhkan kehadiran fisik dari seseorang yang berperan sebagai sales dari produsen sebuah produk atau media fisik untuk publikasi; 2.Sales mempresentasikan atau menawarkan secara langsung produk yang dijual kepada calon konsumen; 3.Perlu melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain untuk menawar produk. On line 1.Kehadiran fisik sales tidak diperlukan; 2.Calon pelanggan mendatangi produsen secara tidak langsung melalui situs web produsen atau situs lainnya yang berhubungan; 3.Produsen atau sales representative tidak perlu melakukan perjalanan

Kelebihan dan Kekurangan 1616 Off Line Kelebihan 1.Branding produk kuat, karena dipresentasikan secara langsung oleh sales 2.Produk dapat dilihat dan disentuh oleh calon custome. 3.Faktor kepercayaan tinggi karena produk dan transaksi jual beli dilakukan secara langsung. Kekurangan 1.Biaya yang dikeluarkan sangat mahal 2.Jangkauan area penjualan terbatas 3.Monitoring penjualan dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang banyak. On line Kelebihan 1.Biaya yang dikeluarkan lebih rendah 2.Layanan dapat dilakukan secara 24 jam 3.Tidak ada batasan jangkauan geografis Flexibel. Kekurangan 1.Branding produk belum tentu kuat karena produk tidak dipresentasikan secara menyeluruh 2.Tidak bisa melakukan demo fisik.

SOCMED Contact Center: Facebook and Twitter are Essentials 1515

1515